Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Waktu Yang Tepat Memperkenalkan Teknologi Ke Anak

Zaman sudah berubah, teknologi-teknologi canggih sudah bertebaran di pasaran, seperti Smartphone, Komputer, Laptop, Tablet, dan berbagai teknologi lainnya. Teknologi itu sendiri memang sudah mengubah zaman, jadi tidak aneh jika sekarang anak pandai menggunakan gadget. Sebagian anak-anak sudah pandai menggunakan gadget meskipun mereka belum lancar berbicara atau pun membaca. Entah mereka hanya sekedar bermain game, melihat gambar, video, atau mendengarkan musik saja. Mungkin anda juga sudah melihat sendiri anak zaman sekarang pandai sekali mengoperasikan gadget tanpa petunjuk orang tua.


Jika anda sebagai orang tua, maka anda perlu memperhatikan hal ini karena anak yang sudah pandai menyentuh layar gadget bukanlah pertanda sudah siap untuk memanfaatkan teknologi sesuai kebutuhan mereka. Ada beberapa hal yang perlu di kuasai anak sebelum mereka mengenal teknologi atau gadget. Jadi anda sebagai orang tua harus memperhatikan 6 tanda-tanda bahwa anak anda sudah siap untuk di kenalkan dengan teknologi seperti, komputer, laptop, smartphone, tablet, dan teknologi lainnya. Oleh karena itu simak 6 tanda anak sudah siap menggunakan gadget.

1. Sudah Bisa Membaca
Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa banyak anak yang sudah pandai menggunakan gadget meskipun anak belum bisa membaca. Padahal bisa membaca merupakan hal yang harus di kuasai oleh anak sebelum mereka kenal dengan teknologi. Anak yang sudah bisa membaca tentu sudah bisa memilih aplikasi, game, dan konten yang boleh di akses.

2. Bisa Berhitung
Teknologi merupakan digital yang dipenuhi oleh angka, maka dari itu anak harus sudah bisa berhitung dan mengenali angka, setidaknya angka 1 sampai 10 supaya bisa menggunakan teknologi dengan benar.

3. Tahu Artinya Uang
Konten yang di sajikan di internet tidak sepenuhnya gratis. Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa anak anda sudah mengerti artinya uang sehingga bisa menggunakan teknologi dengan baik dan benar.

4. Mengetahui Peraturan Keamanan
Anda harus memastikan anak anda sudah mengetahui informasi penting tentang peraturan keamanan menggunakan teknologi. Mungkin anda sudah tahu sendiri, bahwa teknologi tidak selalu aman terutama untuk anak-anak. Untuk kemanan seperti penggunaan listrik, pengaturan gadget, dan tata cara penggunaan cahaya dan jarak layar untuk kesehatan mata.

5. Perbanyak Menghabiskan Waktu Bersama Anda
Teknologi merupakan benda tambahan untuk memberi hiburan dan membantu beberapa keperluan anak. Jadi jangan sampai anda membiarkan teknologi mengganti anda sebagai pengasuh anak. Oleh karena itu anda perlu memastikan anda mengahabiskan waktu lebih banyak bersama anak.

6. Dapat Membedakan Baik dan Buruk
Zaman modern anak akrab sekali dengan internet seperti video streaming. Internet memang menyajikan apapun yang pengguna inginkan, tetapi internet tidak dapat menyaring baik dan buruk untuk anak. Maka dari itu anda bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan tentang baik dan buruk.

Teknologi memang banyak sekali manfaatnya untuk anak, tetapi dapat menimbulkan masalah yang serius jika digunakan yang tidak tepat. Satu hal lagi yang perlu di perhatikan, jika menggunakan gadget secara terus menerus mengakibatkan mata tidak sehat untuk anak, oleh karena itu juga anda harus memberi peraturan yang tegas kepada anak terhadap penggunaan teknologi.

0 komentar:

Poskan Komentar