Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

7 Cara Alami Untuk Menghilangkan Komedo Putih/Hitam

Pada kesempatan kali ini serbaCARA.com akan mengulas cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami, tentu menggunakan bahan alami tidak perlu khawatir terhadap kulit, karena aman untuk kulit. Komedo sendiri ada dua jenis, yaitu komedo putih (Whitehead) dan komedo hitam (Blackhead). Kalau komedo putih ini merupakan jenis komedo yang terlihat bintik-bintik kecil berwarna putih atau juga bisa kuning. Komedo putih bisa terjadi karena bakteri dan minyak mengeras , karena terperangkap dipermukaan kulit. Untuk komedo hitam ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam, dan warna hitam itu disebabkan dari membesarnya pori-pori sehingga terbuka dan membuat semua kotoran masuk kedalamnya.
Cara Menghilangkan Komedo
Komedo ini biasanya muncul pada kulit wajah seperti hidung dan pipi, tetapi juga bisa muncul di beberapa daerah lainnya dan pada umumnya komedo muncul setelah pubertas, bisa pada wanita dan juga pria. Komedo juga dapat berkembang menjadi jerawat dan munculnya komedo disebabkan dari berlebihnya kelenjar minyak sehingga anda perlu merawat kulit wajah anda, seperti mencucui wajah secara rutin.  Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan komedo secara alami yang kami utarakan di artikel ini. Cara ini memang terbilang mudah dan murahan, tetapi cara alami ini sudah terbukti efektif menghilangkan komedo yang tak kunjung hilang. Namun cara ini membutuhkan kesabaran karena tidak bisa anda lakukan secara instan, jadi harus anda lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam maupun Putih

1. Lidah Buaya
Semua orang tahu bahwa khasiat dari lidah buaya ini sangat menakjubkan. Oleh karena itu lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengusir komedo. Untuk penggunaanya sangat mudah sekali, yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, potong menjadi beberapa bagian. Kemudian ambil gel atau lendirnya, setelah itu oleskan pada kulit wajah yang terdapat komedo. Agar mendapat hasil yang maksimal, maka lakukan setiap hari 1-2x sampai komedo di kulit wajah anda hilang.

2. Menggunakan Uap Air Panas
Mungkin sebagian orang akan bilang cara menghilangkan komedo yang aneh. Ini tidak aneh karena terbukti juga dapat menghilangkan komedo. Bagi yang belum tahu cara penggunaanya, bisa ikuti caranya berikut ini: Siapkan air secukupnya untuk di rebus, dan tambahkan sedikit garam. Rebus dan tunggu hingga mendidih, kemudian masukan air yang mendidih kedalam baskom.  Selanjutnya uapi wajah atau daerah yang berkomedo selama 5 sampai 10 menit dengan cara menghadapkan wajah ke air panas. Selain dapat mengatasi komedo, cara ini juga dapat meredakan batuk flu dan memperlancar peredaran darah.

3. Putih Telur
Biasanya telur dibuat untuk di goreng, direbus, lalu di makan. Tetapi disini kita dapat memanfaatkan putih telur sebagai mengatasi masalah komedo. Untuk caranya ambil telur putihnya saja, kemudian balurkan ke kulit wajah anda yang terdapat komedo hingga merata. Lalu diamkan selama 25 sampai 30 menit, hingga terasa mengering. Lalu cuci muka anda dengan menggunakan air hangat. Supaya lebih afektif anda dapat mencampurnya dengan satu sendok madu yang alami.

4. Pepaya
Selain enak rasanya jika dimakan, buah papaya juga berkhasiat  mengatasi komedo yang membandel. Cara penggunaanya yaitu menjadikan buah papaya sebagai masker wajah. Ambil dan potong buah papaya secukupnya, lalu hancurkan potongan-potongan buah pepaya sampai benar-benar lembut seperti bubur. Jika sudah, maka tinggal mengoleskannya ke wajah atau ke kulit yang terkena komedo hingga merata. Terakhir bilas dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan di pagi hari setelah bangun tidur dan saat mau tidur di malam hari.

5. Jus Lemon
Jus lemon atau juga bisa disebut jeruk nipis ini mampu menghilangkan minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Ini merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk menghilangkan komedo anda. Untuk cara penggunaanya, siapkan jus lemon, minyak almond, dan juga gliserin. Kemudian campurkan semua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur menggunakan blander. Lalu oleskan pada kulit wajah atau area yang terdapat komedo hingga benar-benar merata. Diamkan selama 10 menit dan selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih.

6. Gandum
Gandum sangat bagus untuk kesehatan, dan terutama pada kesehatan kulit wajah. Dengan menggunakan gandum sebagai masker wajah, juga mampu menghilangkan komedo yang ada di kulit wajah anda. Campurkan gandum dengan air, lalu oleskan pada wajah yang terdapat komedo. Ini akan melepaskan sel-sel kulit yang mati.

7. Pasta Gigi
Kebanyakan orang akan menggunakan pasta gigi ketika kulit terbakar. Selain untuk penawar luka bakar disaat darurat, pasta gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo yang meradang. Cara penggunaanya cukup oleskan pasta gigi ke daerah yang terkena komedo.

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami. Cara-cara diatas bisa anda lakukan dirumah tanpa harus ke klinik kecantikan yang bisa harganya mahal dan belum tentu dapat menghilangkan komedo. Jika anda melakukan salah satu cara diatas secara rutin, maka kami jamin bisa membuat komedo hilang. Diatas merupakan cara mengatasi komedo, nantikan juga artikel cara mencegah timbulnya komedo.

0 komentar:

Poskan Komentar