Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Baik dan Benar

Bau mulut sangat mengganggu terhadap diri sendiri maupun orang orang lain, dan tentu saja semua orang tidak mau yang namanya bau mulut. Bau mulut juga bisa membuat orang marah dan untuk orang yang mengalaminya akan merasa malu. Oleh karena itu kita bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut dengan mengikuti beberapa tips dari serbaCARA.com disini.

Jika anda mengalami bau mulut maka akan membuat orang lain beranggapan bahwa anda adalah orang yang jorok dan tidak bisa menjaga kebersihan. Apalagi jika anda adalah seorang pebisnis yang tiap hari kerjanya selalu bicara dengan orang lain.
Cara Menghilangkan Bau Mulut
Penyebab Bau Mulut
Jadi anda juga harus bisa mengenali penyebab dari bau mulut yang anda alami. Ada beberapa penyebab membuat bau mulut terjadi, yaitu sebagai berikut:
  1. Terutama tidak bisa menjaga kebersihan pada mulut, untuk mengatasi ini anda bisa sikat gigi secara teratur, yaitu sikat gigi di pagi hari dan menjelang tidur di malam hari.
  2. Makan makanan tertentu memang enak, seperti petai dan jengkol. Tetapi itu menimbulkan bau mulut tidak sedap. Maka kurangilah makan-makanan seperti itu bila ingin bau mulut segera hilang.
  3. Jika anda terbiasa merokok juga pemicu terjadinya bau mulut karena dari temb*kau tersebut, selain itu merokok juga tidak sehat untuk diri sendiri.
  4. Sedang mengalami sakit sariawan, ini juga termasuk pemicu terjadinya bau mulut tidak sedap. Oleh karena itu segera obati sariawan.
  5. Supaya tidak bau mulut ketika di kantor atau sekolah, maka biasakan sikat gigi setelah sarapan supaya tidak bau mulut saat beraktifitas.
  6. Gigi yang berlubang terdapat bakteri yang membuat bau mulut tidak sedap, apalagi saat sakit gigi terjadi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Terkadang kita semua memang tidak menyadari penyebab bau mulut. Apabila anda sudah terlanjur mengalami bau mulut yang tidak sedap, maka bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut diberikut ini.

1. Berkumur
Untuk menghilangkan bau mulut bisa berkumur untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Bisa juga menggunakan produk untuk berkumur, yang pastinya berkualitas dan higienis.

2. Menjaga Mulut Tetap Lembab
Mungkin anda sering mengalami bau mulut yang ekstra ketika bangun tidur. Itu karena mulut kering dan hanya memiliki sedikit air liur sehingga membuat nafas tidak sedap. Air liur ini membantu mulut tetap lembab dan juga berfungsi sebagai antiseptik dan juga enzim yang dapat membunuh bakteri. Oleh karena itu anda perlu sekali untuk menjaga mulut anda tetap lembab. Di berikut ini ada beberapa cara agar mulut tetap lembab:
  • Minum air: Selalu lah minum air putih dan gunakan juga air putih untuk berkumur. Air tidak memperbanyak menghasilkan air liur, tetapi akan membersihkan mulut dan juga membuat mulut tetap lembab.
  • Mulut yang kering juga bisa disebabkan oleh obat yang mungkin anda konsumsi. Jadi bisa anda ceritakan kepada dokter bahwa obat yang anda konsumsi membuat mulut menjadi kering.
  • Permen karet karet juga dapat menutupi bau mulut, selain itu juga dapat merangsang produksi air liur. Jadi pilihlah permen karet yang berkualitas baik, karena jika salah memilih permen karet malah menyebabkan sakit gigi. Hindari permen karet yang berasa mint, karena permen karet jenis ini tidak dapat memproduksi air liur.
3. Stop Rokok
Semua orang tahu, bahwa rokok buruk sekali untuk kesehatan, dengan berhenti merokok bisa mengurangi bau mulut.

4. Jaga Kebersihan
Untuk cara menjaga kebersihan mulut itu bisa dilakukan dengan cara gosok gigi secara teratur, karena dengan menyikat gigi secara teratur mampu menghilangkan bau mulut anda.

5. Mengkonsumsi buah-buahan
Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti apel, pisang, jeruk dan sebagainya. Buah tersebut akan membantu menghancurkan bakteri di mulut. Bisa juga mengkonsumsi segelas jus nanas dan juga jus jeruk disaat sebelum tidur dengan air hangat. Bisa juga ditambah dengan sedikit kayu manis dan 1 sendok madu, ini agan membuat mulut anda sedap ketika bangun tidur di pagi hari. Selain itu, juga dapat mengkonsumsi sayur seperti seledri dan juga wortel, itu semua akan membuat bau mulut anda bisa hilang.

6. Menghindari Makan-makanan Yang Bau
Sudah kami jelaskan di atas pada penyebab bau mulut, bahwa anda harus menghindari makan makanan yang menimbulkan bau mulut seperti jengkol, petai, dan sayur daun singkong.

Nah itulah beberapa penyebab terjadinya bau mulut dan beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami. Dan di beberapa toko juga sudah menyediakan larutan untuk menjaga mulut tetap bersih, tetapi tetaplah memiliih yang berkalitas baik.

0 komentar:

Poskan Komentar