Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mencoba OS Firefox di Perangkat Android

Kali ini kita akan mencoba sebuah sistem operasi ponsel dari Mozilla Firefox. Mungkin sudah ada yang tahu dan juga belum ada yang tahu, bahwa Mozilla Firefox kini tengah mengembangkan sebuah sistem operasi mobile yang bisa kita coba di Android. Untuk itu bisa anda baca artikel ini tanpa melewati satu kata.- serbaCARA.com

Dimana Android dan iOS saat ini menjadi raja OS smartphone, tetapi Firefox juga tidak mau kalah. Firefox yang kini menjadi browser paling terkenal di kalangan pengguna PC, saat ini tengah mengembangkan sistem operasi buatannya. OS Firefox adalah sistem operasi untuk ponsel, tablet dan smart TV yang dirancang oleh pembuat Mozilla dan external contributor. OS Firefox merupakan OS open-source, yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi web.  

OS Firefox

Untuk mencoba OS Firefox pengembang telah meluncurkan sebuah aplikasi android APK yang memungkinkan kita untuk mencoba OS Firefox di perangkat Android tanpa menginstal OS Firefox di Android atau tanpa harus melakukan flash. Dengan begitu anda dapat mencoba fitur-fitur pada sistem operasi buatan Mozilla Firefox ini mulai dari tampilannya, kecepatan loadnya, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya aplikasi ini masih dalam tahap percobaan sehingga aplikasi ini bernama "Firefox OS 2.5 Developer Preview" untuk mencoba OS Firefox di perangkat Android. Setelah menginstal file APK anda akan merasakan seperti apa menggunakan perangkat dengan sistem operasi Firefox, meskipun ada beberapa kekurangan seperti di perangkat saya yang terdapat masalah pada tombol tidak berfungsi. Dan saat membuka aplikasi sangat berat dan banyak penggunaan pada RAM jadi jika perangkat anda tidak banyak hi config maka anda mungkin menghadapi masalah. Tapi dalam hal pengalaman Firefox OS-nya bagus dan anda dapat menggunakan ini untuk penggunaan sehari-hari jika anda sudah bosan dengan tampilan default Android anda, hanya dengan cara mengubahnya menjadi default launcher dan anda tidak akan menghadapi masalah saat menjalankan setiap aplikasi default atau aplikasi android lama anda.

Mencoba OS Firefox

OS Firefox juga memiliki market seperti di Android Google Play store. Ketika saya mencoba untuk menginstal sebuah aplikasi dari Marketplace semuanya normal karena membangun aplikasi ini untuk platform Firefox bukan Android.

Jadi bagaimana cara untuk mencoba Firefox OS di perangkat Android?
Jika ingin merasakan OS Firefox di Ponsel Android anda hanya perlu menginstal file APK. Untuk itu menuju ke link berikut ini untuk download filenya: OS Firefox , file APK ini berukuran 88MB. Download file APK tersebut dan instal pada perangkat Android anda. Setelah proses instalasi selesai, tinggal buka aplikasinya dan memungkinkan untuk mengkonfigurasi sendiri, maka anda siap untuk menggunakannya.
 


Saya akan merekomendasikan anda untuk mencoba aplikasi ini dan memberi pengalaman di Ponsel Android anda untuk mensimulasikan OS Firefox di Android. Jika anda benar-benar suka dengan OS Firefox maka anda dapat mengganti OS Android anda menjadi OS Firefox dengan cara flash OS Firefox di ponsel Android anda dan menetapkan Anda sebagai pengguna pro. Tapi sayangnya saat ini baru beberapa ponsel yang sepenuhnya bisa menggunakan OS Firefox. Bisa anda lihat smartphone yang bisa menggunakan OS Firefox secara penuh di link ini: firefoxos.mozilla.community/devices

Sebenarnya banyak sekali yang membuat Operating System untuk smartphone yang mampu bersaing. Yaitu Ubuntu for Mobile, Jolla, dan Tizen. Pengguna smartphone saat ini memang paling banyak daripada pengguna PC karena memang mudah dalam penggunaanya. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel cara mencoba OS Firefox ini dapat menambah pengetahuan anda tentang smartphone.

1 komentar: Leave Your Comments

  1. wah osnya keren gan,,, makasih infonya gan. perlu dicoba ini

    BalasHapus