Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mencegah Demam Berdarah/Malaria

Malaria atau Demam Berdarah adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Gejala demam berdarah sering mengalami demam tinggi, gemetar menggigil, berkeringat banyak, sakit kepala, muntah, diare dan sakit seperti flu. Jika tidak segera diobati, malaria dapat mengembangkan komplikasi yang parah dan menyebabkan kematian. Di artikel ini SerbaCara.com akan membahas cara mencegah demam berdarah atau malaria.


Siapapun bisa terkena malaria. Berikut ini adalah daftar faktor yang dapat menyebabkan anda terkena atau tertular malaria:
  • Transfusi darah
  • Transplantasiorgan 
  • Penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi dengan darah
  • Terkena gigitan nyamuk terinfeksi P. falciparum


Ketahuilah bahwa tidak ada vaksin untuk malaria. Malaria dapat diobati dengan obat resep. Jenis obat-obatan dan lamanya pengobatan tergantung pada berikut:
  • Jenis malaria 
  • Umur korban 
  • Di mana orang terinfeksi 
  • Bagaimana rasa sakit orang tersebut pada saat awal pengobatan 
  • Jika ibu hamil


Jika di musim hujan tiba, sangat penting untuk berhati-hati untuk memastikan anda tidak tergigit nyamuk malaria Memahami bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah simak berikut ini: 

Mencegah Malaria
Foto by: egensdiagnostics.com

Langkah Mencegah Demam Berdarah

Gunakan kelambu di tempat tidur. Kelambu sangat efektif dalam menjaga gigitan nyamuk di tempat tidur saat malam hari dan saat tidur. Karena nyamuk tidak bisa menjangkau anda. Sebelum tidur pastikan di dalam kelambu tidak ada lubang besar.

Pastikan pintu dan jendela tetap tertutup. Jika mungkin, anda harus menjaga pintu dan jendela tertutup rapat saat anda berada di dalam ruangan. Orang yang tidur di luar atau keluar rumah pada malam hari itu beresiko lebih tinggi terkena malaria.

Pakailah celana panjang dan lengan panjang saat berpergian keluar rumah untuk mengurangi jumlah terkena gigitan nyamuk. Usahakan jangan memakai pakaian yang gelap karena pakaian gelap lebih menarik bagi nyamuk dibandingkan dengan warna yang terang

Gunakan obat nyamuk. Pilihlah obat nyamuk semprot, listrik atau lainnya yang paling efektif di daerah anda. Semprot ruang dimana anda tinggal untuk hasil terbaik. Anda juga bisa sedikit semprot ke pakaian anda untuk menghindari gigitan nyamuk.

Jika mungkin tetaplah di dalam rumah saat senja dan subuh, karena nyamuk mentransmisikan serangan malaria saat malam hari.

Terus pantau kesehatan anda. Karena kebanyakan kasus malaria dalam waktu sekitar 2 minggu tertular, dalam beberapa kasus gejala muncul di kemudian hari. Parasit yang menyebabkan malaria dapat diam dalam tubuh selama beberapa minggu atau bulan. Pantau kesehatan anda dan periksa ke dokter segera jika anda mengalami gejala flu yang bisa menjadi gejala dari malaria. Dan selalu memenuhi cairan tubuh dengan cara minum air putih.

Malaria di indonesia sangat banyak yang terkena dan sampai meninggal dunia, jadi cegahlah kesehatan anda di waktu musim hujan khususnya mencegah demam berdarah atau malaria.

4 komentar: Leave Your Comments

  1. thanks udah share gan, bisa dimulai dari sekarang nih.. biar gak terkena demam berdarah

    BalasHapus
  2. Infonya bermanfaat sob, thanks. Oh iya, jangan lupa juga biasanya nyamuk suka ditempat genangan air, itu juga harus dihindari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan,,!
      Makasih juga gan sudah berkunjung..!!

      Hapus