Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Menggunakan Audacity


Mungkin anda ingin sekali mencoba kemampuan vokal anda tetapi ingin cara yang sederhana saja tanpa harus pergi ke tempat karaoke. Hanya bermodal komputer/laptop anda pun sudah bisa membuat lagu karaoke yaitu menggunakan software Audacity. Dengan menggunakan aplikasi Audacity, anda sudah bisa membuat lagu karaoke sendiri tanpa harus pergi ke tempat karaoke yang mungkin bisa jauh dari tempat tinggal anda.

Audacity adalah software yang tersedia secara gratis untuk multitrack audio editor dan perekam untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Pas sekali untuk anda yang suka mengotak-atik file audio. Ada banyak fitur yang dimiliki Audacity seperti Merekam audio, Mengkonversi tape menjadi rekaman digital atau CD, Mengedit WAV, AIFF, FLAC, MP2, MP3 atau Ogg Vorbis dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

Jadi di artikel ini kita akan belajar komputer tentang cara menghilangkan suara vokal pada sebuah lagu/MP3. Apabila anda ingin mencoba tutorialnya, silahkan anda simak langkah-langkah cara menghilangkan vokal pada lagu menggunakan Audacity berikut ini. 

 
Catatan: - Anda tidak dapat menghilangkan suara vokal dengan sepenuhnya bersih, tetapi akan memberikan hasil terbaik dengan trek stereo.

Cara Menggunakan Audacity

Cara Menggunakan Audacity Untuk Menghilangkan Suara Vokal

  • Jika anda belum mempunya aplikasi Audacity maka anda harus mendownload dan instal Audacity terlebih dahulu. Anda bisa mendownloadnya di URL berikut ini: http://audacityteam.org/download/   
  • Download sesuai sistem operasi PC anda dan pilih versi terbaru lalu instal dan pilih bahasa Indonesia saat pertama file .exe nya di buka, kenapa harus menggunakan bahasa Indonesia? Karena blog ini adalah blog Indonesia dan di tutorial ini menggunakan bahasa Indonesia, jadi ganakan dan cintailah Bahasa Indonesia.
  • Setelah selesai instal sekarang buka Adacity-nya, klik Berkas> lalu pilih Buka> untuk mengambil file MP3 yang anda hilangkan suara vokal-nya, jadi cari file MP3 anda dan klik 2x file MP3 yang anda pilih. (Anda juga bisa langsung drag mp3 dari iTunes)
  • Sekarang klik Efek> lalu cari dan pilih Vocal Remover> di bagian bawah. Setelah itu klik OK>. 
  • Selanjutnya save dengan cara klik Berkas> dan pilih Export Audio>, ubah nama filenya lalu klik save. Setelah klik save akan muncul jendela baru dimana jendela tersebut untuk meng-edit info MP3 seperti Nama Artis, Judul Trek, Judul Album dan sebagainya, anda bisa isi sesuai lagu yang ada di MP3 tersebut.
  • Terakhir tinggal anda klik OK dan selesai, sekarang anda coba play yang sudah anda simpan tadi dan hasilnya akan menghilangkan suara vokal pada lagu yang anda edit.

Itulah Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Menggunakan Audacity

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan vokal pada lagu menggunakan Audacity. Mudah bukan cara menghilangkan suara vokal di MP3? Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat anda bisa like dan share artikel ini di facebook, twitter, dan google+ dengan menekan tombol dibawah artikel ini dan jika anda mempunyai pertanyaan tentang tutorial di atas anda bisa tanyakan melalui kolom komentar.

0 komentar:

Poskan Komentar