Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Inilah 6 Penyebab Gusi Bengkak


Inilah 6 Penyebab Gusi Bengkak  - Ketika gusi merah muda Anda mengalami bengkak, itu membuat aktivitas Anda terganggu! Gingiva bengkak atau biasa disebut gusi bengkak membuat mulut tidak nyaman, sensitif, dan bahkan kadang-kadang terasa sakit melampaui toleransi. Jika Anda bertanya-tanya dan sering bertanya pada diri sendiri 'mengapa gusi saya bengkak?,' Anda mungkin menemukan jawabannya di berbagai penyebab gusi bengkak. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Kemudian Anda dapat mengobati gusi bengkak di rumah dengan bantuan obat tertentu.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab gusi bengkak bermacam-macam, bisa karena Penyakit pada gusi, makanan tertentu, kekurangan nutrisi, dan banyak penyebab lainnya.

penyebab gusi bengkak
1. Gingivitis
Penyakit gusi yang terkenal disebut Gingivitis(peradangan atau infeksi pada gusi), adalah penyebab paling umum dari gusi bengkak. Bahkan, bakteri menyebabkan pembengkakan gusi yang disebut
Gingivitis dimana gusi Anda menjadi merah, bengkak dan mudah berdarah. Jika Anda tidak peduli dengan kebersihan pada mulut Anda maka akan mengalami Gingivitis sehingga membuat gusi menjadi bengkak. Gusi bengkak disebabkan Gingivitis terlihat seperti masalah yang sangat kecil tapi jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bahkan kehilangan gigi. 

2. Periodontitis
Periodontitis adalah peradangan di sekitar gigi atau pada bagian penyangga gigi. Jika Anda tidak segera mengobati peradangan atau infeksi pada gusi dan merawat kebersihan mulut Anda, maka gusi Anda akan mengalami bengkak di sekitar gigi dan gusi, Infeksi akan meluas dari gusi ke arah tulang di bawah gigi sehingga akan membuat ruang yang dikenal sebagai kantong. Kantong ini mudah terinfeksi. Jika tidak diobati, periodontitis menghancurkan tulang, gusi, dan jaringan yang menyangga gigi Anda. Jadi, jika Anda memiliki gusi bengkak sekitar satu gigi, segera ambil langkah-langkah untuk mengobati kondisi seperti itu. Mungkin periodontitis merupakan infeksi gusi yang paling serius, tidak hanya menyebabkan hilangnya gigi tetapi kondisi kesehatan yang serius seperti serangan jantung atau stroke!


Kadang pasien tidak merasakan gejala rasa sakit ataupun lainnya. Biasanya tanda yang dapat diperhatikan sebagai berikut:

  • Gusi berdarah saat menyikat gigi 
  • Gusi berwarna merah, bengkak, dan lunak 
  • Terlihat adanya bagian gusi yang turun dan menjauhi gigi. 
  • Terdapat nanah di antara gigi dan gusi. 
  • Gigi goyang.
3. Kekurangan Nutrisi
Kurangnya vitamin dalam tubuh Anda khususnya Vitamin B dan C juga dapat memberikan gusi bengkak. Vitamin C memiliki peran penting ketika untuk mempertahankan dan memperbaiki gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C ini menyebabkan penyakit gusi dan menjadi salah satu penyebab utama gusi bengkak.
 


5. Infeksi Mulut
Ada infeksi tertentu dari mulut yang disebabkan oleh virus dan jamur seperti herpes dan sariawan. Itu juga dapat menyebabkan gusi bengkak di dalam mulut Anda. Dalam kasus tersebut, pengobatan gusi bengkak harus benar-benar membutuhkan pengobatan infeksi yang mendasari.
 


6. Kehamilan
Ya, ini adalah salah satu penyebab yang lebih yang sangat umum dari gusi bengkak. Ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh selama kehamilan dapat menempatkan sirkulasi darah keluar dari gigi yang mungkin menyebabkan gusi bengkak karena ada lebih banyak darah mengalir ke arah mulut dan gusi.
 


Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mengobati gusi bengkak! Tentu saja ada berbagai cara mengobati gusi bengkak, pengobatan yang dapat membantu Anda menyingkirkan gusi bengkak. Untuk cara mengobati gusi bengkak akan kami jelaskan pada artikel yang akan datang. Namun, Anda juga harus selalu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya di balik gusi bengkak Anda, sehingga Anda dapat melakukan langkah-langkah yang tepat dan menghindari dari rusaknya gigi. 

0 komentar:

Poskan Komentar