Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengembalikan SMS Yang Sudah Dihapus Pada Android

Pada kesempatan kali ini SerbaCara.com akan berbagi cara mengembalikan/melihat sms yang sudah dihapus pada smartphone android. Menghapus semua pesan teks pada ponsel Anda bisa menjadi mimpi buruk jika Anda melakukannya dengan sengaja dan apalagi jika inbox SMS Anda memiliki banyak pesan teks yang sangat penting. Sebelumnya, Anda tidak memiliki solusi cepat untuk memulihkan SMS yang sudah dihapus dari smartphone, Anda tidak perlu panik. Kami akan berbagi cara memulihkan SMS yang sudah terhapus dengan tingkat keberhasilan 99%.

Mengembalikan data SMS yang sudah dihapus tergantung pada waktu. Semakin Anda menunda, kesempatan memulihkan lebih sedikit karena apabila anda mendapat SMS baru pesan-pesan teks sebelumnya akan terhapus secara permanen dari memori. Maka segera anda lakukan cara yang kami jelaskan disini agar SMS yang sudah terhapus bisa di kembalikan lagi.

Berikut langkah-langkah untuk memulihkan SMS yang sudah dihapus di smartphone Android:


Pertama Anda harus mempunyai aplikasi Android PC Suite. Dengan ini anda harus menghubungkan smartphone android anda dengan PC/laptop karena tidak ada solusi berbasis Android untuk memulihkan pesan yang sudah dihapus. Android PC Suite merupakan aplikasi untuk menghubungkan ponsel Android dengan PC, aplikasi tersebut bernama: MobileGo, MOBILedit, dan Droid Explorer. Semua fingsinya sama saja, anda bisa download salah satu lalu instal di PC dan di smartphone Android anda. Pada Android anda bisa download melalui Play Store.


Anda harus menyelesaikan proses empat langkah yaitu
  1. Menghubungkan ponsel Android ke PC: Untuk menyambungkan ponsel Android ke PC/laptop bisa menggunakan kabel USB atau melalui jaringan Wifi. 
  2. Scan: Proses ini PC akan memindai semua data pada ponsel Android anda. 
  3. Preview: Tinjau dan lihat data pada SMS 
  4. Recover: Pulihkan data SMS anda yang sudah terhapus.
Proses ini tidak hanya membantu Anda untuk memulihkan SMS yang sudah dihapus saja tetapi Anda dapat memulihkan hal-hal lain juga seperti foto yang ter-hapus, video, dan lain-lain.

Pada tampilan di PC/laptop pada software Android PC Suite kurang lebihnya seperti gambar dibawah ini:
Cara Melihat SMS Yang Sudah Dihapus

Cara di atas adalah cara mengembalikan atau melihat SMS yang sudah dihapus secara sengaja ataupun tidak sengaja. Apabila di kemudian hari anda tidak ingin kejadian pesan teks terhapus dan anda ingin mengembalikannya lagi, maka Anda bisa instal aplikasi SMS Backup & Restore. Aplikasi tersebut bisa anda gunakan tanpa dengan cara diatas, jadi bisa lebih cepat untuk mengembalikan SMS yang sudah terhapus.
 

16 komentar: Leave Your Comments

  1. kalau smsnya sdh terhapus 6bulan lalu msh bisa recovery lg ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu sudah tidak bisa di kembalikan lagi. Karena sudah terhapus otomatis ketika ada sms baru yang masuk.

      Hapus
  2. agh, andai sudah baca komentar ini dari awal ...
    hilang permanen sudah smsnya..

    BalasHapus
  3. Ni sms nya berlaku brpa lama yng udh yrhapus
    Kalau sebulan yng lalu bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah terhapus selama sebulan yang lalu, sudah sulit itu di kembalikan lagi. Cara diatas itu untuk mengembalikan sms yang sudah terhapus selama sehari atau beberapa jam yang lalu.

      Intinya jika sms sudah terhapus dan masih mendapat sms baru lagi, maka sms yang sudah terhapus itu sudah hilang secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Meskipun sudah selama sebulan sejak sms dihapus tetapi selama sebulan tersebut tidak menerima satu pun sms lain, maka sms yang sudah dihapus kemungkinan masih bisa dikembalikan lagi. Semoga membantu!!

      Hapus
  4. klo mau balikin sms tapi handphone dan nomer nya hilang dicopet gimana? apakah ada cara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu sudah tidak bisa. Kecuali handphone agan Android dan sudah di setting agar bisa di lacak lokasinya.

      Hapus
  5. kalau mengembalikan sms pada android yg sudah terinstal ulang bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan bisa, boleh dicoba itu. Tapi jika jarak waktu antara sms sudah terhapus -->Android sudah terinstal ulang sangat lama maka susah untuk dikembalikan.

      Hapus
  6. Apakah handphon nya harus di root terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu gan, yang penting setelah sms terhapus segera lakukan cara diatas, jika tidak sms akan terhapus selamanya.

      Hapus
  7. Apakah handphon nya harus di root terlebih dahulu?

    BalasHapus
  8. Gak jelas min,,mohon penjelasannya,,yang di scan itu di pc nya atau di hp nya,cz saya cari scan ga ada,boro2 preview dll,,tolong ya min,,cz saya awam,kan yang baca artikel kebanyakan ora.g awam komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa toolnya sudah di instal semua di Android dan juga di PC? Jika sudah sambungkan Android ke PC melalui kabel USB, biasanya secara otomatis akan scan sendiri. Kemudian Preview yang maksudnya adalah tinjau semua data SMS yang tampil di layar PC. Disitu SMS, VIDEO, FOTO, dan lain-lain akan terlihat. Tinggal pilih Messaging untuk melihat data SMS.

      Jika masih bingung tanyakan kembali. Maaf jika jawabnya telat, karena saya gak selalu online.

      Hapus
  9. Apa harus pake pc? Kalo pake aplikasi android sendiri bs gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Android sendiri tidak menyediakan cara mengembalikan sms yang sudah terhapus. Jadi harus menggunakan komputer atau laptop.

      Hapus