Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Tips Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas Untuk Blog

Dalam dunia blogging, kita tidak terlepas dari yang namanya menulis. Kegiatan menulis ini dilakukan oleh seorang blogger yang memang sudah memiliki bakat atau hobi tersebut, lalu ia kembangkan dan mengaplikasikannya melalui sebuah blog. Mereka menulis artikel di blog pasti memiliki tujuan tersendiri., ada yang ingin berbagi pengalaman, mengerjakan tugas dari sekolah, berbagi ilmu dan pengetahuan, memperoleh penghasilan, dan masih banyak lagi tergantung niat mereka masing-masing.

Berbicara tentang menulis artikel blog, tidak terlepas dari kriteria penulisan artikel blog itu sendiri. Kita tentunya dalam menulis artikel harus menganalisis terlebih dahulu agar artikel yang kita publikasikan nantinya dapat bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. Namun, jika tujuan sobat memang berbeda-beda tapi saya yakin kebanyakan dari sobat ingin blognya terkenal dan dilihat banyak orang. Untuk itu, sebuah artikel yang baik, benar, berkualitas dan sudah dioptimasi secara menyeluruh akan menjadikan artikel tersebut sebagai kunci, tolak ukur, ataupun barometer kesuksesan dan keberhasilan bagi pemilik blognya.

Menulis Artikel Blog

Berikut Tips Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas Untuk Blog:

1. Buatlah Judul Semenarik Mungkin
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih atau menentukan judul artikel blog sobat. Judul blog yang tepat dan unik tentunya akan menarik banyak pengunjung untuk datang ke blog kita. Kita sebagai pemilik blog dan penulis blog kita juga harus menentukan judul yang  artikel Coba bedakan antara judul berikut ini:
  • "Cara Membuat Blog Gratis"
dengan,
  • "Cara Paling Mudah Membuat Blog Gratis Terbaru"
Setelah melihat perbedaan di atas, tentu sobat tahu mana judul artikel yang paling menarik perhatian pengunjung blog sobat. Itu adalah salah satu contoh saja, untuk contoh-contoh judul artikel blog lainnya dapat sobat praktekkan sendiri namun tentu dengan penambahan kata-kata yang unik dan menarik.

2. Gunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dimengerti
Tips menulis artikel blog yang baik lainnya adalah menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti atau dipahami oleh banyak orang. Pernahkah sobat menemukan blog lain yang di dalamnya terdapat artikel dengan gaya bahasa yang aneh, tidak baku, ataupun tidak dapat dimengerti oleh sobat? saya yakin pasti diantara sobat pernah mengalaminya. Ketika membaca artikel tersebut, pasti yang ada di pikiran sobat ingin cepat-cepat minggat dan beralih ke blog lain karena tidak paham dengan gaya bahasa yang ditulis di blog tersebut. Itulah juga yang dirasakan oleh pengunjung ataupun pembaca blog sobat apabila sobat menggunakan gaya bahasa yang aneh atau memakai bahasa daerah sobat. Untuk itu, mulailah menulis sebuah artikel yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

3. Tulis Artikel yang Bermanfaat bagi Pembaca
Dalam menulis artikel, kita juga disarankan untuk tidak hanya sekedar menulis dan menulis saja, melainkan perlulah menulis artikel tersebut yang bermanfaat, berguna, dan dapat menjawab pertanyaan dari para pembaca blog sobat. Jadi, sobat menuliskan sebuah artikel tidak hanya apa yang sobat baca dan sobat lihat, tetapi cobalah menulis dari apa yang sobat telah praktekkan sebelumnya. Berlebih jika sobat mempunyai pengalaman sobat sendiri, sobat dapat membagikannya melalui blog sobat. Tidak ada salahnya kan untuk mencoba?

4. Berilah Gambar pada Setiap Artikel
Sebuah gambar sangatlah penting untuk membangun artikel blog sobat. Gambar inilah yang akan berguna sebagai keterangan atau pendukung artikel blog sobat agar pengunjung blog dapat memahami maksud dari artikel blog sobat dengan memperhatikan gambar yang sobat berikan. Contohnya saja pada artikel tutorial, apabila di setiap langkah tutorialnya diberikan gambar, tentu akan memudahkan pengunjung blog dan menyelesaikan masalah yang dialami oleh pengunjung.

5. Gunakan kata kunci yang Tepat
Kata kunci atau yang biasa disebut dengan keyword ini sangat berguna apabila sobat ingin membuat blog sobat tampil di urutan teratas mesin pencari atau search engine, seperti Google. Karena sebuah situs mesin pencari seperti Google ini berperan penting bagi perkembangan blog sobat dan sebagai salah satu faktor terkenalnya blog sobat. Penempatan keyword atau kata kunci yang tepat dan efektif tentu akan membuat halaman blog sobat lebih mudah terindex oleh mesin pencari.

Sekian postingan mengenai tips menulis artikel blog yang baik, semoga tips yang telah diberikan di atas dapat bermanfaat untuk sobat blogger semua terutama bagi sobat yang masih pemula dan ingin belajar menulis artikel blog sendiri dengan hasil yang optimal.

4 komentar: Leave Your Comments

  1. waduh janagan jangan blog punya ku termasuk yang aneh,makasinh ilmunya

    BalasHapus
  2. Artikelnya mantab sob. salam kenal
    jangan lupa kunjungi balik http://donalidsurv.blogspot.com

    BalasHapus
  3. makasih gan infonya, sangat bermanfaat bingit :)

    BalasHapus
  4. Artikelnya cukup menambah wawasan dan memberi pencerahan kepada penulis pemula terutama bagi yg bercita-cita menjadi penulis hebat. Terimakasih dan salam kenal

    BalasHapus