Cara Menyimpan Semua Foto dari Media Sosial dengan Google Foto

Versi baru dari Google Foto mendapat manfaat dari antarmuka yang disederhanakan dan mode peta baru. Namun versi baru ini juga membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan backup foto. Google Foto tidak lagi secara otomatis mencadangkan gambar dan video dari perpesanan dan aplikasi media sosial. Berikut cara memperbaiki bagaimana mencadangkan foto dan video menggunakan Google Foto.

Cadangkan Folder tertentu di Google Foto

Google Foto mendapatkan facelift. Logo baru (lebih bulat), antarmuka baru dan tampilan mode baru menawarkan kemungkinan menampilkan foto Anda di peta. Namun waspadalah, desain ulang ini juga disertai dengan perubahan besar dalam pengelolaan sinkronisasi foto.

Cara Cadangkan Semua Foto dari Media Sosial

Sebelum peluncuran pembaruan ini, Google Foto secara otomatis mencadangkan semua foto yang disimpan di ponsel Android Anda, termasuk yang disimpan dalam folder yang dibuat oleh aplikasi sosial perpesanan seperti Wahatsapp dan Facebook Messenger.

Tetapi sejak krisis coronavirus (covid-19) dan pengembangan telework, server Google telah berada di bawah tekanan yang berat. Untuk menghemat sumber daya internetnya, Google telah memutuskan untuk (sementara) menangguhkan cadangan otomatis file yang terkait dengan aplikasi pengiriman pesan. Sekarang hanya foto yang diambil oleh kamera yang disinkronkan.

Ini sangat memalukan. Fungsi ini memungkinkan Anda menyimpan salinan foto dan video yang diterima dalam pesan Anda (WhatsApp, Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, Galeri, dll.). Memang beberapa dari keterikatan ini mungkin penting bagi Anda. Mengingat ancaman, kehilangan ponsel Anda, pencurian, kerusakan atau penanganan kesalahan, penting untuk melindungi semua data tersebut.

Paksa Google Foto untuk menyinkronkan folder pilihan Anda

Memilih cadangan penuh dari semua foto yang tersimpan di ponsel Android Anda bukan pilihan tetapi kewajiban. Kita sekarang akan melihat bagaimana cara menyimpan foto dan video yang diterima dari aplikasi email.

  1. Jalankan aplikasi Google Foto
  2. Ketuk tab koleksi yang terletak di bilah bawah layar
  3. Jendela baru akan menampilkan folder berbeda pada ponsel Android Anda yang berisi foto
  4. Klik pada folder pilihan Anda kecuali direktori yang disebut kamera
  5. Tekan sakelar pencadangan dan sinkronisasi di bagian atas jendela untuk mengembalikan preferensi cadangan lama Anda
  6. Kembali dan ulangi operasi untuk folder lain pilihan Anda


Ada metode lain yang lebih cepat untuk membuat cadangan folder secara manual. Metode ini memungkinkan Anda mengecualikan foto dari aplikasi tertentu.

  1. Kembali ke halaman beranda Google Foto
  2. Klik ikon avatar Anda di kanan atas layar
  3. Ketuk Setelan Foto
  4. Pilih opsi pencadangan dan sinkronisasi
  5. Klik cadangkan folder perangkat
    Cara Menyimpan Semua Foto dari Media Sosial
  6. Tekan sakelar yang sesuai dengan folder pilihan Anda
  7. Jika tombolnya berwarna biru, artinya folder tersebut disinkronkan
  8. Sebaliknya jika sakelar berwarna abu-abu, foto yang disimpan dalam direktori tidak akan disinkronkan

Maka terserah kepada Anda untuk menjadi bijak dalam pilihan Anda. Tidak perlu, misalnya, untuk menyimpan foto dari jejaring sosial yang Anda gunakan sangat sedikit atau yang tidak mengandung foto pribadi yang penting bagi Anda.

Google Photos juga memberi Anda opsi untuk menyimpan setiap foto satu per satu. Untuk mengetahui perbedaan antara foto yang disinkronkan dan yang tidak disinkronkan, cari saja ikon cloud yang dicoret di sudut bawah thumbnail.


Buka folder foto pemungutan suara Anda
Pilih foto pilihan Anda dengan meninggalkan jari Anda pada gambar kecil selama beberapa detik
Tekan tombol menu di kanan atas jendela
Pilih opsi simpan

Ini mungkin keputusan sementara yang dibuat oleh Google karena krisis luar biasa yang kita alami saat ini. Namun lebih baik untuk memeriksa bahwa semua foto Anda disimpan secara otomatis. Jika ada masalah, Anda dapat dengan mudah memulihkan semua foto Anda. Itulah cara mencadangkan semua foto ke dalam Google Foto dengan mudah sehingga tidak akan kehilangan semua data foto kenangan Anda meski Hp Android Anda hilang maupun rusak.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan Semua Foto dari Media Sosial dengan Google Foto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


SIMAK JUGA: Cara Membuat Email Pakai Verifikasi no telp Amerika dan Kanada
Aplikasi Auto Like Status Facebook
JUAL VPN MURAH LEBIH AMAN DIGUNAKAN DARIPADA YANG GRATISAN

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel