Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali

Pertanyaan cara memilih kamera digital adalah yang pertama diajukan oleh siapa saja yang ingin memasuki dunia fotografi yang hebat. Dari awal blog, ini mungkin pertanyaan yang muncul paling banyak di email yang saya terima.

Tujuan artikel ini adalah untuk membuat semacam "panduan memilih" untuk membantu Anda memilih kamera. Saya tidak akan membuat perbandingan dan saya tidak akan merekomendasikan SATU model pada khususnya, tetapi saya akan berusaha membimbing Anda dalam pilihan Anda. Anda adalah orang dewasa, terserah Anda untuk membuat pilihan akhir perangkat Anda sesuai dengan apa yang paling penting bagi Anda.

Jadi saya akan mulai dengan menjelaskan 4 keluarga kamera utama, 3 kriteria paling penting untuk memilih satu, dan akhirnya metode langkah-demi-langkah untuk memilih model akhir.

Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali

Jenis kamera yang ada saat ini: compact, bridge, hybrid atau reflex

Pertama, saya berani bertaruh bahwa Anda melakukan riset sendiri sebelum menemukan blog ini, dan Anda telah mendengar tentang 4 jenis perangkat ini.

Apa perbedaan antara 4 keluarga besar ini, kelebihan dan kekurangan mereka?



Kamera Compact
Kelebihan:
  • Ukuran kecil (kemungkinan untuk memasukkannya ke dalam saku)
  • Terjangkau

Kekurangan:
  • Sensor kecil
  • Jadi ketidakmampuan untuk mencapai kedalaman bidang yang dangkal seperti background blur
  • Sering dibuat kurang dalam cahaya rendah (misalnya di dalam ruangan)
  • Dinamika yang cukup lemah (kesulitan mendapatkan rendering yang baik dalam situasi yang kontras)
  • Kurangnya responsif (baik dalam hal fokus dan memicu kecepatan)
  • Lensa tidak dapat dipertukarkan
  • Ditargetkan oleh layar dalam banyak kasus

Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali
Ada juga compact yang lebih baik lagi, di mana itu tidak selalu mudah dinavigasi: beberapa memiliki sensor kecil, lainnya sudah sensor lebih besar (1 inci atau bahkan mikro 4/3!), Dan fungsi yang lebih maju, dengan harga variabel. Beberapa model kelas atas adalah kamera yang cukup kredibel, tetapi saya selalu merekomendasikan kamera lensa yang dapat dipertukarkan dengan harga ini, untuk memiliki lebih banyak kemungkinan di masa depan.



Kamera Bridge
Kelebihan:
  • Zoom lebih besar dari pada jenis kamera compact
  • Kehadiran jendela bidik dalam banyak kasus

Kekurangan:
  • Semua kerugian dari compact
  • Jejak kaki lebih besar dari compact

Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali
Meskipun "mulut reflex kecil" , kamera bridge sering lebih dekat ke yang ringkas: lensa yang tidak dapat dipertukarkan, pengaturan terbatas, kualitas optik yang relatif buruk. Seharusnya merupakan kompromi antara kompak dan reflex, saya merasa bahwa bridge hanya merupakan cara untuk membuat pengguna beralih dari compact ke reflex dengan lancar. Pada harga reflex dan bridge entry-level, bagi saya tampaknya bridge adalah investasi yang tidak akan bertahan lama, dan kurang menarik daripada compact yang bagus menurut saya (yang memungkinkan setidaknya untuk menyimpannya di mana saja pada diri sendiri).



Kamera Reflex atau DSLR
DSLR terdiri dari dua bagian: kamera pertama, apa yang Anda miliki di tangan Anda, dengan tombol rana, layar, dan tombol penyesuaian. Sangat penting dalam hal ketrampilan ergonomi dan penyetelan, tetapi yang menjadikan kualitas gambar adalah tujuannya! Jika Anda menggabungkan kamera kelas atas dengan lensa harga rendah, Anda akan mendapatkan gambar berkualitas buruk, sementara sebaliknya lensa berkualitas tinggi pada kamera tingkat pemula akan memberi Anda hasil yang sangat memuaskan.

Kedua bagian kamera ini bersifat independen, ini menyiratkan bahwa Anda dapat mengubah lensa Anda sesuai dengan situasinya. Bahkan tanpa memiliki pengetahuan foto, Anda dapat membayangkan bahwa Anda membutuhkan lensa yang berbeda untuk memotret serangga kecil yang ditempatkan di atas bunga, potret atau bahkan burung pemalu kecil yang tinggal di jarak yang jauh.

Sasaran terkadang bisa sangat mahal, tetapi itu adalah investasi jangka panjang dan bisa mendapatkan suntikan yang Anda inginkan. Tapi yakinlah, untuk memulai dengan tujuan kit lebih dari cukup, asalkan berkualitas! Jika nanti Anda ingin mendapatkan lensa lain, saya sarankan Anda beralih ke panduan cara memilih lensa DSLR atau hybrid.
Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali
Kelebihan:
  • Sensor besar (dari level entri):
  • Kemungkinan mencapai kedalaman bidang yang dangkal (blur latar belakang yang bagus)
  • Lebih baik rendering dalam cahaya rendah
  • Dinamika sensor yang baik (manajemen situasi kontras yang lebih baik)
Lensa dipertukarkan:
  • Lensa khusus untuk setiap kesempatan, yang menghasilkan rendering terbaik
  • Pemicu dan fokus respons yang lebih baik daripada bridge dan compact
  • Jendela bidik optik sistematis: Anda melihat apa yang Anda potret langsung, tanpa perantara elektronik (layar atau penglihatan elektronik)


Kekurangan:
  • Jejak kaki yang cukup besar (tergantung kisaran kamera dan lensa yang dipilih)
  • Lensa dipertukarkan: Lebih mahal dan Lebih tebal
  • Sulit untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik dan rendering yang baik dalam cahaya rendah dengan zoom tipe 18-200mm atau 18-300mm (yang mereproduksi rentang zoom bridge)



Kamera hybrid (atau "berjenis compact dengan lensa yang dapat diganti")
Saya akan selesai dengan hibrida, karena lebih rumit untuk menguraikan untuk Anda, terutama karena mereka benar-benar ditanamkan untuk waktu yang lebih sedikit daripada yang lain. Pada dasarnya ide dari pabrikan adalah untuk menggabungkan keuntungan dari DSLR (sensor besar, kualitas gambar yang baik, lensa yang dapat ditukar), dengan yang dari compact (ukuran kecil, berat rendah). Karenanya nama "kompact dengan lensa dipertukarkan".

Secara teori, dalam praktiknya lebih rumit, begitu banyak sehingga sulit bagi saya untuk menempatkan kelebihan / kekurangan seperti untuk yang lain. Memang, ada banyak model yang berbeda, yang tidak sama sekali:

Ringkas dengan lensa yang dapat diganti tetapi dengan sensor kecil, dan karenanya kehilangan sebagian besar keunggulan DSLR (tapi mendapatkan kekompakan).

Perangkat dengan sensor besar, tetapi dengan lensa tetap (tidak dapat dipertukarkan). Mereka tidak benar-benar kompak untuk saya, karena mereka lebih berorientasi pada pro dan dengan lensa yang sangat baik dengan aperture besar, dalam focal length tetap pada umumnya.
    
Dan akhirnya kamera dengan sensor yang relatif besar (mikro 4/3, APS-C atau Full Frame, dan lensa yang dapat dipertukarkan. Singkatnya, yang terbaik dari kedua! Namun berhati-hatilah: hybrid dengan sensor Full Frame seringkali memiliki lensa yang sangat besar, dan total kekompakannya tidak jauh lebih kecil dari DSLR.
Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali
Inilah yang dapat diringkas sebagai keuntungan dan kerugian yang umum untuk semua hibrida atau yang serupa:
  • Kekompakan (tidak di saku, tetapi di tas kecil)
  • Seringkali tapi tidak selalu sensor besar, dengan keunggulan terkait (kedalaman bidang yang dangkal, rendering dalam cahaya rendah dan situasi yang kontras)
  • Reaktivitas yang baik (lebih baik daripada compact biasa dan bridge, setara atau sedikit di bawah reflex)
  • Jika berlaku, lensa yang dapat diganti dengan kelebihan dan kekurangannya
  • Kehadiran jendela bidik elektronik pada model-model tertentu

Yah, seperti yang Anda lihat, itu membuat tampak hebat, karena setengah dari karakteristik tergantung pada model. Tapi itu tidak masalah.



Kriteria utama untuk memilih kamera
Setelah pengembangan penting ini, saya akan dapat merinci kriteria penting apa yang harus dilihat ketika Anda membeli kamera, khususnya kamera pertama Anda.

Memang, saya membayangkan bahwa jika Anda menggunakanya, Anda tidak hanya mengambil foto dengan teman-teman Anda di malam hari dan foto liburan. Dalam hal ini, terus terang, beli sendiri compact itu sudah cukup! Tetapi jika Anda ingin membuat foto-foto indah dengan panggilan artistik, atau bahkan untuk memprofesionalkan diri Anda sendiri, memilih sesuai dengan kriteria di bawah ini adalah penting.



Mode Kreatif
Yang sangat penting adalah Anda dapat melakukan penyesuaian yang tepat terhadap karakteristik teknis kamera seperti bukaan diafragma, kecepatan rana, sensitivitas ISO, keseimbangan putih, dll ... Tanpa masuk ke detail di sini, pengaturan ini penting untuk mendapatkan bidikan yang baik dan efek khusus yang membantu Anda mengekspresikan diri saat memotret.

Karenanya, kriteria terpenting adalah bahwa perangkat Anda memungkinkan Anda mengakses mode kreatif, yaitu mode Program, prioritas Apertur, prioritas Kecepatan, dan Manual. Mereka benar-benar sangat penting untuk menguasai gambar Anda. Sebagian besar perangkat menawarkannya, tetapi Anda harus berhati-hati dengan compact yang tidak mahal.

Selain itu, Anda akan melihat bahwa saat digunakan, jauh lebih nyaman untuk memiliki roda khusus yang memungkinkan Anda mengubah mode dengan mudah. Sejauh yang saya ketahui, ini adalah kriteria pembelian untuk perangkat: jika roda tidak ada, saya tidak membeli.

Harap dicatat: beberapa perangkat memungkinkan akses ke mode ini melalui menu, termasuk di antara hybrid. Sejauh yang saya ketahui, itu mengganggu saya, tetapi ini bersifat pribadi.


Kapan dan mengapa saya harus mengganti kamera saya?
Saya menulis artikel ini untuk mereka yang ingin membeli kamera serius pertama mereka, tetapi saya ingin membuat beberapa kalimat untuk membantu mereka yang sudah memiliki kamera, dan enggan untuk mengubahnya. Dalam hal ini, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan yang tepat, dan pikirkan dalam hal kebutuhan dan keterbatasan peralatan Anda saat ini. Pasti ada alasan bagus untuk berganti peralatan, bukan hanya ingin membeli model yang lebih baru.

Idenya adalah untuk mengetahui di mana Anda merasa terbatas saat ini. Dalam banyak kasus, ini dapat dilakukan dengan lensa daripada kamera baru. Saya menyarankan Anda untuk melihat sisi ini terlebih dahulu, karena lensa akan bertahan lebih lama, dan akan mempengaruhi kualitas gambar lebih banyak.

Jika Anda harus mengganti kamera, ketahuilah: autofokus yang lebih baik, sensitivitas ISO yang lebih tinggi, kecepatan burst, dll.


Saya harap artikel cara memilih kamera digital yang panjang ini akan membantu Anda ketika memilih kamera Anda. Pertimbangkan untuk membagikannya kepada teman-teman Anda yang bertanya-tanya, karena saya mengingatkan Anda bahwa kiat-kiat ini masih berlaku, bahkan dalam 1 atau 2 tahun! Dan jangan lupa untuk membagikan artikelnya!

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Kamera Digital untuk Pertama Kali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


SIMAK JUGA: Cara Membuat Email Pakai Verifikasi no telp Amerika dan Kanada
Aplikasi Auto Like Status Facebook
JUAL VPN MURAH LEBIH AMAN DIGUNAKAN DARIPADA YANG GRATISAN

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



CARA DOWNLOAD LAGU MP3 TANPA IKLAN TERBARU 2020