6 Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Negara Jerman

Jerman adalah negara Eropa yang paling maju dan padat penduduknya. Simak ciri khas negara Jerman yang menjadikannya berbeda di artikel ini.

Ciri Khas Negara Jerman – Apa yang kamu pikirkan jika kamu mendengar kata Jerman? Jerman adalah negara Eropa yang paling maju dan padat penduduknya. Jerman dikenal di seluruh dunia karena unggul dalam berbagai hal, termasuk dalam kemajuan ekonomi hingga beragam inovasinya.

Selain terkenal karena pencapaian teknologinya, negara ini juga menghasilkan beberapa komposer, filsuf, dan penyair paling terkenal di Eropa. Jerman juga memiliki ciri khas yang membuat negara ini unik dan menggambarkan ‘Jerman Banget’. Apa saja sih ciri khas negara Jerman? Simak uraiannya berikut ini.

6 Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Negara Jerman

6 Ciri Khas Negara Jerman yang Berbeda Dari Negara Lain

1. Dikenal sebagai Negeri Penyair dan Pemikir
Jerman adalah rumah bagi penulis terkenal di dunia seperti Friedrich Schiller, E.T.A. Hoffmann, G√ľnter Grass dan Maria Stona. Penulis dan filsuf Jerman telah memenangkan 13 Hadiah Nobel. Jerman juga menjadi salah satu negara terkemuka dalam hal membaca buku. International Frankfurt Book Fair merupakan acara buku paling penting di dunia yang diadakan di Jerman.


2. Menjadi Rumah bagi Industri Mobil
Siapa yang tidak tahu merek mobil Volkswagen, Marcedes-Benz, Audi, Porsche, dan BMW? Merek-merek mobil ini merupakan merek mobil buatan Jerman yang sangat populer di dunia. Industri mobil Jerman dianggap sebagai yang paling kompetitif dan inovatif di dunia. Industri otomotif di Jerman juga merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, dengan lebih dari 857.336 tenaga kerja (2016) yang bekerja di industri ini.


3. Memiliki Tradisi Oktoberfest yang Diadakan Setiap Tahun
Oktoberfest adalah salah satu tradisi Jerman paling populer di seluruh dunia, yang diadakan pada akhir September hingga awal Oktober. Festival Oktoberfest ini awalnya dimulai pada bulan Oktober 1810 di pernikahan Pangeran Ludwig di Bavaria dengan Puteri Therese dari Saxony-Hildburghausen.

Perayaan ini berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang menjadi festival 16 hari yang diadakan setiap tahun di Munich.

Festival Oktoberfest adalah salah satu acara yang paling terkenal di kota Munich dan juga merupakan festival terbesar di dunia dan diperkirakan ada pengunjung yang akan datang ke festival tersebut sekitar 6.000.000 pengunjung setiap tahunnya.


4. Hari Minggu merupakan Hari Dimana Toko-Toko Menutup Lapaknya
Jam belanja di Jerman bisa bervariasi tergantung pada kota dan wilayah tetapi satu hal yang sama di mana-mana: toko tutup pada hari Minggu. Umumnya toko-toko Jerman tutup pada hari Minggu dan hanya ada beberapa pengecualian untuk toko roti, toko yang ada di pom bensin, dan toko di stasiun kereta api.

Pengecualian lain adalah Verkaufsoffener Sonntag (belanja hari Minggu). Pengecualian ini terjadi ketika toko kelontong yang lebih besar memiliki jam buka khusus pada hari Minggu tertentu. Verkaufsoffener Sonntag sering jatuh sebelum Natal dan pada hari-hari menjelang liburan.


5. Roti Bukan Sekedar Makanan Sehari-Hari
Orang Jerman memiliki lebih banyak toko roti dan makan lebih banyak jenis roti daripada kebanyakan negara lain di dunia. Orang Jerman makan rata-rata 87 kilogram roti setiap tahun, dan ada toko roti untuk setiap 2.100 orang.

Menurut daftar roti dari German Institute for Bread, sekarang ada lebih dari 3.200 jenis roti yang diakui secara resmi di negara ini. Setiap daerah memiliki variasi roti sendiri, mulai dari roti gandum hitam dan berat di utara hingga roti gandum yang lebih ringan di selatan.

Di Jerman, roti lebih dari sekedar bagian dari makanan sehari-hari, tetapi roti juga menjadi bagian dari budaya. Budaya roti Jerman secara resmi ditambahkan oleh UNESCO ke daftar Intangible Cultural Heritage pada tahun 2015.


6. Memiliki Berbagai Jenis Makanan Tradisional yang Lezat
Beberapa hidangan dan makanan tradisional Jerman diantaranya:

  • Salad kentang Jerman disajikan hangat di Jerman Selatan yang menampilkan bacon, gula, dan cuka anggur putih.
  • Wurst, yang berarti sosis dalam bahasa Jerman. Sosis Jerman populer termasuk bratwurst, bockwurst, currywurst dan leberwurst.
  • Sauerkraut (acar kol) merupakan  lauk khas di meja makan.
  • Wienerschnitzel, filet daging sapi muda yang digoreng, sering menjadi hidangan utama.
  • Makanan penutup tradisional Jerman termasuk kue black forest, stollen (roti ragi manis yang diisi dengan kacang-kacangan dan buah-buahan), dan marzipan yang terbuat dari kacang almond dan gula.

Belum ada Komentar untuk "6 Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Negara Jerman "

Posting Komentar

Atas

Tengah 2

Bawah