8 Fitur Android Keren yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Salah satu hal yang luar biasa tentang Android adalah seberapa intuitifnya itu. Sebagian besar fitur terpentingnya mudah diakses dan dapat diidentifikasi dengan jelas (seperti kecerahan layar). Tetapi ada beberapa fitur berguna yang disembunyikan atau tidak dijelaskan dengan pemahaman secara rinci. Di sini, serbaCARA.com telah mengumpulkan beberapa fitur Android terbaik yang mungkin Anda lewatkan.


1. Cara pintas ke pengaturan lebih cepat
Tombol pengaturan cepat menawarkan cara praktis untuk menyesuaikan fitur Android tertentu. Ikon-ikon ini di bagian atas telepon ketika Anda menarik ke bawah naungan notifikasi, tetapi itu lebih dari sekadar beralih.

Ketuk dan tahan ikon tertentu dan Anda akan dibawa ke halaman khusus di pengaturan. Ini adalah cara cepat untuk mengakses suatu pengaturan saat Anda ingin melakukan lebih dari sekadar menghidupkan atau mematikan suatu program; Saya menggunakannya untuk masuk dengan cepat ke menu Bluetooth untuk pemasangan perangkat manual.

Anda dapat mengunjungi halaman pengaturan untuk Wi-Fi, NFC, data seluler, dan lainnya hanya dengan mengetuk dan menahan ikonnya.


2. Salin teks di menu terbaru
Fungsi ini hanya tersedia di Android Pie dan hanya untuk beberapa perangkat, tetapi berpotensi menjadi fitur terbaik.

Saat melihat aplikasi dengan teks di menu aplikasi terbaru, Anda dapat menyorot dan menyalin teks tanpa membuka aplikasi itu sendiri. Ini tambahan kecil, tetapi yang bisa menghemat waktu saat menyalin atau berbagi konten.

Hanya beberapa telepon kami yang memiliki fitur ini sekarang, tetapi saya menduga itu akan diluncurkan lebih lanjut di masa depan. Lihat apakah itu berfungsi di Android Anda juga dengan menekan tombol aplikasi terbaru dan kemudian mengetuk dan menahan beberapa teks. Jika tidak berfungsi maka tetap harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.


3. Pintasan untuk aplikasi Anda
Ketuk dan tahan ikon aplikasi pada perangkat yang menjalankan Android Nougat atau lebih baru dan jika aplikasi mendukungnya, maka berbagai pintasan akan muncul dalam gelembung. Ini merupakan smart fitur, yang memungkinkan pengguna untuk secara efektif melakukan teleport ke bagian tertentu dari aplikasi alih-alih memanfaatkannya. Tetapi itu datang dengan manfaat sekunder: Anda dapat mengetuk dan menahan pintasan aplikasi untuk mengubah salah satu dari itu menjadi tombol pintasan.

Misalnya, ketuk dan tahan WhatsApp dan daftar pintasan akan muncul, termasuk kontak terbaru. Ketuk dan tahan salah satu kontak itu dan Anda dapat meletakkan di layar beranda untuk akses yang lebih cepat ke kontak tersebut.

Ini bekerja untuk hal-hal lain juga. Ingin menyematkan daftar putar Spotify yang baru-baru ini diputar di layar beranda Anda? Bagaimana dengan menambahkan tombol untuk memuat rute rumah Anda melalui Google Maps? Cukup ketuk dan tahan ikon yang bersangkutan, lalu ketuk dan tahan pintasan yang relevan dan letakkan di mana pun Anda inginkan (perhatikan Anda harus memiliki alamat rumah yang disiapkan di Google Maps, atau daftar putar Spotify yang baru-baru ini diputar, untuk mencapai salah satu dari fitur ini) .

Anda akan menemukan kemungkinan pintasan yang sama di tempat lain di masing-masing aplikasi jika Anda ingin menggali, tetapi metode ini bagus untuk menemukan kemungkinan pintasan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


4. Bertukar dengan cepat antara dua aplikasi terbaru Anda
Fitur ini sudah ada sejak Android Nougat tetapi itu salah satu yang mudah dilupakan.

Mengetuk dua kali tombol aplikasi terbaru akan mengembalikan Anda ke aplikasi Anda sebelumnya, yang berarti Anda dapat dengan cepat beralih di antara dua aplikasi terbaru Anda tanpa membuka menu khusus. Ini adalah penghemat waktu yang luar biasa, bahkan jika transisi animasi bisa menjadi sedikit janky.


5. Lagu apa ini?
Ponsel Android dilengkapi dengan widget bernama "Sound Search" yang bertindak sebagai jalan pintas ke fitur Google "lagu apa ini?". Ini memungkinkan smartphone Anda untuk mendengarkan musik - baik itu dari TV, radio, atau lainnya - untuk mengetahui lagu apa yang sedang diputar.

Sound Search sangat cocok untuk jika Anda ingin mengetahui siapa yang menyanyikan lagu sebelum musik tersebut habis dan menghilang selamanya karena belum tahu lagu tersebut.

Biasanya, Anda harus membangunkan Google Assistant, tekan tombol rekam, dan tunggu tombol "lagu apa ini?" Untuk muncul. Atau, Anda bisa mengatakan: "OK Google, lagu apa ini?" Yang mungkin atau mungkin tidak didengar tergantung pada seberapa keras itu dan seberapa jelas Anda berbicara.

Widget Sound Search menyelesaikan masalah ini dengan mendengarkan musik hanya dengan satu ketukan tombol - sempurna jika Anda ingin mencari tahu siapa yang menyanyikan lagu dan judul lagu sebelum menghilang selamanya. Cukup ketuk dan tahan ruang kosong di layar beranda Anda, ketuk "widget," lalu geser di sepanjang menu ke widget Sound Search. Ketuk untuk membuangnya ke layar beranda yang Anda inginkan.


6. Atur pesan layar kunci
Ini adalah fitur Android yang banyak orang ketahui tetapi kadang-kadang penggunaan yang salah. Alih-alih membuat pesan "Perangkat Saya" - atau sesuatu yang sama sekali tidak berguna - saya lebih suka memasukkan alamat email atau nomor telp sebagai pesan layar kunci saya, untuk nanti kalau perangkat saya hilang. Dengan begitu, jika seseorang menemukannya, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengirimi saya email untuk mengatur pengembaliannya.

Pengaturan pesan layar kunci ada di menu “Layar awal dan wallpaper” di ponsel saya, tetapi Anda dapat menemukannya di opsi keamanan di ponsel Anda.


7. Sembunyikan konten pemberitahuan layar kunci
Pemberitahuan layar kunci sangat bagus untuk memberikan pandangan sekilas pada pesan baru, tetapi pesan tersebut terkadang mengandung materi sensitif. Saat Anda berada di sekitar orang lain, Anda mungkin ingin merahasiakan pemberitahuan ini.

Di menu pengaturan "pemberitahuan" ponsel Anda (atau "layar kunci dan keamanan" atau yang serupa), Anda akan menemukan opsi untuk menonaktifkan notifikasi ini , tetapi ada juga cara untuk mendapatkan yang terbaik. Opsi "tampilkan tetapi sembunyikan konten" akan memungkinkan notifikasi sembari tetap menyimpan kontennya pribadi hingga ponsel tidak terkunci.


8. Aktifkan alarm Anda saat telepon mati
Hampir semua ponsel Android modern mendukung fitur ini meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya. Jika Anda ingin menghemat baterai perangkat di sepanjang malam, Anda dapat mematikan telepon dengan aman tanpa memengaruhi alarm pagi Anda.

Atur saja alarm Anda seperti biasa, matikan telepon Anda, dan itu akan hidup sekitar satu menit sebelum alarm berbunyi siap untuk membangunkan Anda. Beberapa handset bahkan mengingatkan Anda bahwa ponsel Anda akan bangun ketika alarm dimulai; tombol tunda yang sangat penting akan ada untuk Anda juga.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah

Loading...