12 Tips dan Cara Edit Video bagi Pemula

Jika Anda ingin video Anda terlihat profesional, Anda harus mengetahui beberapa keterampilan mengedit video. Melalui pengeditan video, maka video dapat dipoles dengan banyak efek khusus yang berbeda untuk memikat penonton agar menonton video Anda.

12 Tips Cara Mengedit Video Terbaik Untuk Pemula

Berikut ini adalah 12 tips tentang cara edit video untuk pemula.

12 Tips dan Cara Edit Video bagi Pemula

1. Pilih Aplikasi Editor Video
Pertama-tama, Anda harus memikirkan bagaimana Anda akan mengedit video, apakah Anda ingin menggunakan editor desktop atau editor online. Jika Anda menggunakan editor online, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli perangkat lunak, tetapi Anda akan mengalami beberapa batasan.

Editor online sangat bagus untuk mengedit video pendek yang memiliki ukuran file kecil. Sebagai pemula, Anda dapat menemukan perangkat lunak video yang lebih mudah seperti drag dan drop timeline dan slider untuk menyesuaikan pengaturan video. Jika Anda adalah pengguna tingkat lanjut, Anda dapat memilih editor video yang lebih canggih.


2. Investasikan dalam Hardware yang Baik untuk Komputer Anda
Jika Anda akan mengedit video besar, Anda tidak hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak pengeditan video yang baik tetapi juga komputer dengan spesifikasi tinggi.

Jika komputer Anda lemot, editor video Anda akan sering hang dan crash, dan Anda harus mulai dari awal untuk mengedit video Anda. Karena itu, Anda harus berinvestasi dalam SSD cepat, RAM tinggi minimal 8 GB, prosesor cepat, dan kartu grafis berkualitas tinggi.


3. Buat Cerita untuk Video Anda
Jika Anda ingin orang menonton video Anda, Anda harus membuat storyboard yang menarik untuk ditonton orang. Saat mengedit video, Anda dapat menggunakan trimming tool untuk memotong rekaman ekstra sampai semua klip mengalir ke dalam cerita yang Anda rencanakan.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak cropping video online untuk memangkas elemen yang bukan milik storyboard video Anda. Jika Anda ingin meningkatkan ceritanya, Anda dapat menambahkan transisi dan efek khusus.


4. Terorganisasi
Penting untuk diatur ketika Anda mengedit video Anda. Ini berarti Anda harus mengatur semua file yang Anda butuhkan untuk membuat video ke folder sebelum mengimpornya ke perangkat lunak.

Saat Anda mengimpor video ke perangkat lunak, putar kembali, dan tandai tempat di mana Anda ingin menghapus bagian yang tidak perlu. Kemudian atur ulang klip sesuai urutan yang Anda butuhkan.


5. Menguasai Keyboard Shortcuts
Anda harus mencoba menguasai semua pintasan keyboard yang didukung di editor video. Jika Anda menggunakan keyboard shortcuts, Anda akan dapat mengedit video Anda lebih cepat. Jika Anda mampu membelinya, Anda dapat membeli keyboard pengeditan dengan tombol pintas yang memungkinkan Anda untuk mengakses fungsi yang Anda butuhkan dengan cepat.

Salah satu cara untuk menguasai keyboard shortcuts adalah dengan mencetak lembar disertai cara keyboard shortcuts. Anda dapat mencari di internet untuk lembar contekan pintasan keyboard gratis untuk mengunduh dan mencetak. Anda memiliki opsi untuk mengubah pintasan keyboard pada lembar contekan sesuai kenyamanan Anda.


6. Pelajari Beberapa Ketentuan Pengeditan Video
Sebelum Anda mulai mengedit, Anda harus mempelajari berbagai istilah video seperti jumр cuts, J cut, L сut, cutting оn асtіоn, mаtсhеd cuts, аnd mоntаgе. Istilah-istilah ini sering disebutkan dalam tutorial editor video. Karenanya jika Anda mengetahui istilah-istilah ini, Anda akan dapat memahami cara mengedit video.

Tidak perlu mempelajari semua istilah pengeditan video. Anda hanya perlu mempelajari beberapa istilah dasar untuk memiliki pengetahuan dasar tentang istilah tersebut.


7. Tambahkan Musik ke Latar Belakang Video
Orang-orang suka menonton video Anda sebagian karena suka musik yang diputar di latar belakang video Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan musik ke video Anda. Anda dapat menemukan musik untuk disertakan dalam latar belakang video Anda di toko musik bebas royalti online.

Banyak orang tidak akan membeli musik bebas royalti dan lebih suka menggunakan musik gratis yang dapat mereka temukan di internet. Namun Anda harus ingat bahwa musik gratis yang Anda unduh dapat memiliki hak cipta.

Musik tidak boleh mengalahkan suara asli dalam video. Jika musik klip bertentangan dengan trek audio tambahan, Anda dapat memilihnya di timeline dan menghapusnya. Atau Anda dapat memilih trek audio dan menuju ke pengaturan untuk menyesuaikan volume.

Anda dapat mengatur tingkatan volume hingga musik klip, dan trek audio tambahan menyatu secara bersamaan. Setelah selesai menambahkan trek musik, Anda dapat memutar ulang dan melihat apakah ada kebutuhan untuk menyesuaikan. Jika narator mengatakan sesuatu dalam urutan yang salah, Anda dapat memotong bagian dengan alat pemangkasan dan memindahkannya ke depan.


8. Jangan Berlebihan dalam Memotong Video
Banyak orang berpikir bahwa meng-edit video adalah untuk memangkas banyak bagian. Jika Anda memotong terlalu banyak bagian, cerita video akan terlihat seperti versi singkat yang disingkat. Oleh karena itu cukup potong klip yang cukup untuk membuat kisah video menarik untuk ditonton. Idealnya, klip harus disimpan antara 2 - 10 detik.

Anda dapat mengizinkan orang di video untuk berbicara lebih lama sebelum memotong. Menempatkan terlalu banyak klip di video akan membuat penonton bosan. Lagi pula mereka ingin menonton bagian yang menarik. Mereka tidak tertarik dengan aktivitas duniawi yang Anda tampilkan di video. Menurut penelitian, otak manusia dapat menyerap sebagian besar detail ketika mereka menonton video 5 detik.


9. Tambahkan Efek Khusus ke Video
Saat ini, sudah umum untuk melihat video yang dihosting sendiri dengan beberapa efek khusus. Menambahkan efek khusus dengan cara yang benar dapat memberi orang kesan bahwa video Anda profesional.

Menambahkan karakter host profesional Anda dan over suara, video Anda akan menyukai produksi TV. Efek khusus tidak boleh terlalu buruk dan terlalu banyak perhatian dari penonton.


10. Perbaiki White Balance
Wajar bahwa video memiliki pencahayaan yang salah. Ini biasanya terjadi ketika ada konflik pencahayaan antara pencahayaan dalam ruangan dan pencahayaan luar ruangan. Misalnya, Anda membuka lampu kamar, lalu memfilmkan subjek di dekat jendela tempat sinar matahari masuk.

Masalah ini dapat diperbaiki dengan menyesuaikan white balance. Alat white balance dapat memodifikasi putih yang salah agar terlihat seperti putih asli.


11. Tambahkan Intro dan Outro ke Video
Jangan langsung memutar konten saat video dimulai. Sebagai gantinya, tambahkan intro di awal sehingga orang akan tahu saluran apa yang mereka buat dan siapa yang membuat video. Pada intro, Anda juga dapat menambahkan pegangan media sosial. Jika Anda kurang kreativitas dalam membuat intro yang menarik, Anda dapat menggunakan gaya judul animasi di editor video.

Judul animasi menampilkan font dan judul tertentu yang bergerak melintasi layar untuk membuat intro Anda terlihat profesional. Jika Anda ingin membuat video Anda terlihat seperti acara TV, Anda juga dapat menambahkan outro yang mencantumkan nama host dalam video. Outro juga merupakan tempat untuk menambahkan info yang memberi tahu pengunjung Anda untuk mengambil tindakan yang dapat menyebabkan konversi.


12. Komputer Anda Harus Memiliki Memori RAM Yang Cukup
Sebelum membeli software editor video, pertama-tama periksa persyaratan minimum RAM. Jika komputer Anda tidak memenuhi persyaratan minimum, pengeditan mungkin tidak berjalan lancar. Memiliki RAM yang cukup memungkinkan software untuk memproses pengeditan Anda dengan cepat tanpa lag.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah