Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Dilengkapi Gambar

Mencari bagaimana cara merubah jaringan 3g ke 4G di setiap ponsel entah itu di ponsel Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Realme, dan lainnya. Setiap ponsel pastilah berbeda-beda langkahnya akan tetapi inti penggunaanya tetap sama yakni pertama dilakukan di aplikasi Setelan.

Meskipun sekarang sudah akan ada 5G di beberapa negara tetapi di Indonesia sendiri masih menikmati jaringan 4G, karena operator membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pindah ke 5G. 4G di klaim memiliki kecepatan internet yang super cepat meskipun masih lebih cepat dari 5G akan tetapi masih lebih cepat dari 3G. Mungkin Anda sekarang masih menggunakan jaringan 3G di ponsel Android Anda. 4G merupakan teknologi yang lebih baru, lebih baik dari 3G dan sudah ada sejak lama hingga sekarang.

4G hanyalah singkatan dari generasi keempat, dan itu disebut 4G karena itu adalah generasi keempat teknologi mobile, sebagai lanjutan dari 2G dan 3G.

4G kadang-kadang disebut sebagai LTE (Long Term Evolution) dan mirip dalam banyak hal dengan 3G, karena memungkinkan Anda untuk menggunakan data untuk menelusuri internet, bermain game online, download dan streaming, dan banyak lagi, 4G melakukannya jauh lebih cepat dari 3G.

Sebagian besar mengapa ponsel kita menjadi lebih seperti komputer. Karena tidak hanya prosesor saja yang lebih cepat, tetapi kemampuan untuk melakukan hal-hal secara online juga sedemikian cepat.

Seberapa Cepat 4G itu?
Standar 4G, awal mulanya diluncurkan oleh semua jaringan di Inggris, menawarkan kecepatan download rata-rata sekitar 14Mbps, kira-kira tiga kali lebih cepat dari standar 3G (yang rata-rata sekitar 3Mbps), dan lebih dari dua kali lebih cepat dari 3G HSPA + yang merupakan bentuk 3G yang lebih canggih dengan kecepatan download rata-rata sekitar 6Mbps.

Namun, sementara rata-rata sekitaran 14Mbps, standar 4G secara teoritis kecepatan jauh lebih tinggi, berpotensi sekitar 150Mbps. Singkatnya, 4G jauh lebih cepat daripada 3G, yang berarti Anda dapat memiliki pengalaman online yang jauh lebih lancar.

Misalnya Anda dapat download file 2GB (seperti 1 film atau 1 game besar) bisa selesai dalam 3 menit dan 20 detik menggunakan 4G, sementara itu akan memakan waktu hampir setengah jam saat menggunakan 3G.

Nah itu beberapa hal tentang 4G, namun disini kita tidak akan membahas tentang 4G lebih jauh karena sesuai judul artikel, yakni kita akan membahas Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Tanpa Gagal.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Melalui Setelan atau Pengaturan

  1. Buka aplikasi Setelan atau Pengaturan

  2. Di menu Setelan pilih "Kartu SIM & Jaringan selular"

  3. Selanjutnya pilih nama operator yang Anda gunakan. 
    cara merubah jaringan 3g ke 4g
  4. Lalu pilih "Tipe jaringan prioritas" dan pilih "Prioritas LTE", atau 2G/3G/4G. Tergantung jenis ponsel Anda, tetapi langkahnya tetap ada kemiripan 80%.

  5. Selanjutnya akan muncul sinyal 4G di info jaringan Android Anda. Jika tetap tidak muncul pastikan daerah Anda sudah tercover 4G, meskipun daerah Anda sudah tercover 4G biasanya juga susah mendapatkan sinyal 4G karena terhalang banyak objek seperti, pohon, tembok, dan mungkin tanah di daerah Anda tidak datar sehingga sinyal 4G dari tower operator tidak menjangkau ponsel Android Anda.

Baca Juga: 6 Aplikasi Penguat Sinyal 4G Untuk Android

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Yang Masih Terkunci
Biasanya Hp dari cina menu jaringan 4G nya terkunci sehingga Anda harus menggunakan cara mengubah ke 4G menggunakan Dial Pad. Ini biasanya terjadi secara tiba-tiba sinyal hilang dengan sendirinya. Untuk melakukanya Anda tinggal akses *#*#4636#*#* melalui Dial pad di Android Anda.

  1. Pilih Informasi telepon1 (tergantung kartu SIM Anda di SIM 1 atau 2), kalau di 2 maka pilih yang ke 2.

  2. Klik drop-down di Setel Jenis Jaringan yang Disukai 
  3. Pilih "LTE only", juga bisa pilih "LTE/TD-SCDMA/UMTS"

  4. Kemudian sinyal 4G akan muncul di info jaringan.

Satu-satunya hal yang diperhatikan adalah smartphone Anda harus sudah mendukung 4G, tetapi sebagian besar ponsel Android saat ini sudah mendukung jaringan 4G semua. Bahkan, beberapa smartphone tidak lagi menjual perangkat seluler 3G.

Mungkin cukup itu saja tentang cara merubah jaringan 3G ke 4G tanpa gagal. Jika pun gagal mungkin itu karena daerah Anda minim terjangkau jaringan 4G atau juga bisa karena ponsel Anda memiliki frekuensi yang lemah untuk menangkap jaringan 4G. Jadi dicoba juga di tempat lain, atau bisa coba langsung di dekat tower operator yang Anda gunakan.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah

Loading...