Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar

Menganggap menggunakan mesin cuci itu mudah? Tidak selalu! Pastikan Anda tahu persis cara menggunakan mesin cuci, penting untuk memastikan pakaian Anda keluar dari cucian segar harum dan bersih setiap waktu.

Jadi, apakah Anda baru saja membeli mesin cuci baru atau mencari beberapa tips tentang cara memaksimalkan mesin cuci yang ada, bacalah panduan diwabah ini untuk melakukan dan  menggunakan mesin cuci!

Jadi, Anda telah mengambil risiko dan membeli mesin cuci pertama Anda. Selamat! Dunia kenyamanan yang sepenuhnya baru adalah milik Anda untuk dinikmati. Tapi bagaimana Anda menggunakan mesin cuci? Seperti semua teknologi baru, mesin cuci menyajikan Anda dengan berbagai tombol yang mungkin membuat Anda bingung. Ini lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Baca terus untuk mengetahui cara menggunakan mesin cuci untuk pertama kalinya, dan bernapas lega mengetahui cucian Anda akan dirawat dengan baik.


Cara Menggunakan Mesin Cuci Untuk Pemula

Pastikan jenis mesin cuci Anda dengan penggerak yang besar sehingga dapat memutar air dengan berbagai pakaiannya. Jika jenis msenin cuci Anda penggeraknya kecil maka harus sedikit-sedikit memasukan pakaian yang mau di cuci. Mari kita mulai dengan mengikut yang dijabarkan serbaCARA.com dibawah ini:


Langkah 1:
Pertama jika mesin cuci Anda bukan baru atau sebelumnya sudah digunakan berkali-kali, maka bersihkan terlebih dahulu bagian pemutar air dan kantong penyaring kotoran jika ada.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 2:
Masukkan pakain dan air secukupnya. Ingat jangan memasukan pakainya langsung banyak sesuaikan kekuatan penggerak mesin cuci Anda, karena jika kebanyakan membuat cucian tidak bersih karena putaran airnya lambat karena keberatan. Masukan warna pakaian yang cerah dengan yang cerah, yang gelap bersama yang gelap semua, jangan dicampur karena biasanya yang cerah warnanya akan memudar seperti pakaian baru jika dicuci warnanya akan memudar. Jika warna cerah dan masih baru lebih baik di cuci sendiri, jangan di ikut sertakan ke mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar
Untuk airnya juga jangan banyak-banyak, sesuaikan ukuran, biasanya di dekat kantong penyaring kotoran ada batas L, M, dan H. Itu adalah batas air yang di masukan. Jangan lupa untuk menutup pembuangan air menggunakan tombol putar ke NORMAL.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 3:
Kemudian masukan deterjen bubuk saat pakain dan air sudah terisi sesuai batas maksimal. Masukan tiga sendok deterjen bubuk agar pakaian bersih maksimal. Jangan menggunakan deterjen lain selain deterjen bubuk.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 4:
Selanjutnya putar tombol WAKTU PENCUCIAN, untuk sesi pertama putar hingga 15 yang artinya mesin cuci melakukan pencucian selama 15 menit untuk sesi pertama dan akan mati sendiri jika sudah 15 menit atau tombol putaranya sudah habis ke angka 0.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 5:
Apabila proses pencucian sesi pertama sudah selesai maka tinggal buang airnya dengan memutar tombol ke arah KURAS. Langkah ini biasanya memiliki busa yang banyak sehingga ketika air masih ada maka Anda harus tarik semua pakaian ke sebelah dan geser busa ke sebelahnya, ini supaya kotoran tidak mengendap di pakaian dan kotoran biar langsung ikut terkuras bersama air.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 6:
Kemudian bersihkan semua busa dan kotoran yang masih tersisa dengan cara menyiram dengan air, gunakan selang agar lebih mudah untuk membersihkanya. Kotoran dan busa akan ikut terbuang bersama air, kemudian balik semua pakaian dan bersihkan kotoran dengan air. Ini suapaya hasil cucian bersih maksimal.
Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar


Langkah 7:
Selanjutnya tutup kembali pembuangan air, dan masukan kembali air seperti pertama. Ini pencucian sesi ke 2, tinggal ulangi saja dari awal. Minimal melakukan pencucian hingga 3 kali untuk hasil yang bersih maksimal. Namun 2 kali juga sudah cukup jika pakaian tidak terlalu kotor sekali. Untuk sesi ke 2 dan seterunya tidak perlu memasukan deterjen lagi, jadi masukan air bersih saja, jika perlu di sesi terakhir masukan pewangi agar pakaian lebih harum.

Untuk sesi ke 2 Waktu Pencucian-nya putar menjadi 12 yang artinya 12 menit, dan untuk sesi ke 3 putar ke 9 dan seterusnya.


Langkah 8:
Jika sudah sesi terakhir sudah selesai tetap buang airnya dan masukan kembali air bersih. Saat air sudah penuh pindahkan pakaian ke bagian mesin PEMERASAN. Saat memindahkan bisa sambil kucek sedikit-sedikit pakaiannya. Untuk memindahkan satu-satu jangan langsung semuanya karena itu bisa membuat pemutar Pemerasan berputar tidak stabil sehingga hasil pemerasan tidak akan bagus.

  1. Caranya ambil satu per satu pakaianya dan masukan ke dalam pemerasan secara melingkar hingga penuh, ambil pakaian yang paling berat terlebih dahulu.
    Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar
     
  2. Jika sudah masukan penutupnya dan tekan kebawah sekuat-kuatnya.
    Cara Menggunakan Mesin Cuci Lengkap Disertai Gambar
  3. Tutup penutup berikutnya hingga semua tertutup dan putar tombol ke arah 5 yang dimana itu adalah melakukan pemerasan selama 5 menit.
  4. Mesin pemerasan akan mati otomatis dan tinggal ambil pakaianya dan jemur di bawah sinar matahari.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan bekas cucian dengan menyiram air, karena jika tidak dibersihkan langsung maka lama-lama akan kering dan susah untuk dibersihkan.

Jangan mencuci atau memutar mesin tanpa air di dalamnya, Jika air sedikit atau tidak ada dan hanya ada pakaian maka akan membuat V-Belt mesin cuci cepat kendor dan putus.

Mungkin itu saja mengenai cara menggunakan mesin cuci untuk pemula. Mesin cuci memang memberi kemudahan dan kenyamanan dalam mencuci karena prosesnya dilakukan oleh mesin, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar maka kotoran yang menempel di pakaian tidak akan hilang. Selamat mencoba!

Atas

Tengah 2

Bawah