Cara Memperbaiki Error 491 di Android Saat Proses Unduh Aplikasi

Saat Anda download aplikasi dari Play Store di ponsel Android Anda, Anda mungkin telah mengalamai yang disebut error 491. Sekarang, error ini dapat menjadi bagian dari masalah yang lebih besar pada ponsel Anda atau mungkin hanya percabangan dari beberapa data atau proses yang rusak .

Apa pun yang mungkin menjadi penyebab error 491 ini, Anda harus menyelesaikannya sebelum Anda dapat mengunduh lebih banyak aplikasi di ponsel Anda. Tetapi sebelum memecahkan masalah, Anda harus terlebih dahulu memahaminya. Jadi, dalam artikel ini kita akan lihat apa sebenarnya error 491 ini, bagaimana penyebabnya, dan akhirnya kita akan melihat lima cara berbeda di mana Anda akan dapat mengatasi masalah ini.

Untuk kinerja ponsel Android berkelanjutan tanpa error, penting untuk mengikuti langkah-langkah cara memperbaiki error 491 di Android.


Apa itu Error 491?
Error 491 menandakan bahwa ada yang salah saat Anda mengunduh aplikasi di ponsel Android Anda. Dan ini membuat unduhan tidak dapat dilakukan saat ini. Error ini adalah salah satu error  paling umum yang dihadapi pengguna Android dan bisa sangat merepotkan saat mengunduh aplikasi penting. Mari kita lihat penyebab paling umum dari error ini:

Hindrance in Download
Salah satu alasan utama pengunduhan aplikasi Anda berhenti dan terjadi error 491 berkedip di layar ponsel Anda bisa menjadi penghalang dalam pengunduhan. Pengunduhan telah dimulai dengan baik, tetapi di tengah proses ada yang tidak beres, dan keseluruhan unduhan macet. Rintangan ini dimungkinkan karena pecahnya jaringan secara mendadak atau penonaktifan koneksi internet. Ini dapat dengan mudah dibalik jika Anda menghapus file yang diunduh dan memulai ulang unduhan.

Kurangnya Ruang Penyimpanan
Alasan kedua yang paling umum untuk error 491 bisa jadi adalah tidak ada ruang yang cukup di memori internal ponsel Android Anda dan kartu SD eksternal yang dicolokkan ke ponsel Android Anda. Karena tidak ada ruang bagi aplikasi untuk menginstal dan memperluas sendiri, itu tidak akan mengunduh, dan sampai ada cukup ruang pada ponsel Anda, unduhan akan gagal setiap saat.

Data Corruption
Alasan mengapa error 491 mungkin terus-menerus berkedip pada ponsel Anda, dan apa pun yang Anda lakukan, notifikasi tampaknya tidak berjalan, mungkin karena Data Corruption. Jika Anda mengunduh langsung dari App Store di Android, maka alasan ini sangat jarang. Tetapi jika Anda mengunduh aplikasi dari situs web pihak ketiga, maka aplikasi tersebut dapat memiliki file yang rusak dan mungkin juga membawa virus ke ponsel Anda.

Cara Memperbaiki Error 491 di Android Saat Proses Unduh Aplikasi
Pesan Error 491

Semua alasan ini telah diketahui dengan baik dan merupakan alasan paling menonjol untuk error 491 muncul ke permukaan dan menghentikan Anda mengunduh apa pun hingga masalah teratasi. Jika ponsel Anda memiliki ruang yang cukup, tidak ada kerusakan pada jaringan Anda, dan Anda sepenuhnya yakin bahwa file yang Anda unduh tidak rusak, maka Anda tidak perlu panik. Kesalahan juga dapat disebabkan oleh perangkat lunak prosesor yang salah atau bahkan download manager yang rusak.


Cara Memperbaiki Error 491 di Ponsel Android Anda

Apa pun yang menjadi alasan error 491 di ponsel Android Anda, itu masih bisa diperbaiki. Dan berikut adalah lima metode berbeda yang akan membantu Anda memperbaiki error 491 di ponsel Anda saat mengunduh aplikasi di ponsel Android:


1. Restart Ponsel Android Anda
Saat menghadapi error 491 di ponsel Android Anda saat mengunduh aplikasi, opsi pertama yang dapat Anda coba untuk memperbaiki error 491 adalah menyalakan ulang ponsel Anda. Memulai ulang akan mem-boot ulang pemrosesan ponsel Anda dan mudah-mudahan akan mengembalikannya ke mode sebelum error 491.

Cara Memperbaiki Error 491 di Android Saat Proses Download Aplikasi

Yang harus Anda lakukan adalah memegang telepon Anda, dan tekan tombol Power di samping tombol Volume bawah bersama-sama dan tekan tahan sampai layar mati dengan sendirinya. Perhatikan saat ponsel Anda mati, tunggu beberapa menit dan kemudian tekan lama tombol Power dan perhatikan ketika ponsel Anda restart. Reboot ini akan memperbaiki error 491 sepenuhnya dan memberi Anda opsi untuk mengunduh semua aplikasi Anda dengan lancar.

Jika ponsel Anda stop dan tidak menanggapi penekanan tombol-tombol eksternalnya saat menampilkan error 491, Anda dapat membuka telepon dari belakang, dan mengeluarkan baterainya secara paksa. Pencopotan paksa baterai ini akan memaksa ponsel Anda mati. Dan ketika Anda sekali lagi, pasang baterai, Anda akan menemukan ponsel Anda reboot sendiri. Metode ini seharusnya hanya digunakan dalam kasus-kasus darurat, jika tidak itu sebenarnya dapat merusak antarmuka antara ponsel Android Anda dan baterainya.


2. Ubah Setelan Jaringan
Metode kedua untuk memperbaiki error 491 di ponsel Android Anda ketika berhenti mengunduh aplikasi , bisa mencoba mengubah pengaturan jaringan Anda secara sederhana. Biasanya, jaringan data dapat memiliki berbagai kekuatan fluktuasi , dan ini bagus jika Anda melakukan streaming atau hanya memeriksa media sosial Anda, karena pemuatan di area tersebut dapat dilakukan di beberapa jalur.

Namun di sisi lain, saat mengunduh aplikasi, keseluruhan unduhan harus terjadi secara terus menerus dan tanpa gangguan sedikit pun, karena gangguan tersebut dapat menyebabkan seluruh proses unduhan gagal dan segera berhenti. Jika Anda tidak terbiasa dengan mengubah pengaturan jaringan, maka izinkan serbaCARA.com untuk memandu Anda langkah demi langkah cara mengatasi Error 491 dengan mengubah setelan jaringan dibawah ini:

  1. Buka menu aplikasi di ponsel Anda, dan cari panel 'Setelan' dan klik di atasnya.
  2. Setelah Anda membuka Setelan, klik ikon ‘Kartu SIM  & Jaringan selular’ dan pilih ‘Tipe jaringan prioritas’.
    Cara Memperbaiki Error 491 di Android Saat Proses Unduh Aplikasi
  3. Setelah  jendela baru akan terbuka dan Anda akan dapat mengubah pengaturan jaringan Anda ke LTE, 3G, 2G, atau 4G, bisa dicoba satu-persatu.

Setelah Anda selesai mengubah pengaturan jaringan, Anda perlu mencoba kembali apakah error 491 masih terjadi dan unduhan sudah lancar, tetapi jika tetap tidak berhasil maka mari kita lihat metode ketiga.


3. Menghapus Cache
Jika penyebab ponsel Anda menunjukkan error 491 adalah kurangnya penyimpanan, tetapi Anda tidak ingin menghapus aplikasi lama Anda untuk menginstal yang baru. Maka Anda harus mencoba dan menghapus semua cache yang ada di ponsel Anda di aplikasi Play Store. Berikut adalah langkah-langkah yang akan memandu Anda melakukan itu:

  1. Buka Setelan sekali lagi di ponsel Android Anda dan pilih opsi ‘Aplikasi’.
  2. Buka Aplikasi dan cari ikon Google Play Store. Buka aplikasi dan klik ‘Penyimpanan’.
    Cara Memperbaiki Error 491 di Android Saat Proses Unduh Aplikasi
  3. Penyimpanan akan memandu Anda ke jendela baru, di sini pilih opsi ‘Hapus Data’ dan data cache akan terhapus.

Ini seharusnya mengatasi kesalahan 491 dari ponsel Anda. Tetapi marilah kita melihat dua cara lagi untuk melakukan itu.


4. Hapus Partisi Cache
Error 491 dapat terjadi karena berbagai alasan, dan dapat diperbaiki menggunakan metode menghapus partisi cache dari telepon Anda. Sekarang untuk melakukan itu, Anda perlu menekan dan menahan tombol Volume di telepon Anda di samping tombol Power. Tekan kedua tombol tersebut bersama selama beberapa detik. Getaran akan terjadi, dan Anda harus melepaskan tombol tersebut. Setelah itu, layar baru akan muncul. Klik ‘Wipe cache partition’, dan error 491 akan diperbaiki.


5. Keluar dan Masuk Kembali Akun Google
Metode terakhir yang melaluinya Anda dapat mengatasi proses error 491 dan mendapatkan kemampuan untuk mengunduh aplikasi di ponsel Android Anda adalah logout dan kemudian kembali masuk akun Google Anda secara sederhana. Buka menu akun Google Anda dan logout dari akun Anda. Kemudian buka menu Setelan dan hapus akun Google Anda di menu Sinkronkan.

Setelah Anda selesai, yang harus Anda lakukan adalah me-restart telepon Anda dan kemudian login kembali ke akun Anda. Dan error 491 akan hilang dari ponsel Android Anda.

Rekomendasi: sebelum memulai proses cara memperbaiki error 491, terlebih dahulu perlu untuk membuat cadangan semua data Anda. Satu kesalahan sederhana dapat menyebabkan Anda kehilangan semua data Anda dalam proses perbaikan. Cara terbaik untuk membuat cadangan ponsel Android Anda adalah melalui penggunaan Cara Backup Data Ponsel Android.

Atas

Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel