Cara Belanja di Tokopedia Terbaru Lengkap Disertai Gambar

Jika Anda sedang mencari cara belanja di Tokopedia maka artikel ini akan memberi Anda panduan lengkap tentang cara membeli barang di Tokopedia. Bagi yang belum pernah melakukan belanja di Tokopedia mungkin sebagian akan bertanya-tanya bagaimana cara beli barang di Tokopedia? apakah aman beli barang di Tokopedia?

Disini serbaCARA.com akan memberi sedikit penjelasan tentang marketplace Indonesia ini. Tokopedia awalnya merupakan situs untuk jual beli secara online dan hingga kini merambat ke aplikasi smartphone. Tokopedia hampir mirip dengan mall yakni dapat membuka toko di Tokopedia dengan sebuah akun, namun dengan Tokopedia tanpa ada biaya sepeserpun alias gratis tidak seperti di mall harus bayar jika ingin berjualan disana, seprti menyewa toko dan lain-lain. Mungkin itu sedikit penjelasan tentang Tokopedia.

Jika Anda ingin belanja di Tokopedia maka semua aktivitas jual beli akan lebih aman karena uang yang kita bayarkan tidak langsung ke tangan sang penjual hingga barang benar-benar sampai ke tangan Anda. Apabila barang sudah sampai ke tangan Anda dengan selamat maka Anda tinggal konfirmasi nantinya.

Cara Belanja di Tokopedia Terbaru Lengkap Disertai Gambar

Cara Belanja di Tokopedia Lengkap

Untuk langkah demi langkah belanja di Tokopedia ini sangatlah sama saja mau di akses melalui Smartphone maupun PC/Laptop. Yang membedakan hanyalah tampilanya karena jika menggunakan Smartphone kita akan menggunakan Aplikasi Tokopedia dan jika menggunakan Komputer pakai web.

Namun di tutorial ini kita akan belajar belanja di Tokopedia melalui Smartphone karena dengan ponsel lebih fleksibel dan mudah dan tentu saja kita bisa melacak posisi barang yang dikirim dari manapun dengan menggunakan ponsel. Baiklah berikut ini cara menggunakan Tokopedia untuk belanja online:

  1. Siapkan perangkat yang akan digunakan bisa ponsel Android, iPhone, Laptop dan lain-lain, dan pastikan juga sudah memiliki akses internet.

  2. Download dan install Aplikasi Tokopedia di Play Store untuk perangkat Android, dan App Store untuk perangkat iOS/iPhone.

  3. Buka Aplikasi Tokopedia. Jika Anda belum mempunyai akun Tokopedia silahkan daftar terlebih dahulu, Bisa baca artikel Cara Daftar Akun Tokopedia.

  4. Setelah Anda memiliki akun Tokopedia maka pastikan sudah login di aplikasinya.

  5. Kemudian cari barang yang mau dibeli, bisa cari melalui kolom pencarian atau cari sesuai kategori. Pastikan barang ready stock, untuk itu tanya dulu kepada penjual melalui tombol ikon Chat. Kemudian pastikan juga penjual memiliki rating bagus. Baca juga deskripsi barang yang mau Anda beli agar tidak salah beli.
    Cara Belanja di Tokopedia Terbaru Lengkap Disertai Gambar
  6. Klik tombol "Beli", masukkan catatan untuk penjual, ini bisa berupa warna barang yang kamu pilih, ukuran barang, packing yang kamu pilih, atau lain-lain.

  7. Klik tombol "Beli Sekarang", lalu ikuti dengan tombol "Checkout".

  8. Pilih Alamat Anda saat ini, untuk alamat jangan sampai keliru karena ini menentukan barang sampai atau tidaknya. Jadi harus betul-betul benar, jika perlu cek ulang.

  9. Kemudian pilih pada "Durasi pengiriman", ini durasi waktu sampainya barang yang Anda beli. Tapi biasanya tidak tentu, tergantung kurir di daerah Anda karena setiap daerah berbeda-beda. Ini meliputi jasa pengiriman yang akan Anda gunakan seperi JNE, TIKI, Wahana, Pos Indonesia, SiCepat, dan lain-lain. Jadi pilih salah satu yang sudah menjangkau tempat Anda.

  10. Apabila sudah terisini dengan benar tinggal klik tomol "Bayar" untuk menuju ke proses pembayaranya.
    Cara Belanja di Tokopedia Terbaru Lengkap Disertai Gambar
  11. Disini tambah metode pembayaran yang bisa Anda gunakan, caranya klik "Tambah Metode Pembayaran". Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan bank transfer, alfamart, indomart, saldo tokopedia, OVO, pos Indonesia atau lainya. Agar lebih mudah bisa menggunakan indomart atau alfamart karena lebih praktis, dan meskipun Anda belum punya rekening bank Anda sudah dapat belanja di Tokopedia.

  12. Selanjutnya tinggal klik "Bayar", di halaman berikutnya akan menampilkan kode pembayaran, Anda tinggal menuju ke indomart dan bilang ke kasir bahwa mau melakukan pembayaran Tokopedia maka kode pembayaranya akan diminta dan tinggal Anda berikan.

  13. Selanjutnya beberapa menit setelah melakukan pembayaran di Indomaret maka status pesanan Anda akan menjadi sudah diverifikasi. Anda tinggal menunggu barang sampai di tempat Anda.

  14. Untuk melacak paket Anda tinggal menuju ke Menu-> Pembelian-> Status Pemesanan. Tokopedia sudah memiliki fitur melacak barang yang kita pesan sehingga tidak perlu ke situs pelacak paket.

Demikianlah pembahasan tentang cara belanja di Tokopedia dengan mudah dan nyaman. Sebelum membeli pastikan membaca detail barang yang akan dibeli karena ini penting, jangan sampai barang yang Anda pesan tidak sesuai harapan karena Anda tidak memperhatikan barang yang dipesan. Maka dari itu jadilah pembeli yang pintar.

Atas

Tengah 2

Bawah

Loading...