10 Cara Agar Baterai Laptop MacBook Tidak Cepat Habis

Jika Anda memperhatikan masa pakai baterai rendah pada MacBook Pro atau MacBook Air, Anda harus dapat meningkatkan masa pakai Baterai MacBook menggunakan tip seperti yang disediakan oleh serbaCARA.com di artikel ini.

Cara Tingkatkan Daya Tahan Baterai MacBook
Secara umum, Masa Pakai Baterai MacBook tergantung pada bagaimana itu digunakan dan pada konfigurasi keseluruhan dari layanan pemakaian daya pada Mac.

Jika Anda terus menggunakan WiFi dan menonton Video HD dengan kecerahan penuh AKTIF, baterai MacBook Anda tidak akan bertahan lebih lama dari 3 hingga 4 jam.

Membuat perubahan pada cara Anda menggunakan MacBook dan pengaturan fine tuning untuk layanan yang haus daya pada Mac dapat secara signifikan meningkatkan Daya Tahan Baterai.

10 Cara Agar Baterai Laptop MacBook Tidak Cepat Habis

Berikut 10 Cara Agar Baterai LAptop MacBook Tidak Cepat Habis

Periksa Kondisi Baterai
Jika Anda memerhatikan power baterai yang luar biasa makin buruk, mulailah dengan memeriksa kondisi keseluruhan baterai pada Mac Anda.

Cukup, klik pada Icon Battery di bilah menu atas sambil menahan tombol Option pada keyboard Mac Anda.

Jika kondisi baterai baik-baik saja, Anda akan melihat Normal dan jika ada yang salah dengan baterai, Anda akan melihat Replace Soon.



Tutup Aplikasi Tidak Digunakan
Cara paling sederhana untuk meningkatkan masa pakai baterai pada MacBook Anda adalah dengan membiasakan diri untuk menutup Aplikasi yang saat ini tidak digunakan.

Ketika Anda membiarkan Aplikasi terbuka dan tetap aktif di latar belakang itu dapat menghabiskan sumber daya baterai, bahkan jika mereka tidak sedang digunakan secara aktif.

Untuk menutup Aplikasi yang terbuka, klik kanan pada Ikon Aplikasi di taskbar dan klik pada opsi Quit di menu kecil yang muncul.



Nonaktifkan Bluetooth
Setiap kali Bluetooth diaktifkan pada MacBook, itu akan terus mencari perangkat Bluetooth lain di sekitarnya.

Karenanya, menonaktifkan Bluetooth (jika tidak diperlukan) dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai MacBook Anda.

Klik ikon Bluetooth yang terletak di bilah menu atas dan pilih opsi Bluetooth Off di menu drop-down.

Bila diperlukan, Anda dapat mengaktifkan Bluetooth kapan saja di Mac Anda dengan mengeklik Ikon Bluetooth dan memilih opsi Turn Bluetooth On di menu drop-down.



Kustomisasi Penghemat Energi
Fitur Energy Saver di MacBook memungkinkan Anda memaksimalkan penghematan energi dan meningkatkan masa pakai baterai.

  1. Klik pada Logo Apple di bilah menu atas dan klik System Preferences di menu drop-down.
  2. Pada layar System Preferences, klik Energy Saver.
  3. Pada layar berikutnya, gunakan slider untuk menyesuaikan Turn display off setelah pengaturan ke nilai yang wajar (turunkan lebih baik).

Juga, aktifkan Put Hard Disks untuk Tidur dan Sedikit DIM opsi tampilan.

Catatan: Baik juga untuk memeriksa opsi Enable Power Nap, sehingga MacBook Anda dapat memeriksa pembaruan secara berkala saat dalam mode tidur.



Sesuaikan Kecerahan
Semakin terang layar MacBook Anda, semakin banyak daya yang dikonsumsi. Untuk meningkatkan usia baterai, pertimbangkan untuk mengatur kecerahan ke tingkat yang wajar.

  1. Klik pada Ikon Apple> System Preferences> Displays.
  2. Pada layar berikutnya, nonaktifkan opsi Automatically Adjust brightness dan gunakan panel geser kecerahan untuk mengatur kecerahan pada Mac Anda ke tingkat yang wajar.

Catatan: Anda juga dapat menggunakan tombol F1 dan F2 untuk menambah atau mengurangi kecerahan.



Nonaktifkan Backlight Keyboard
Fitur Keyboard Backlight pada MacBook dapat membantu saat bekerja dalam kondisi pencahayaan yang buruk.

Namun, membiarkan fitur ini selalu AKTIF atau menggunakannya untuk waktu yang lama dapat berdampak buruk pada masa pakai baterai MacBook Anda.

Karenanya, pertimbangkan menonaktifkan Keyboard Backlight ketika tidak diperlukan. Fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan Tombol F5.



Gunakan Browser Safari
Jika Anda menginstal browser Chrome di Mac, pastikan Anda beralih ke browser Safari saat MacBook Anda menyala menggunakan Battery.

Meskipun browser Safari kadang-kadang bisa menjadi sangat sedikit, ia menghabiskan daya yang jauh lebih sedikit dibandingkan browser Chrome.



Matikan Dynamic Desktop
Fitur Dynamic Desktop secara otomatis mengubah Background Desktop pada Mac, tergantung pada waktu hari.

Namun, fitur ini diketahui menghabiskan masa pakai baterai dan Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Nonaktifkan Dynamic Desktop.

  1. Buka System Preferences> klik pada Desktop & Screen Saver.
  2. Pada layar berikutnya, klik pada Desktop> Desktop Pictures dan pilih gambar Desktop apa saja.



Kurangi Motions dan Transparansi
Mengaktifkan opsi untuk Mengurangi Transparansi dan Mengurangi Motions juga dapat membantu Anda mendapatkan masa hidup baterai.

  1. Buka System Preferences> klik pada Accessibility.
  2. Pada layar berikutnya, klik Display di panel kiri. Di panel kanan, pilih opsi Reduce Motion dan Reduce Transparency.

 Catatan: Memilih Mengurangi Motion menyebabkan hilangnya animasi pada Ikon Aplikasi.



Nonaktifkan Location Service untuk Aplikasi Non Essential
Fitur Location Service pada Mac secara konstan melacak Lokasi Anda dan ini akan menguras daya tahan baterai.

Untuk meningkatkan masa pakai baterai, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkan Location Service hanya untuk Aplikasi dan Layanan Sistem yang paling penting seperti Temukan Mac Saya dan Zona Waktu.

  1. Buka System Preferences> klik Security & Privacy.
  2. Pada layar berikutnya, klik Location Services di panel kiri. Di panel kanan, pastikan Anda berada di tab Privacy dan menonaktifkan Location Services untuk semua Aplikasi dan Layanan yang tidak perlu.

Tip: Jika Anda menyimpan MacBook untuk jangka waktu yang lama, isi baterai hingga 50% atau isi ulang hingga 50% dan jangan hingga kapasitas penuh.

Itulah beberapa cara agar baterai laptop MacBook tidak cepat habis karena penggunaan yang salah dan kurang memperhatikan daya tahan baterai.

Atas

Tengah 2

Bawah