Cara Upload Foto 3D di Facebook tanpa iPhone

Cara Upload Foto 3D di Facebook tanpa iPhone - Anda sedang bermain Facebook dan tiba-tiba dihentikan oleh gambar luar biasa yang dapat bergerak dengan irama gerakan Hp Anda atau kursor mouse. Ini disebut foto 3D oleh Facebook yang telah diluncurkan enam bulan lalu. Tapi foto 3D Facebook ini hanya bisa di upload dari iPhone, dan tidak semua iPhone juga bisa. Jika iPhone Anda memiliki dual kamera berarti iPhone 7 Plus dan di atasnya maka Anda dapat mengambil foto 3D dan meng-uploadnya ke Facebook secara langsung atau Anda dapat membuat gambar 3D dari foto yang ada menggunakan Omnivirt. Tetapi begitu Anda telah menyusun foto 3D, Anda memerlukan iPhone dengan kamera ganda untuk mengunggahnya. Anda tidak dapat upload foto 3D ke Facebook langsung dari Android atau browser desktop.

Namun baru-baru ini Facebook telah mengaktifkan opsi untuk upload foto 3D Facebook tanpa iPhone. Sekarang Anda dapat langsung upload foto 3D Facebook dari browser desktop Anda. Telah dijanjikan juga dalam waktu sebulan Facebook juga akan mengaktifkan Fitur ini dengan sebagian besar ponsel Android memiliki kamera ganda.

Mengunggah foto 3D dari iPhone sangat mudah dan gampang. Semua pekerjaan dilakukan oleh aplikasi iOS Facebook. Tetapi jika Anda ingin upload foto 3D di news feed atau cerita Facebook Anda, maka Anda harus melakukan beberapa hal.

Anda harus memahami cara kerja foto 3D di umpan berita Facebook. Sebenarnya, setiap kali kita mengambil gambar, itu tetap dalam sudut pandang 2D atau dua dimensi. Tidak dapat merasakan apa yang dekat dengan Anda dan apa yang jauh dari Anda. Namun dalam foto 3D Facebook, efek 3D dihitung oleh depth map image. Untuk mengunggah foto 3D di Facebook Anda harus mendapatkan depth map image gambar sumber Anda.

Di sini muncul pertanyaan yang paling jelas
Apa itu depth map image?
Depth map image adalah gambar yang memiliki informasi tentang jarak atau kedalaman antara permukaan objek dari sudut pandang tertentu. Depth map image dibuat dari gambar sumber dan biasanya dalam format skala abu-abu.

Bagaimana cara membuat depth map image?
Mendapatkan gambar depth map dari gambar sumber Anda adalah pekerjaan yang membosankan. Ada dua cara untuk membuat depth map image dari file gambar sumber. Pertama, file gambar Anda berisi informasi kedalaman yang tertanam dengan file gambar yang dapat diekstraksi untuk membuat file gambar depth map. Tapi ini sangat terbatas, berarti Google Pixel 3 atau ponsel model HTC tertentu menangkap gambar dengan informasi yang mendalam.

Kedua adalah Anda harus menggambar gambar depth map sendiri menggunakan Photoshop atau tool online lainya. Di sini metode kedua efektif. Berarti Anda harus menggambar depth map image dari sumber file gambar.

Tidak banyak tool online yang tersedia untuk menghasilkan file depth map image.
Sekarang kita sampai pada tujuan utama kita.

Bagaimana cara mengunggah gambar 3D Facebook tanpa iPhone, langsung dari Desktop Browser?

  1. Ambil foto yang ingin Anda upload sebagai foto 3D Facebook (Gambar harus dalam format jpg atau png)

  2. Sekarang buat depth map image foto tersebut (format file harus sama dengan foto sumber)

  3. Ganti nama depth map image dengan nama file yang sama dengan foto sumber, dengan ‘_depth’ ditambahkan (sebelum ekstensi .jpeg atau .png)

  4. Contohnya 3DPhoto.jpg dan 3DPhoto_depth.jpg

  5. Sekarang drag and drop kedua file gambar dalam satu posting Facebook

  6. Facebook akan mengkompilasi dan membuat gambar 3D

  7. Sekarang tekan saja tombol Posting untuk upload gambar 3D Facebook tanpa iPhone langsung dari browser Desktop.

  8. Facebook akan menampilkan gambar ini sebagai 3D dan dapat dilihat sebagai 3D dari browser desktop dan juga Facebook App smartphone.

Berkat Facebook, kami sekarang dapat mengunggah foto 3D di Facebook tanpa iPhone atau Samsung Galaxy S10. Berarti jika iPhone atau ponsel Android Anda tidak mendukung foto 3D Facebook untuk diunggah maka Anda dapat melakukannya menggunakan metode ini.

Demikianlah cara upload Foto 3D di Facebook tanpa harus menggunakan iPhone. Tentu saja ini sangat sederhana untuk membuatnya tetapi lumayan sulit jika dilakukan tanpa ponsel iPhone.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah

Loading...