Kolom Pencarian...

5 Cara Efektif Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air


Ini Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air – Jangan panik ketika ponsel anda tidak sengaja terkena air. Banyak kesalahan penanganan ketika hal demikian terjadi, bisa menyebabkan telepon genggam anda justru malahan rusak, dan sudah tidak bisa tertolong lagi. Banyak yang ketika ponsel tercebur kedalam air, langsung mengambilnya dan buru-buru menyalakan nya kembali. Ternyata cara tersebut merupakan salah satu faktor yang justru membuat perangkat seluler anda mengalami kerusakan.

Apalagi ketika musim hujan, anda pun harus ekstra waspada jika ponsel anda terkena rembesan air hujan di tas anda, ataupun tidak sengaja terjatuh masuk ke genangan air. Mengingat ponsel memang sangat anti terhadap kondisi basah. Kecuali ponsel yang memang memiliki fitur anti air. Berikut ini beberapa cara untuk menyelamatkan ponsel yang terkena air yang mungkin bisa membantu anda.

Cara Efektif Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

1. Segera keluarkan ponsel anda dari genangan air dan segera matikan
Langkah ini sangat penting agar air tidak cepat masuk melalui perangkat konektor USB ataupun celah lubang microphone yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek listrik. Tentunya sangat berbahaya ketika ponsel anda mengalami hubungan arus pendek atau konsleting didalamnya. Setelah dikeluarkan dari genangan air, matikan dan copot baterai ponsel anda, beserta assesoris perangkat yang lain seperti chasing dll.

2. Keringkan ponsel anda
Setelah mematikan perangkat seluler anda, segera keringkan komponen-komponen nya seperti baterai chasing dll. Anda bisa menggunakan handuk ataupun tisu untuk mengelapnya. Hati-hati dalam mengelap komponen ponsel anda, jangan terlalu menggoyang-goyangkan ketika perangkat anda sedang dikeringkan. Dan jangan sampai partikel kecil dari tisu ataupun handuk tertinggal di komponen yang anda keringkan.

3. Gunakan Vacum Cleaner
Tentunya hanya dengan mengelap saja kurang begitu maksimal untuk benar-benar mengeringkan ponsel anda yang terkena air. Anda mesti menggunakan vacuum cleaner. Cara kerja alat ini adalah menghisap, sehingga efektif menghisap sisa-sisa air yang tertinggal di komponen ponsel anda yang basah. Sekali-kali jangan menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Karena cara kerja dari alat pengering rambut ini adalah menyebarkan uap panas. Dan berpotensi menyebarkan partikel-partike air keseluruh komponen anda.

4. Pendam perangkat seluler anda di dalam beras.
Beras bersifat mengurangi kelembapan. Maka langkah ini pun efektif sebagai pertolongan pertama dalam menangani ponsel anda ang terkena air. Masukan ponsel anda ke dalam beras. Pendam untuk beberapa lama. Tiap 1jam sekali putar ponsel anda agar langkah mengeringkan nya semakin efektif dan agar air yang terperangkap di dalam keluar mengalir lewat bawah.

5. Coba hidupkan ponsel anda
Sebelumnya, periksa bagian-bagian ponsel anda, pastikan bahwa semua perangkat sudah benar-benar kering. Setelah itu pasang semua komponen dan coba nyalakan. Jika ponsel anda tidak menyala setelah dihidupkan, coba nyalakan dengan dihubungkan dengan charger.Apabila ponsel anda bisa nyala dengan cara demikian, ada kemungkinan baterai rusak dan harus diganti.

Jika dengan cara demikian ponsel anda bisa menyala tapi tidak dengan normal ada kemungkinan adanya korosi dalam ponsel anda, maka keringkan kembali dengan membersihkan kontak-kontak metal dalam komponen seluler anda. Demikian langkah-langkah cara menyelamatkan ponsel anda yang terkena air. Semoga bermanfaat.
Description: 5 Cara Efektif Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: 5 Cara Efektif Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

0 Komentar:

Post a Comment