Kolom Pencarian...

Lima Cara Melindungi Anda Di Saat Menggunakan Internet


Di abad ke 21 ini, kita semua menggunakan smartphone, tablet, atau komputer dan kita riskan terhadap serangan siber, virus, ataupun hackers. Kita menggunakan perangkat-perangkat ini untuk kepentingan online banking, Facebook, email, belanja online, dan tanpa adanya pengaman, kita bisa kehilangan uang kita, teman-teman, keluarga, dan kerabat. Hal-hal ini mungkin tidak terjadi, tapi sebaiknya kita memastikan ada perlindungan yang baik dalam menggunakan Internet, karena tindakan tidak mengunjungi website yang mencurigakan, tidak mengklik link-link yang tidak jelas, dan tidak berbagi komputer dengan orang lain, ini belum cukup untuk memastikan kita aman menggunakan Internet. Kami akan uraikan lima cara untuk melindungi anda di saat terhubung dengan Internet.
Cara Melindungi Anda Di Saat Menggunakan Internet

Cara Melindungi Diri di Internet:

1. Kata sandi yang kuat
Di saat kita diminta untuk membuat kata sandi dengan urutan huruf dan angka untuk masuk ke dalam banyak sistem, jarang sekali kita menambahkan kata sandi yang berbeda, dengan alasan kita akan kesulitan mengingatnya. Akses kita ke komputer akan terblokir dalam level BIOS, atau kita memilih kata sandi dari pengaturan sistem operasi untuk masuk ke dalam desktop. Di saat kita membuat kata sandi, sebaiknya diingat, dan sebaiknya kita membuat kata sandi dengan 8 karakter yang terdiri dari nomor, huruf besar dan huruf kecil. Hindari kata sandi yang berkaitan dengan data-data anda ataupun keluarga anda.

2. Firewall
Beberapa tahun sebelumnya, setiap pengguna Internet memiliki firewall yang diaktifkan. Namun, seiring waktu, bentuk program ini mulai diabaikan oleh pengguna komputer. Orang-orang mulai menonaktifkan sistem keamanan ini agar bisa lebih cepat dalam proses transfer data, dan lebih bebas dalam mengakses sumber-sumber online. Banyak pengguna komputer ikut dalam program-program paket pengaman komputer yang luas. Jika anda menghargai kontrol keamanan sepenuhnya untuk melindungi komputer anda dari serangan jaringan, maka anda seharusnya mengaktifkan firewall- hanya program ini yang memberikan akses secara meluas pada pengguna komputer. Konfigurasi yang baik pada firewall tidak akan memperlambat proses transfer data, dan bahkan melindungi anda dan sistem anda supaya terhindari dari ancaman pencurian data ataupun kehilangan.

3. Enkripsi File
Untuk mengenkripsikan file, gunakan program enkripsi yang mana akses untuk membaca isi file hanya diberikan pada si pemilik file. Algoritma enkripsi moderen sekarang sangat berkembang, yang mana untuk merusak algoritma enkripsi ini membutuhkan trik-trik yang eksepsional dan dengan tujuan tertentu. Tidak ada program yang diciptakan untuk dirusak dengan mudah seperti yang kita pikirkan dan prediksikan. Itu sebabnya, jika kita tidak ingin kehilangan data sebagai efek dari kelalaian kita, hal utama yang harus kita lakukan adalah melindungi hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan komputer, kepada siapa kita berbagi informasi data, dan sumber-sumber online apa yang kita gunakan.

4. VPN
VPN (Virtual Private Network) adalah jenis penghubung terenkripsi, karena paket transmisinya memiliki dua poin, yang mana melalui cara transmisi ini, VPN menciptakan koneksi terhubung ke Internet. Solusi jaringan seperti beberapa VPN di sini yang paling populer, digunakan banyak perusahaan karena VPN menyediakan keamanan yang tinggi dengan biaya yang rendah. Seorang karyawan kapan saja dapat mengakses sumber-sumber Internet dalam perusahaan dari jarak jauh, dan seseorang yang bukan karyawan perusahaan, tidak bisa melihat data apa yang terkirim. Menggunakan VPN untuk kebutuhan pribadi sangatlah atraktif, karena VPN dapat  menyembunyikan data kita di saat mengakses sumber-sumber dari Internet. Ini bermanfaat, terutama di saat kita menggunakan akses Internet terbuka yang tersedia di tempat umum.

5. Antivirus
Setiap pengguna komputer pasti memiliki perangkat lunak antivirus, bahkan yang gratis. Ketika perangkat keras komputer anda mulai menunjukkan tanda-tanda tidak beres, keyboard yang tidak berfungsi, masalah yang muncul ketika dihubungkan ke jaringan wireless, laman yang tidak loading, ataupun file yang hilang – bila hal-hal ini terjadi, anda sebaiknya segera scan sistem komputer dengan menggunakan program antivirus. Kemungkinan ada gangguan yang tidak diinginkan, malware, spyware, adware, keylogger, wabbit, ataupun rootkit yang ada dalam komputer anda. Program-program buruk ini bisa membahayakan anda dan juga pengguna komputer yang terhubung dengan anda. Sebagai tambahan, selain hacking data, hackers dapat masuk ke dalam akun bank anda. Melakukan scan secara teratur, seperti satu bulan sekali, dapat  membersihkan komputer anda dari program-program yang tidak diinginkan dan mencegah komputer anda dari kerusakan.


Diluar dari solusi-solusi ini, hal yang paling penting adalah bertanggung jawab dalam menggunakan komputer dan Internet. Perangkat lunak tidak menjamin kebiasaan kita dalam menggunakan komputer dan Internet, jadi jika kita tidak ingin kehilangan data kita, hal utama yang patut kita lakukan adalah mengamankan hal-hal yang terkait dengan penggunaan komputer, kepada siapa kita berbagi informasi data, dan sumber-sumber Internet apa yang kita gunakan. Program yang baik dan tes program terkait memang dibutuhkan, begitu juga dengan kebiasaan kita dalam menggunakan komputer dan Internet yang mendukung.
Description: Lima Cara Melindungi Anda Di Saat Menggunakan Internet
Rating: 4.5
Reviewer: Yuli Hertika
ItemReviewed: Lima Cara Melindungi Anda Di Saat Menggunakan Internet

0 Komentar:

Post a Comment