Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Human Capital Management Di Sebuah Perusahaan

PUT YOUR ADS CODE HERE 300X600 BANNER

Memaksimalkan potensi dari kemampuan manusia yang bekerja dalam sebuah perusahaan merupakan sebuah pencapaian yang diinginkan oleh pimpinan perusahaan. Disinilah peran dari human capital management menjadi sesuatu yang sangat krusial demi menciptakan iklim kerja yang kondusif dan efektif.

Human Capital Management Perusahaan

Apa Itu Human Capital Management
Sebelum berbicara lebih jauh mengenai human capital management, ada baiknya anda mengetahui apa itu human capital. Karena tanpa anda mengetahui secara jelas mengenai human capital maka akan berpotensi terjadinya miskonsepsi antara human capital dan human resource seperti yang saat ini sering terjadi.

Human capital adalah sebuah aspek keilmuan dimana kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki seorang manusia tersebut dapat diaplikasikan dalam sebuah kegiatan ekonomis yang menghasilkan keuntungan. Ketiga aspek dasar human capital tersebut merupakan modal utama yang penting dalam pengembangan manusia.

Secara mudahnya human capital adalah modal manusia yang bisa dimanfaatkan secara ekonomis. Modal manusia yang dimaksud disini adalah skill yang dimiliki manusia tersebut. Jadi manusia yang bekerja dimanfaatkan skillnya tak hanya manusia tersebut digunakan seperti halnya memperlakukan binatang, itulah human capital.

Setelah anda mengetahui apa itu human capital maka anda bisa mengetahui betapa pentingnya peran human capital management dalam sebuah perusahaan. Dimana human capital sangat berbeda dari human resource, yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak bisa membedakan human capital dan human resource.

Human resource memperlakukan manusia sebagai sebuah sumber daya layaknya batu bara tidak seperti human capital. Selama manusia tersebut mampu bergerak dan bekerja maka manusia tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai keuntungan bersama.

Sedangkan human capital memperlakukan manusia seperti halnya partner kerja, tak hanya melulu tenaga yang diperas namun juga pendapat, pemikiran dan skill yang dimiliki oleh manusia tersebut. Jika manusia tersebut membutuhkan pengembangan skill maka human capital akan memfasilitasi manusia tersebut untuk mendapatkannya.


Mengapa Human Capital Penting
Human capital management sangat penting karena dengan ini seorang pekerja bisa mengembangkan skill dalam dunia kerja yang ia geluti, bahkan lebih jauh dari itu pekerja tersebut bisa mempersiapkan pengembangan diri sebelum ia memutuskan hubungan kerja yang ia tekuni tersebut.

Dengan adanya human capital management seorang pekerja tidak akan melulu bergantung dari sebuah perusahaan. Karena jika orang tersebut keluar dari dunia kerja yang ia geluti ia bisa pindah ketempat lain atau membuka sendiri pekerjaan yang diinginkan dengan skill dan pengetahuan yang telah ia kembangkan semasa bekerja.

Perusahaan juga tidak akan terlalu bergantung pada tenaga kerja yang dimiliki. Karena dengan adanya human capital management maka perusahaan dapat mendidik pekerja tersebut untuk lebih berkompeten, efisien, dan profesional dalam bidang yang ia geluti di perusahaan tersebut.

Maka dari itu perlu adanya human capital management untuk membangun iklim dan hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja. Dengan begitu interaksi timbal balik yang terbentuk akan menciptakan suasana kerja yang tak hanya kompetitif, namun juga kondusif, bersahabat, dan sehat.

Meskipun human capital telah diterapkan namun tidak menutup kemungkinan human resource masih akan terus berjalan. Hal ini dikarenakan tidak semua pekerja berkemauan dan berkemampuan untuk dididik menjadi pribadi yang lebih baik. Ada pekerja yang memilih menggunakan keringatnya semata sebagai sumber daya.

Itulah tadi pentingnya peran dari human capital, meskipun human capital terdengar lebih manusiawi dan bermanfaat, ia tak bisa lepas jauh dari peran human resource sebagai penyeimbang. Sebuah perusahaan yang baik akan memiliki human capital dan human resource management yang baik untuk membentuk pekerja yang bagus.

Post a Comment for "Pentingnya Human Capital Management Di Sebuah Perusahaan"