Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Bagaimanakah Cara Menjadi Hacker Yang Sebenarnya?





Menjadi seorang yang bisa menyusup kesana kemari secara maya mungkin akan terasa asyik. Namun bagi anda yang ingin bisa melakukan cara menjadi hacker sebaiknya bila telah menguasai, ya anda harus hati – hati sebab kalau sembrono ya bisa kena UU ITE. Sebenarnya sih, menjadi seorang hacker bukanlah hal yang mudah. Tapi artikel ini akan memberi beberapa tahap-tahapan yang paling penting untuk menjadi seorang hacker. Pada artikel ini akan disuguhkan karakter utama seorang peretas profesional.

Dalam hal ini menyusup ke dalam sistem keamanan dan masuk ke dalam sistem bukan lah satu-satunya kemampuan seorang hacker pro. Oleh karena itu sikap tak kenal lelah dan murni keterampilan adalah dua sikap utama untuk menjadi master hacker.


Dalami Teori Ilmu Komputer
Untuk belajar cara menjadi hacker pengetahuan dan wawasan tentang berbagai topik ilmu komputer memang diperlukan, akan tetapi  mengetahui hal-hal besar yang sifatnya laten alias tersembunyi di dalam sistem besar komputasi digital adalah kunci untuk menjadi hacker yang utama. Maka itu yang terpenting kemudian adalah Oleh karena itu memiliki motifasi belajar yang tinggi sangat penting dalam perjalanan belajar untuk menjadi seorang hacker. Teori ilmu komputer inilah yang akan membedakan anda dengan anak – anak yang belajar hacker tanpa filosifi, dan itu akan menghasilkan luaran yang berbeda. Adapun tahapan cara menjadi hacker profesional yang pertama tiada lain dan tiada bukan adalah pengetahuan teoretik yang syukur – syukur mendalam, namun bila tak terlalu mendalam juga tidak apa – apa. Sebab dengan begitu juga anda telah beda dengan mereka yang tidak paham secara filosfis he he he.

Nah, yang penting adalah fondasi anda dahulu secara teoretik yang dapat anda suburkan melalui aktivitas membaca. Langkah pertama adalah Baca buku The Hacking Manifesto. Ini bukan tugas yang mudah untuk menjadi seorang hacker. Sebagai seorang hacker, Anda harus memiliki sikap dan rasa ingin tahu. Membaca manifesto dapat mengajarkan sikap hacker. Memelihara sikap hacker adalah tentang pengembangan kompetensi dalam bahasa daripada memiliki sikap stereotip.

Belajar Cara Menjadi Hacker

Bahasa Komputer
Komputer bekerja tidak dengan bahasa Jawa, Inggris atau Indonesia. Percakapan dunia digital dalam chip komputer itu khusus sekali. Maka itu belajar menjadi hacker langkah – langkah awal yang harus diayunkan adalah belajar bahasa program C alias C programming. Dalam historisnya C Programing menjadi salah satu bahasa yang paling penting dalam pemrograman komputer. Program C ini  sangat diperlukan untuk bisa benar-benar menjadi seorang hacker andal. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Denise Ritchie antara tahun 1969 dan 1973 di AT & T Bell Labs.

Cara Jadi Hacker

Pemrograman C pada dasarnya akan membantu Anda membagi tugas dalam potongan-potongan kecil dan potongan-potongan ini dapat dinyatakan dengan urutan komando – komando atau perintah. Lalu dimanakah kalau anda akan belajar ini? Jangan khawatir juga sesungguhnya ada jutaan e-book panduan Programming C Gratis & tutorial yang tersedia dan tersebar luas di internet untuk belajar, namun saya akan sarankan anda untuk memulai dengan c-book pemrograman sederhana dan ditulis dengan baik pilihan saya dan kemudian membaca buku ini (C Programming Language Oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie), tapi sanyangnya panduan ini berbahasa Inggris, maka sebaiknya di terjemahkan dulu bagi anda yang kurang paham bahasa itu. Jadi anda yang kurang paham dengan bahasa inggris harus menterjemahkannya dahulu ke bahasa indonesia, untuk memahami kekuatan sesungguhnya dari bahasa C, Buku ini tidak mudah dipahami namun anda harus membaca buku ini untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang bahasa C Programming.


Bahasa Pemrograman ‘’ Modern ’’
Apabila bahasa program C diatas sudah termasuk bahasa yang kuno, maka banyak beredar di pasaran bahasa pemrograman komputer yang modern. Maka itu ketika Anda mencoba untuk belajar cara menjadi hacker sangat penting untuk belajar bahasa pemrograman komputer modern lainnya seperti JAVA, Perl, PHP dan Python. Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa tersebut adalah dengan membaca buku-buku dari para ahli. Ini juga akan membantu untuk mengetahui tentang bahasa markup seperti XML, HTML dan data format seperti JSON, Protobuf dan lain-lain yang cara umum untuk mentransfer data antara klien dan server.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Banyak perusahaan yang menyatakan bahwa java juga sangat aman. Model keamanan Mengetahui Java akan memberdayakan anda untuk memahami bagaimana bahasa ini mencapai keamanan. Belajar tentang loop hole keamanan dalam bahasa Java dan kerangka kerja terkait. Memilih dan membaca dari berbagai PDF gratis, tutorial dan e-book yang tersedia untuk belajar java online.

Dengan demikian, langkah selanjutnya adalah  Belajar sistem operasi UNIX yang karakternya multi-tasking dan multi-user yang dirancang untuk memberikan keamanan yang baik untuk sistem operasi. UNIX dikembangkan oleh beberapa karyawan dari AT & T di Bell Labs. Cara terbaik untuk belajar UNIX adalah mencoba OS opensource (misalnya CentOS) dan menginstal / menjalankan di komputer kalian sendiri. Anda dapat mengoperasikan internet tanpa belajar UNIX, tetapi tidak mungkin bagi kalian untuk menjadi hacker internet tanpa memahami UNIX. Jika anda belum pernah menggunakan sistem operasi Unix sama sekali, beberapa perintah linux penting akan membuat kamu nyaman dalam mendapatkan pengetahuan baru.


Belajar Berbagai Sistem Operasi
Pengetahuan yang luas tentang sistem operasi akan banyak membantu anda dalam menasbihkan diri untuk belajar menjadi hacker. Selain diatas ada banyak sistem operasi lain selain UNIX. Sistem operasi Windows adalah salah satu sistem yang paling sering bermasalah, maka itu baik untuk belajar menjebol sistem Microsoft, yang sistem nya berbasis closesource atau tertutup. Menurut Database Kerentanan Nasional, sistem operasi Microsoft memiliki sejumlah besar kerentanan. Installer OS Windows didistribusikan dalam biner, oleh karena itu tidak mudah bagi anda untuk membaca kode di sistem windows. Kode biner pada dasarnya adalah representasi digital dari teks dan data yang hanya dimengerti oleh komputer. Namun, mengetahui bagaimana program yang ditulis untuk sistem windows. Salah satu kerentanan baru dari OS terpopuler ini adalah bahwa aplikasi Java Web Start dapat diluncurkan secara otomatis bahkan jika Java plug-in dinonaktifkan. Bagaimana cara menjadi hacker adalah tentang mengetahui kelemahan sistem operasi dan menargetkan mereka secara sistematis.


Uji Diri Dengan  Konsep Jaringan
Oh iya, konsep jaringan sangat dibutuhkan ketika kamu ingin menjadi seorang hacker. Maka itu cara menjadi hacker harus memahami bagaimana jaringan diciptakan penting, namun anda perlu mengetahui perbedaan antara berbagai jenis jaringan. Memiliki pemahaman yang jelas tentang TCP / IP dan protokol UDP adalah suatu keharusan untuk dapat mengeksploitasi kerentanan pada world wide web. Perintah jaringan untuk melakukan permintaan HTTP sangat perlu pada ujung jari anda. Protokol HTTP, adalah pintu gerbang yang dilalui seseorang memasuki dunia internet. Oleh karena itu perlu untuk belajar protokol ini untuk memecahkan hambatan. Para hacker sering menggunakan gateway HTTP untuk melanggar sistem keamanan dan mengambil kontrol atas hal itu. Dalam hal ini yang terpenting adalah perasaan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi, sebab ia sesungghnya tak bebas nilai.

0 komentar:

Posting Komentar