Welcome to serbaCARA.com, here you can read the article tips and tricks about Computers, Android, iOS, Games, Internet, Health Info and some others information. Happy reading!

10 Software Terbaik Untuk Memonitor Performa HDD dan SSD

Telah terjadi pergeseran pasar saat ini dari Hard Disk Drive(HDD) ke Solid State Drive(SSD). Keduanya adalah alternatif high-end yang lebih baik dan sangat cepat dibandingkan dengan harddisk drive, menawarkan kinerja yang sangat baik. Namun harga SSD ini relatif mahal,  namun itu tergantung kapasitas dan mereknya.

SSD adalah mempercepat kinerja untuk sistem operasi di PC Anda, dan Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk menjaga performa HDD dan SSD tetap baik-baik saja dan mencegah malware menulari mereka. Alat tertentu dapat membantu menjaga keamanan SSD dan mencegah kerusakan, sekaligus meningkatkan kinerja dan daya tahan. Nah berikut ini serbaCARA.com telah memilih beberapa software terbaik untuk menjaga dan memonitor performa HDD dan SSD.

HDD dan SSD


Software Untuk Nge-Cek Kesehatan HDD dan SSD

1. CrystalDiskMark
Ini adalah salah satu alat terbaik yang tersedia untuk ngecek SSD di sistem Anda. Berbagai parameter dipertimbangkan saat mengukur kinerja SSD Anda.

CrystalDiskMark menghitung kecepatan read dan write utama. Bisa jadi berurutan atau acak dan jumlahnya didapat untuk memberikan patokan untuk apa yang optimal untuk sistem anda.

Kecepatan dihitung menggunakan MB per detik dan memberitahu Anda tentang semua operasi disk. CDM gratis dan memungkinkan Anda memiliki tolok ukur untuk berbagai perangkat keras yang berbeda seperti memori card hard drive dan RAM disk .

Anda diperbolehkan memilih jumlah lintasan yang ingin Anda kendalikan di antara pemeriksaan HDD/SSD. Anda juga diberi kebebasan untuk memilih data dalam bentuk biner.

Masukan dapat mempengaruhi output pada kompresi hardware, dan versi installer dan portable dapat diperoleh. CDM tersedia hanya dengan OS Microsoft Windows saja.




2. AS SSD Benchmark
Alat peringkat teratas lainnya untuk memeriksa status disk adalah AS SSD Benchmark bagus untuk mengukur kecepatan disk Anda. Kecepatan adalah salah satu parameter penting, dan Anda perlu memperhatikan apa yang dibutuhkan setiap saat.

Anda dapat melakukan tes read dan write secara acak untuk menganalisis kinerja atau bahkan memungkinkan Anda melakukan tes berikutnya jika Anda mau. Kedua tes tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan cache.

AS SSD Benchmark menjalankan tes untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mengakses SSD. Perilaku driver juga bisa diperiksa dengan tes tambahan. Anda bahkan tidak perlu menginstal software pada komputer Anda untuk menjalankannya, jadi ini akan berjalan tanpa meng-install.

Software ini akan memberi tahu Anda jumlah SSD di komputer Anda tanpa meminta Anda memberi data secara manual untuk yang sama. Anda dapat memilih SSD yang ingin Anda uji. Ada tiga jenis SSD yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menentukan waktu yang dikonsumsi untuk membaca dan menulis file. Jika Anda ingin menentukan waktu akses, maka itu juga mungkin.

Anda dapat menyimpan software SSD Anda ke USB eksternal untuk menjalankan software kapan pun Anda memerlukannya. Ini akan memberi tahu Anda tentang kompleksitas pada drive dan membantu Anda memperbaiki kinerjanya. AS SSD Benchmark bisa digunakan secara gratis dan juga portabel. 




3. CrystalDiskInfo
Ini adalah software gratis yang digunakan untuk memeriksa performa SSD Anda. Ini memberitahu Anda status pemantauan, pelaporan dan analisis kinerja SSD Anda.

Ini adalah alat yang cepat dan dapat mengatakan hal-hal seperti suhu dan status kesehatan dan kinerja sistem Anda saat ini. Layar akan membacakan berbagai hal tentang data mana yang terbaru, dan Anda dapat dengan cepat menentukan hal mana yang sesuai dengan keinginan Anda dan mana yang tidak sesuai. Anda dapat menentukan apakah segala sesuatunya sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat menyetel lansiran untuk memberi tahu Anda bila ada yang salah dengan sistem Anda. Anda dapat menerima peringatan audio atau mengirimi Anda email. Menyegarkan data secara berkala juga dimungkinkan.

Anda dapat mengetahui nilai kinerja dengan cepat dengan melihat antarmuka dan menemukan status dan suhu kesehatan. Antarmuka juga menunjukkan analisis pemantauan, pelaporan dan analisis real-time sistem Anda.

Namun, antarmuka bukan yang paling user-friendly, dan Anda harus memiliki latar belakang teknis untuk mengoperasikan software dengan benar. CrystalDiskInfo hadir dalam dua versi, satu yang bisa di instal dan yang satu lagi portable.




4. SSD Life
Software ini bisa digunakan untuk menentukan umur panjang SSD Anda. Ini memiliki pilihan bagus untuk membuat cadangan semua data Anda dan menyimpannya sebelum macet atau mati. SSD Life menjalankan tes untuk memberi Anda data real-time dan dapat memberi tahu Anda tentang masalah serius yang mungkin ada pada drive Anda. Muncul dalam versi terinstal dan versi portabel.

Perangkat lunak ini memberikan informasi tentang data yang tertulis di drive, dan Anda dapat menemukan informasi yang dapat dibaca pada drive dengan mudah juga. Data selalu diambil sepanjang masa drive dan membantu menentukan kapasitas beserta jumlah data yang digunakan dan tidak terpakai.

Ini memberikan kinerja drive sendiri dengan cara menjalankannya. Anda akan tahu tingkat keausan dalam drive, dan dalam kondisi kerja serupa, ini memberi laporan bagaimana mengukur kinerja dan umur panjang di masa depan.

SSD Life kompatibel dengan kebanyakan drive yang ada di pasaran, dan Anda dapat menggunakannya untuk melakukan tindakan perbaikan atau pencegahan agar drive Anda menjadi lebih baik.




5. Samsung Magician
Ini adalah software serbaguna yang dibangun untuk mengendalikan kinerja SSD pada mesin Anda dan menyimpan tab biasa di atasnya. Menggunakan Samsung Magician, Anda dapat mempertahankan informasi sistem Anda bersama dengan SSD Anda.

Anda akan menerima informasi dari sistem pengguna Anda, dan perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengatur kinerja dengan optimalisasi. Dalam kasus mendatang optimasi itu otomatis, dan Anda juga bisa benchmark untuk mendapatkan performa terbaik. Jika ada pembaruan, pengguna kemungkinan besar akan diperbarui dari waktu ke waktu. 

Add-ons tertentu akan membantu Anda memahami SSD Anda secara lebih rinci. SecureErase memberi Anda kekuatan untuk menghapus data Anda dalam waktu kurang dari enam puluh detik. Anda dapat meminta perangkat lunak Anda memberitahukan kinerja perangkat lain yang mungkin terhubung ke sistem selain dari SSD.

Samsung Magician memiliki antarmuka pengguna yang hebat dan terlihat cukup bagus sementara pada saat bersamaan sangat mudah digunakan. Dengan software ini, Anda bisa mengendalikan setting dan mengecek performa sesuai kebutuhan. Ada pengaturan untuk mengelola konsumsi daya Anda juga, dan Anda dapat kembali ke pengaturan lama Anda menggunakan opsi System Restore.

Anda bahkan dapat mempersonalisasi profil Anda jika pola standar tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.




6. Intel Solid-State Drive Toolbox
Ini adalah toolbox software yang sangat mudah dioperasikan dan diperbarui secara rutin sehingga Anda selalu berada di atas hal-hal ketika mengelola kesehatan SSD Anda.

Kinerja SSD Anda dapat ditingkatkan dengan menggunakan fungsi Trim. Intel Solid-State Drive Toolbox memungkinkan Anda menyesuaikan setelan Anda dengan setting yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang Anda butuhkan. Biasanya, ini termasuk kinerja yang lebih besar dengan konsumsi daya rendah.

Terkadang Anda juga diberi fitur untuk meningkatkan umur SSD Anda, dan semua faktor ini diingat saat merancang pengaturan penyesuaian perangkat lunak Anda.

Perangkat lunak ini menangani kinerja, waktu konsumsi, dan waktu respons SSD Anda bersama dengan seberapa banyak SSD Anda telah rusak berat. Anda bisa melakukan tes read dan write untuk mengetahui kecepatan akses dan kecepatan operasi yang berbeda. Semua ini bisa diatasi dalam waktu singkat.




7. SSD Ready
Digunakan secara eksklusif dengan Windows, SSD Ready digugat untuk optimalisasi SSD drive. Ini akan memberi tahu pengguna tentang kinerja dan penulisan yang telah dibuat sesuai keinginan dan perilaku penggunaan. Dengan menggunakan statistik ini, Anda dapat mengukur umur rata-rata SSD.

SSD Ready akan memberi Anda data tentang drive sambil meningkatkan performa Anda dengan menggunakan pengoptimalan. Secara umum, Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan SSD yang Anda gunakan saat ini.

SSD Ready hadir dalam dua versi - yang berbayar dan yang gratis.
Dengan menggunakan versi gratis Anda bisa mengetahui kinerja dan umur panjang drive Anda. Yang berbayar memiliki fitur canggih untuk membantu mengoptimalkan hal-hal untuk peningkatan SSD Anda.

Jika Anda ingin mengevaluasi sesuatu yang dapat Anda pilih dari salah satu partisi dan juga memiliki pilihan untuk memilih beberapa partisi. Ini akan memberitahu Anda data secara real time mengenai jumlah dan jenis reads dan writes ke disk Anda. Ini juga akan menabulasikan jumlah data yang saat ini ada di disk Anda.




8. SSD Tweaker
Software untuk Sistem Operasi Microsoft Windows, Tweaker SSD digabungkan dengan fitur untuk membantu Anda mengoptimalkan SSD yang saat ini Anda gunakan. Ini memiliki antarmuka pengguna yang sangat mudah digunakan.

Anda dapat mengoptimalkan dan mendapatkan analisis kinerja untuk drive Anda hanya dengan beberapa klik. Ada pilihan untuk System Restore yang disertakan dengan perangkat lunak ini sehingga dalam kasus skenario buruk Anda selalu dapat beralih ke pengaturan terbaik sebelumnya dan mengembalikan semua kehilangan data.

SSD Tweaker hadir dengan fitur yang bisa membantu mengoptimalkan SSD Anda. Anda dapat memilih mode Hibernasi untuk konsumsi daya yang lebih baik dan bahkan mengoptimalkan Trim dengan mengubah pengaturan individual.

Anda bisa mengecek fungsi Auto Tweak untuk memulai tweaking hanya dengan sekali klik dari pengguna. Ini sangat bagus daripada menggunakan secara manual melakukan segalanya dan menyelamatkan Anda dari masuk ke aspek teknis, terutama jika Anda tidak suka menjalankan banyak perintah.

Anda dapat memilih dari versi berbayar, yaitu untuk orang-orang yang menginginkan banyak pilihan lanjutan dan kontrol yang lebih banyak dengan optimisasi Trim. Versi gratis hadir dengan fitur dasar seperti System Restore dan mengelola file cache.




9. Tweak SSD
Tweak SSD hadir dalam dua versi - versi berbayar yang memiliki banyak fitur tambahan dan versi dasar yang gratis. Keduanya dapat diunduh dari situs web.

Tweak SSD memungkinkan Anda untuk men-tweak status sistem Anda dan men-tweaknya dengan cara yang mudah dimengerti sehingga Anda dapat melihat pengoptimalan dengan lebih jelas. Ini memiliki meter untuk menunjukkan dengan jelas apa yang terjadi - hijau menunjukkan bentuk terbaik, orange menunjukkan kesehatan normal dan merah mencerminkan bahwa SSD Anda dalam kondisi buruk dan mungkin memerlukan tindakan yang diperlukan paling cepat.

Anda juga akan mendapatkan saran tentang pengaturan mana yang akan diterapkan paling baik untuk kinerja yang Anda inginkan dan juga berdasarkan status SSD Anda. Pengaturannya hanya dengan klik, dan Anda dapat mengkonfigurasinya sesuai keinginan Anda.




10. SSD Segar
Ini adalah software yang mudah diinstal memiliki susunan khusus dari semua disk yang dapat ditemukan di sistem Anda. Anda dapat dengan cepat mengoptimalkan dan menganalisa kinerja dengan menggunakan potongan yang jelas secara langsung untuk memahami antarmuka.

Anda diberi pilihan untuk mengindeks pencarian dan drive menggunakan opsi Indexing, dan ini juga memungkinkan Anda defragment drive. Anda bisa memilih fitur self-monitoring sehingga Anda tidak perlu menjadi perangkat lunak sepanjang waktu dan terus mengoptimalkannya sendiri.

Salah satu fiturnya adalah menghindari akses menulis yang tidak perlu dan fitur lain yang mungkin membuat antarmuka menjadi tidak praktis. 

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Saya menggunakan SP V60.
    Apa ada tool yang cocok untuk ini?

    BalasHapus