Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Menggunakan Ok Google Bahasa Indonesia dari Android


Kini google telah mengembangkan berbagai inovasi untuk menarik pengguna layanannya. Sebagai salah satu search engine terbesar dan terpopuler di dunia ini, kini google membuat inovasi terbarunya yaitu Ok Google. Ok Google adalah sebuah layanan dari mesin pencarian google dengan menggunakan suara. Ok Google juga hadir dalam bahasa Indonesia. Kini anda sudah dapat menggunakannya di perangkat android. Lantas bagaimana cara menggunakan Ok google bahasa Indonesia dari Smartphone ? Kelebihan layanan apa yang didapat jika dibandingkan dengan pencarian google dengan mengetik kata kunci yang dicari. Berikut ini adalah cara menggunakan ok google bahasa Indonesia.

Berikut Cara Menggunakan OK Google

Mengaktifkan Ok Google Bahasa Indonesia
Saat ini anda dapat melihat tayangan di televisi terkait dengan iklan komersial yang mempromosikan Ok google ini yang memang sedang gencar. Melihat iklan tersebut, tentu setiap orang akan tertarik dan ingin mencoba layanan canggih dari google ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menggunakan ok google dari smartphone yaitu dengan mengaktifkannya terlebih dahulu.
  1. Pastikan bahwa aplikasi google yang terinstall pada perangkat adalah yang terbaru. Untuk memperbarui Google app, anda dapat secara langsung mengupdate melalui Play Store.
  2. Buka google app yang mempunyai ikon huruf G dengan warna yang khas logo google. 
    Cara Mengaktifkan OK Google
  3. Tekan menu yang mempunyai ikon 3 garis pada bagian kiri atas, kemudian tekan setelan, pilih suara, dan pilih deteksi Ok Google.  
  4. Selanjutnya beri tanda centang pada samping tulisan dari google app.

Pada beberapa perangkat, anda dapat mengubah setelah dalam mengaktifkan deteksi Ok google tersebut dari luar aplikasi google khusus ini dengan cara memberi tanda centang di samping tulisan selalu aktif atau dari semua layar, kemudian memasukkan model suara ke google.


Beberapa perangkat android juga mempunyai fitur perintah suara. Jika anda mengaktifkan setelan dari semua layar, maka layanan perintah suara lain menjadi tidak berfungsi, seperti Samsung galaxy S6 yang memiliki layanan S-Voice dengan menggunakan perintah Hi Galaxy. Perintah tersebut mungkin menjadi tidak berfungsi ketika anda sedang mengaktifkan Ok Google Bahasa Indonesia dengan setelan dari semua layar.

Mencoba Perintah Suara Untuk Ok Google Bahasa Indonesia
Jika ingin mencoba cara menggunakan ok google bahasa Indonesia ini, maka anda dapat secara langsung memberi daftar perintah suara yang sering digunakan orang lain untuk menjalankan Ok Google. Akan tetapi, jika anda ingin mencoba keberhasilan atau keakuratan dari Ok google ketika melakukan perintah, maka anda dapat mencoba beberapa perintah suara yang telah banyak dipakai oleh pengguna layanan Ok google ini.

Jika ingin melakukan pencarian dalam aplikasi, maka lakukan dengan menyebut nama aplikasi tersebut, misalnya jika anda ingin mengatakan sebuah perintah, Ok Google, tampilkan ketersediaan Instacart. Maka secara otomatis google akan membuka aplikasi instacart tersebut dan menampilkan ketersediaannya. Namun ketika anda hanya mengatakan perintah, Ok Google, tampilkan ketersediaan, maka google menawarkan beberapa pilihan kepada anda.

Perintah Umum
Anda dapat mencari berbagai hal dengan memberi perintah pada Ok google ini. Ada beberapa jenis perintah umum yang sering dipakai dalam Ok google. Pada layanan ini, anda dapat menyebutkan perintah apapun. Pada dasarnya Ok Google tersebut memiliki fungsi yang sama dengan mengetik keyword di Google. Perbedaannya hanya terletak pada pencarian atau keyword yang disampaikan melalui suara. Sedangkan untuk google search biasanya mengharuskan anda untuk mengetik keyword yang ingin dicari terlebih dahulu.

Mengontrol Aplikasi dan Perangkat
Jika seseorang mengira Ok google hanya dapat melakukan pencarian seperti search engine, maka hal itu adalah kurang tepat. Layanan Ok Google ini juga dapat dipakai untuk mengontrol berbagai aplikasi dan perangkat yang sedang anda gunakan dengan berbagai perintah seperti, buka whatsapp, take a photo, aktifkan wifi, dan sebagainya.

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan Ok Google ini sebagai alarm atau pengingat sesuatu. Hanya dengan membuka google app, kemudian klik pada ikon bergambar mikrofon kemudian anda dapat memberi perintah seperti bangunkan aku jam 5 pagi setiap hari, kapan alarm berikutnya, dan sebagainya.


Kehadiran Ok google ini tentu disambut dengan baik oleh Google. Tentu dengan layanan ini dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitas khususnya di perangkat android. Anda dapat menggunakan layanan Ok Google bahasa Indonesia tersebut saat sedang melakukan berbagai aktivitas lain yang tidak memungkinkan untuk mengetik, seperti saat makan, menyetir, dan sebagainya.

Demikian adalah cara menggunakan Ok Google Bahasa Indonesia di Android. Kreasikan berbagai perintah dengan menggunakan layanan Ok Google Bahasa Indonesia ini. Dengan hadirnya layanan Ok google bahasa Indonesia ini tentu akan memudahkan anda dalam melakukan berbagai perintah.

0 komentar:

Poskan Komentar