Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mengetahui Perangkat Android MTK Atau Bukan

Sebelum kita menggali ke topik hari ini, itu akan sangat penting bagi kita untuk pertama kali mengidentifikasi atau mengetahui apa itu MTK dan singkatan dari apa dan apa itu benar-benar berarti untuk kepentingan orang-orang yang mungkin terdengar asing bagi mereka.

Apa yang di maskud MTK?
Sehubungan dengan topik ini, MTK singkatan dari MediaTek, dan MediaTek adalah sebuah chip manufaktur perusahaan terkenal yang berbasis di Taiwan yang sebagian besar jasa kontraktor produk mereka, maka mereka dianggap sebagai perusahaan Fabless.

Mereka mengkhususkan diri dalam pembuatan Central Processing Unit (CPU chip) untuk telekomunikasi nirkabel, HDTV, DVD dll tuntutan terbesar mereka berasal dari pasar teknologi ponsel Cina.

Deskripsi sedikit dari MTK, Anda dapat menyimpulkan sekarang bahwa ketika kita mengatakan ponsel MTK, kita berbicara tentang ponsel yang menggunakan chip MTK.

MTK merupakan pemasok chip terbesar mereka ke pasar teknologi mobile Cina, sekarang memberitahu kita bahwa sebagian besar perangkat mobile yang diproduksi di Cina adalah perangkat MTK.

Namun hanya sebagian dan tidak semua menggunakan MTK, karena ada perusahaan terkenal semikonduktor lain selain dari MTK yang juga melayani pasar Cina dan pasar teknologi mobile lainnya di seluruh dunia. Salah satunya adalah SPD (Spreadtrum).

Tapi di artikel hari ini kita akan berfokus pada cara mengetahui MTK di ponsel Android. Karena chip ini adalah komponen hardware dan dengan model yang tertanam di dalam perangkat, akan sulit untuk mengetahui apakah terdapat perangkat MTK, SPD dan lain-lain.

MTK kebanyakan dari ponsel Cina seperti Tecno, Gionee, Infinix, Xiaomi dll. Dalam kenyataannya apa yang saya ingin jabarkan disini dapat membantu Anda dalam membedakan perangkat Android asli dari yang palsu. Dengan kata lain, ponsel kloning dari produsen lain meniru produsen asli seperti Samsung, HTC, LG dan sisanya dapat dengan mudah dideteksi dengan metode ini.

Sekarang bagi Anda yang benar-benar ingin melihat perangkat android Anda adalah perangkat MTK atau tidak, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini;

Untuk mengetahui perangkat MTK atau bukan Anda harus mendownload aplikasi CPU-Z di play store.

Setelah instalasi selesai, maka buka aplikasi dan Anda akan melihat semua informasi ponsel Anda dan model komponen hardware. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengetahui MTK Android

Sedangkan pada aplikasi yang terbuka, Anda akan melihat sekitar 5 tombol menu di bagian atas; SOC (System on Chips), System, Battery, Sensors dan About menu.

Pada menu SOC, Anda akan melihat chip dan model perangkat Anda yang ditulis di bagian atas layar. Pada cara lain Anda juga dapat menavigasi ke menu system untuk melihat komponen hardware. Model untuk perangkat MTK selalu tertulis dengan Mt, sedangkan Spreadtrum sering mulai dengan SPD atau SC.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi model lain dan chipset dari perangkat android. Nah bagi perangkat Samsung palsu, ketika Anda menggunakan aplikasi ini dan terdapat chipset yang digunakan adalah MTK, maka itu bukanlah dari produk asli Samsung, karena Samsung memiliki chipset sendiri seperti pada Exynos dan selain dari itu, mereka juga lebih suka menggunakan chipset Amerika seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia dll.

Jadi jika Anda suka dengan cara mengatahui perangkat Android MTK Atau Bukan ini, silakan Anda dapat menggunakan kotak komentar untuk mengekspresikan diri dan juga berbagi ke teman Anda sehingga mereka juga bisa mendapat pengetahuan ini. 

0 komentar:

Poskan Komentar