Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Inilah Penyebab Diabetes Dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Diabetes Dan Cara Mengatasinya - Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena kurangnya zat yang menghasilkan pankreas yang berguna untuk mengolah zat gula yang disebut dengan insulin. Diabetes sendiri biasanya disebut dengan kencing manis ataupun penyakit gula darah.

Tentu jika sudah mengalami hal ini, maka akan ada gangguan pada sistem metabolisme pada tubuh anda. Dan diabetes ini tidak bisa untuk disembuhkan, tetapi kadar gula darah masih bisa dikontrol. Dalam mengkonsumsi sebuah makanan masih saja tidak bisa menolong, karena gula yang ada di dalam masih tidak bisa memprosesnya menjadi tenaga secara normal.


Apabila anda mengalami penyakit atau terkena oleh penyakit diabetes, sebaiknya anda mencari penyebab diabetes tersebut dan juga mencari bagaimana cara mengatasi diabetes tersebut. Dan bagi anda yang mengalami penyakit dibates, berikut ini penyebab diabetes dan cara mengatasinya. -serbaCARA.com

Penyebab Diabetes Pada Seseorang

1. Penyebab Diabetes
Penyebab Diabetes Tipe 1
Penyebab Diabetes
Untuk diabetes tipe ini ini sistem imun pada tubuh anda yang biasanya berfungsi untuk melawan virus dan juga bakteri malah akan menyerang hormone insulin. Dan hal ini akan membuat anda akan membuat anda kekurangan bahkan anda tidak memiliki insulin. Hal ini akan mengantarkan ke dalam sel dan gula akan menumpuk berada di dalam aliran darah.

Penyebab Prediabetes dan Diabetes Tipe 2
Untuk kondisi ini bisa menyebebkan diabetes tipe 2. Dan pada tipe ini sel akan menjadi resisten terhadap hormone insulin. Dan hal ini bisa menyebabkan pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup. Dan hal ini bisa menyebabkan gula akan menumpuk berada di dalam darah. Untuk penyebab hal ini masih belum diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif adalah faktor yang penting.

Penyebab Gestational Diabetes
Pada saat kondisi prediabetes yang bisa menyebabkan diabetes tipe 2 adalah sel telah menjadi resisten terhadap hormone insulin yang ada di tubuh. Hal ini juga menyebabkan pankreas yang ada di dalam tubuh menjadi tidak bisa menghasilkan insulin. Kemudian alih-alih mengalirkan kedalam sel dan gula akan menumpuk berada di dalam darah. Penyebab pastinya masih belum diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif juga merupakan faktor yang penting.

Penyebab Gestational Diabetes
Disaat anda mengalami kehamilan, plasenta akan memproduksi hormone yang berguna untuk menopang kehamilan. Hormon ini berguna untuk membuat sel lebih resisten terhadap hormon insulin. Kemudian disaat plasenta sedang mengalami pembesaran pada bulan kedua dan juga ketiga, maka hormon tersebut akan menjadi semakin banyak dihasilkan.

Kemudian normalnya pankreas juga akan menghasilkan banyak insulin. Tetapi pankreas terkadang juga tidak bisa meresponnya jadi tidak bisa menghasilkan. Hal ini bisa membuat glukosa menjadi banyak dan menumpuk di darah dan tidak bisa terserap kedalam sel.


2. Faktor Resiko Terkena Diabetes
Faktor Resiko Diabetes Tipe 1
Berbicara tentang penyebab diabetes untuk tipe 1 masih belum bisa untuk diketahui. Tetapi faktor keturunan juga bisa mempengaruhi hal ini. Kemudian faktor lainnya yang bisa menyebabkan terkena penyakit ini karena terkena oleh virus.

Faktor Resiko Diabetes Tipe 2
Berbicara tentang faktor resiko diabetes tipe 2 sangat banyak sekali faktor resikonya, antara lainnya yaitu:
  • Lemak : Semakin banyak lemak yang ada pada jaringan tubuh kita, maka semakin tinggi juga resistansinya pada insulin.
  • Faktor Keturunan : Penyebab dari diabetes biasanya juga bersumber dari sejarah keluarga atau keturunan. Jadi, apabila keluarga anda ada yang terkena oleh penyakit diabetes, sebaiknya anda perlu waspada agar penyakit tersebut tidak terjadi kepada diri anda.
  • Perilaku Pasif : Perilaku pasif juga bisa membuat lemak yang ada dalam tubuh anda tidak terbakar. Aktivitas fisik ini akan membantu mengontrolnya dan jika semakin banyak penggunaan dari glukosa untuk energi, maka akan semakin sensitif sel yang ada ditubuh anda terhadap glukosa.
  • Usia : Resiko diabetes ini juga akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia dimana disaat aktifitas fisik anda telah menurun.
  • Polycystic Ovary Syndrome : Penyakit ini bisa ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur kemudian tumbuh rambut yang terlalu banyak dan juga mengalami obesitas.
Kemudian untuk kondisi lainnya yang terkait dengan diabetes antara lain adalah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan juga Kolestrol tinggi.

3. Cara Pencegahan Penyakit Diabetes
Berbicara tentang diabetes tipe 1 penyakit tersebut tidak bisa untuk dicegah. Tetapi untuk diabetes tipe 2 masih bisa untuk anda cegah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Cara mengatur pola hidup yang sehat yaitu dengan melakukan :
  • Makan Makanan yang sehat dengan kalori dan lemak yang rendah
  • Melakuakan aktifitas fisik seperti berolahraga dengan teratur
  • Menjaga berat badan dengan teratur agar ideal
  • Tidak merokok ataupun meminum minuman yang mengandung alk*hol.

0 komentar:

Poskan Komentar