Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Menyembunyikan File di Android ke Dalam Folder

Cara menyembunyikan file di Android ini tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, sebab jika menggunakan aplikasi tambahan mungkin membuat smartphone Android kamu malah menjadi lambat dan memori jadi semakin penuh, itu merupakan salah satu alasan seseorang yang enggan menyembunyikan file di dalam folder dengan aplikasi. Sebenarnya memang banyak aplikasi untuk menyembunyikan folder di Android yang tersedia di Play Store, namun apa boleh buat jika kita ingin tanpa menggunakan aplikasi.

Setiap orang memang memiliki koleksi data pribadi yang mungkin tidak boleh ada yang mengetahui alias rahasia. Dulu biasanya orang menyimpan data rahasia di komputer sebelum ada smartphone, namun setelah ada smartphone rata-rata orang menggunakan smartphone Android untuk menyimpan berbagai data koleksi. Tentu saja tujuannya adalah untuk mempermudah mengaksesnya dimanapun dan kapan pun tanpa harus ribet. Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Mudah

Oleh karena itu pada artikel ini kita akan mencoba cara menyembunyikan file di Android ke dalam folder tanpa mendownload dan menginstall aplikasi. Sehingga koleksi data pribadi kamu akan tersembunyi dan tersimpan dengan aman tanpa memberatkan kinerja ponsel kamu.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi

Pertama buka file manager atau sejenisnya dan letakkan semua koleksi data pribadi mu di satu folder, mungkin bisa file seperti video, foto, dokumen, atau lainnya.

Cara Mengunci Folder

Kemudian ubah nama folder tersebut dengan menambahkan titik di bagian depan dan jangan lupa untuk memastikan bahwa tanpa ada spasi diantara titik dengan nama folder yang berisi data pribadi kamu tersebut.

Apabila sebelum file pribadi kamu seperti foto dan video muncul di galeri atau media palyer maka setelah di sembunyikan akan hilang. Sehingga data pribadi kamu hanya akan terlihat melalui folder tadi saja.

Cara Menyembunyikan File di Android

Jika Hidden Directories belum kamu aktifkan maka setelah kamu mengganti nama folder tersebut maka foldernya tidak akan terlihat entah itu menggunakan explorer atau di file manager itu sendiri. Untuk mengatasi hal itu maka sekarang klik Options di file manager dan kemudian pilih "Settings". Centang pada "Hidden Directories" supaya folder-folder yang tersembunyi bisa terlihat termasuk folder yang kamu ganti namanya tadi.

Setelah itu cek dan lihat semua folder dengan nama titik di depannya akan terlihat semuanya. Supaya benar-benar tersembunyi dan file pribadi kamu tidak sedang digunakan maka nonaktifkan saja "Hidden Directories"-nya.

Cara menyembunyikan file di Android tanpa aplikasi ini bisa dibilang sangat mudah dan simpel untuk dilakukan karena tidak harus memerlukan keahlian tertentu. Sangat jarang sekali orang yang mengetahui trik ini sehingga banyak sekali yang percaya dengan aplikasi yang memang di khususkan untuk menyembunyikan data pribadi, namun terkadang beberapa aplikasi malah tidak bisa digunakan dengan baik karena memang ada beberapa batasan system. Jika menurut kamu artikel ini sangat bermanfaat maka bisa like dan share ke sosial media melalui tombol dibawah artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba!!

0 komentar:

Poskan Komentar