Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Membeli Rumah Melalui KPR Dengan Mudah

Cara Membeli Rumah Melalui KPR Dengan Mudah – Rumah merupakan sebuah impian atau kebutuhan dari setiap manusia. Salah satunya rumah kita gunakan sebagai tempat tinggal yang berguna sebagai tempat beristirahat tentunya sangat diprioritaskan untuk kita miliki. Tetapi salah satu hal yang bisa terjadi pada setiap tahun harga sebuah rumah semakin tinggi tentu hal ini bisa membuat semua orang menjadi tidak mampu untuk memiliki rumah yang  di inginakan.

Kemudian berbicara tentang pembelian rumah secara kontan seringkali juga bisa membuat banyak orang semakin menjadi sulit lantaran mereka diharuskan menyiapkan banyak uang. Tetapi untuk kali ini bagi anda yang ingin memiliki rumah yang sudah anda idamankan, anda bisa menggunakan cara efektif dengan melakukan pembelian rumah secara kredit melalui KPR.

Membeli rumah dengan cara kredit atau dengan mencicil bisa membuat anda bisa memiliki rumah idaman tanpa perlu menyiapkan banyak uang secara langsung. Dan bagi anda yang ingin membeli rumah dengan KPR, berikut ini cara membeli rumah melalui KPR dengan mudah.

Cara Membeli Rumah Dengan Baik Dan Benar

Cari Rumah Yang Akan Di Beli
Untuk cara pertama silahkan anda terlebih dahulu mencari atau menemukan rumah yang ingin anda beli dengan cara kredit. Untuk mencari rumah ini anda bisa langsung mendatangi bank dan meminta informasi seputar lokasi rumah yang tersedia yang bisa dilakukan untuk kredit KPR. Kemudian anda juga bisa mencari rumah sendiri ataupun perumahan melalui internet, Koran, survey langsung ke lokasi ataupun melalui iklan dari rumah KPS ini.

Beli RumahKemudian agar menjadi lebih efektif disaat anda ingin mencari rumah sebaiknya anda mencari beberapa pilihan rumah yang ingin anda beli dan bandingkan dari sisi harga, proses kredit KPR dan juga lain-lainnya perlu untuk anda perhatikan.

Menanyakan Tentang Seputar Rumah Tersebut
Kemudian jika anda sudah menemukan rumah yang ingin anda beli melalui KPR, selanjutnya anda sebaiknya menanyakan tentang seputar rumah tersebut. Anda bisa menanyakannya seputar harga, uang muka, cicilan dan juga tanda jadinya. Lalu anda juga perlu menanyakan juga apakah rumah itu sudah dibangun atau akan dibangun setelah anda membayar uang mukannya.

Selanjutnya silahkan anda perhatikan atau lihatlah gambar dari sebuah dena ataupun desain dari rumah tersebut. Lalu pastikan juga bahwa lokasi dari rumah tersebut benar dan janganlah lupa untuk anda cek fasilitas rumah tersebut. Apabila rumah baru akan dibangun, sebaiknya anda harus mengetahui berapa lama pembangunan tersebut dilakukan. Jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana proses untuk kredit KPR rumah nantinya. -serbaCARA.com

Melakukan Pembayaran Tanda Jadi
Apabila semua informasi yang diberikan sudah jelas, selanjutnya silahkan anda lakukan pembayaran tanda jadinya. Tanda jadi ini akan berguna bagi anda bahwa anda sudah membooking yang bisa anda gunakan sebagai bukti pemesanan rumah sehingga rumah yang ingin anda beli tidak bisa dibeli oleh orang lain dan agar harganya tidak naik jika tidak untuk segera dibayarkan.

Tetapi beberapa developer memiliki aturan yang berbeda tentang tanda jadi ini. Beberapa developer ada yang membebaskan tanpa perlu ada batasan waktu, kemudian ada juga yang harus membayar uang muka untuk beberapa waktu dan ada juga developer yang hangus jika mereka tidak jadi. Jadi perhatikan juga aturan-aturan dari developer tersebut.

Membayar Uang Muka KPR
Jika anda sudah melakuakn tanda jadinya, selanjutnya anda bisa melakukan prosedur selanjutnya dengan cara membayar uang muka KPR. Dari beberapa developer telah menyatakan bahwa tanda jadi adalah bagian dari uang muka yang ditentukan. Jadi apabila aturannya demikian maka anda hanya perlu membayarkan beberapa sisanya saja dari tanda jadi tersebut. Kemudian uang muka yang telah diberikan akan dikembalikan apabila pengajuan KPR rumah anda telah ditolak oleh pihak bank.

Mengajukan KPR Kepada Pihak Bank
Tahap selanjutnya apabila uang muka anda telah anda lunasi, selanjutnya anda bisa mengajukan kredit KPR kepada pihak Bank yang telah anda pilih. Pada proses ini biasanya developer akan membantu anda untuk mengurus pengajuan anda kepada bank yang telah menjadi partnernya. Tetapi apabila anda telah memilih bank yang bukan partner dari developer tersebut, maka anda perlu memproses pengajuan kredit KPR tersebut dengan sendiri.

Untuk mengajukannya ada beberapa persyaratan yang perlu anda lengkapi untuk pengajuan seperti fotokopi rekening Koran tabungan, surat keterangan bekerja, slip gaji terakhir, pegawai tetap 2 tahun, fotokopi KK, KTP, Surat Nikah dan juga lain-lainnya tergantung dari pihak bank. Kemudian untuk waktu pengajuan rumah KPR membutuhkan waktu 1 bulan dalam pengajuannya.

Kemudian pada waktu satu bulan, pihak bank anda melakukan survey mulai dari tempat anda bekerja, pengecekan ke Bank Indonesia (BI) untuk memastikan bahwa anda dan juga istri anda tidak memiliki blacklist atau memiliki catatan kredit bermasalah.

0 komentar:

Poskan Komentar