Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Menghapus Partisi Hardisk di Windows PC/Laptop

Cara Menghapus Partisi Hardisk di Windows PC/Laptop - Pada sebuah sistem komputer terdapat memori atau tempat penyimpanan data dan sebagainya yang bernama HDD atau hardisk. Kapasitas pada hardisk pun macam-macam dan jenis konektornya pun juga berbeda hingga kecepatan RPM-nya juga bervariasi. Namun kapasitas yang lebih besar dan memiliki RPM yang paling tinggi serta jenis sata yang paling baik maka kita juga membutuhkan partition pada HDD tersebut. Tujuan mempartisi hardisk adalah untuk mempermudah penggunanya dalam menyimpan data, entah itu data aplikasi, data pribadi, game, atau lainnya. Dengan mempartisi Hardisk menjadi beberapa bagian juga tidak membuat hardisk lambat saat digunakan, misalnya pada OS di partisi sendiri di drive C dengan size paling kecil 60 GB untuk memperlancar kinerja sistem operasi dan beberapa aplikasi yang harus di instal di drive C.

Nah apabila pengguna menggunakan kapasitas Hardisk sebesar 500GB/1TB misalnya dan tanpa ada partisi maka makin lama hardisk tersebut akan bekerja lambat jika makin lama di tambah data karena dalam satu ruangan di tempati banyak data tanpa membagi menjadi beberapa ruangan. Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel cara membuat partisi hardisk yang terdahulu, namun sebaliknya pada penjelasan artikel hari ini, yakni cara menghapus partisi di hardisk Windows.

Bagi Anda yang kesulitan dalam cara menghapus partisi di Windows PC/Laptop maka pada hari ini saya akan membagikan cara tersebut. Partisi pada hard drive/HDD dapat dihapus karena tidak sedang digunakan. Misalnya, jika Windows diinstal pada partisi yang ingin Anda hapus, maka itu tidak dapat dilakukan karena Anda login ke Windows tersebut. Untuk menghapus partisi pada hard drive/HDD, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Peringatan: Menghapus partisi akan menghapus data yang saat ini tersimpan di dalamnya secara permanen, Jadi silahkan untuk backup terlebih dahulu.

Berikut Langkah Cara Menghapus Partisi Hardisk di Komputer

1. Yang pertama harus dilakukan adalah menuju ke Disk Management dengan cara menuju ke My Computer dan klik kanan pada Computer, kemudian pilih Manage dan pilih Disk Management. Jika di Windows 8 tinggal tekan tombol Windows + X dan pilih Disk Management.

Cara Menghapus Partisi Hardisk

2. Pada jendela Disk Management Anda akan melihat daftar partisi hardisk di komputer Anda. Jika terdapat "Unallocated" dan bertanda hitam maka HDD tersebut belum dipartisi. Dan apabila riang hardisk terdapat huruf drive maka ruang tersebut telah di partisi.

3. Cari dan pilih partisi yang ingin Anda hapus.

4. Klik kanan pada partisi tersebut dan pilih opsi Delete Volume dari menu drop-down yang muncul.

Catatan: Jika opsi Delete Volume berwarna abu-abu ketika mengklik kanan, maka partisi tersebut tidak dapat dihapus.

5. Akan ada pesan pop-up mungkin muncul untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus partisi; klik Yes.

6. Setelah partisi telah dihapus, itu akan terdaftar sebagai ruang yang tidak dapat dialokasikan.

Cara Hapus Partisi Hardisk Tanpa Instal Software

Mungkin begitulah cara hapus partisi hardisk di Windows PC/Laptop secara mudah tanpa harus menambah software lain. Memang sangat simpel sekali cara menghapus partition hardisk daripada membuat partisi baru yang harus menghitung kapasitas yang mau di partisi. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga berguna untuk Anda. Terima Kasih sudah berkunjung.

0 komentar:

Poskan Komentar