Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Begini Cara Mendownload Tanpa IDM dengan Cepat dan Tanpa Ribet

Selain dapat digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan beragam informasi, internet juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan, khususnya bila anda termasuk orang yang gemar menonton beragam konten video yang terdapat di berbagai situs berbagi video, contohnya seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo dan lain sebagainya. Agar anda dapat menikmati konten video yang anda sukai secara berkali-kali tanpa perlu khawatir kuota internet anda akan terkuras terlalu banyak, maka yang perlu anda lakukan adalah mengunduh atau mendownload video tersebut. Selain untuk mendownload video, cara mendownload tanpa IDM juga dapat dipraktekkan ketika anda ingin mendownload beragam jenis file lainnya, mulai dari dokumen, e-book dan juga audio/mp3.

Sebelum menjelaskan mengenai cara mendownload tanpa IDM, perlu anda ketahui, bahwa kebanyakan orang memang lebih sering mendownload dengan menggunakan software tertentu, salah satu contohnya adalah dengan menggunakan sebuah software yang bernama Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan sebutan IDM. Hal tersebut, sangat wajar  pasalnya mendownload video dengan IDM tergolong lebih praktis dan cepat. Namun, sayangnya IDM merupakan salah satu software berbayar, sehingga bila anda ingin menggunakannya, maka anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Cara Download

Tetapi, jangan terlalu khawatir, sebab walaupun PC anda tidak dilengkapi dengan IDM, anda tetap bisa mendownload beragam file termasuk video dengan proses download yang tergolong cepat. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda tetap bisa mendownload beragam file dalam berbagai ukuran dengan mudah dan juga dengan kecepatan proses download yang tidak kalah cepat bila dibandingkan ketika anda mendownload file dengan IDM. Nah, bila anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli IDM, maka cara mendownload tanpa IDM berikut ini layak anda coba:

Cara Mendownload Tanpa IDM di Laptop atau Komputer dan Semua Perangkat

1.    Hindari mendownload beberapa file secara bersamaan
Setiap orang pasti ingin mengerjakan segala sesuatu secara cepat, termasuk ketika mendownload file yang jumlahnya cukup banyak. Oleh sebab itu seringkali mereka mendownload beberapa file tersebut dalam satu waktu secara bersamaan, namun hasilnya bukan cepat selesai, malah proses download menjadi lelet.

Kecepatan internet yang tidak maksimal itu disebabkan karena kecepatan proses downloadnya akan terbagi untuk beberapa tempat sehingga akan berjalan lebih lambat dan malah seringkali hasilnya tidak maksimal, sebab proses download bisa saja mendadak berhenti ditengah jalan. Oleh sebab itu, bila anda mendownload tanpa IDM, maka sebaiknya unduh beberapa file yang anda perlukan tersebut satu per satu, agar proses download lebih cepat dan hasil downloadnya pun sempurna.

2.    Pilih sumber download yang letak servernya lebih dekat
Mendownload file yang berasal dari server di negara yang sama dengan anda akan membuat proses download menjadi lebih cepat, karena perlu anda ketahui bahwa cepat atau lambatnya proses download file juga dipengaruhi oleh letak sumber file, apakah dekat atau jauh dari posisi anda ketika mendownload file tersebut, apalagi bila sumber file tidak dilengkapi dengan server back up di negara yang sama dengan anda, maka bisa dipastikan proses downloadnya akan lebih lambat. Oleh sebab itu, sebelum mendownload sebaiknya perhatikan lebih dulu domain terakhir dari file tersebut, bila domain terakhirnya adalah .co.id yang merupakan nama domain Indonesia, maka proses download pun akan lebih cepat.

3.    Atur kecepatan bandwidth dari PC yang anda gunakan
Mengatur kecepatan bandwidth dari PC yang anda gunakan menjadi kecepatan maksimal, merupakan salah satu cara yang paling efektif ketika anda mendownload file tanpa IDM. Bila anda sudah mengubah settingnya menjadi kecepatan maksimal, maka anda bisa mendapatkan kecepatan download yang lebih cepat.

4.    Pilih browser yang memiliki kekuatan tinggi
Selain browser Internet Explorer yang merupakan browser bawaan Microsoft, kini anda juga dapat menggunakan beragam browser untuk dijadikan sebagai sarana browsing dan juga download. Agar kecepatan proses download lebih cepat, maka pilihlah yang memiliki kecepatan paling cepat. Hal tersebut dapat anda ketahui dari spesifikasi yang tertulis pada browser tersebut.

5.    Kecepatan proses download akan cenderung lebih cepat di malam hari
Biasanya, kecepatan internet akan menjadi lebih cepat di malam hari, alasannya sederhana, ketika malam, cukup jarang orang yang menggunakan internet. Oleh sebab itu, bila anda ingin mendownload file yang ukurannya tergolong jumbo, contohnya seperti file film, maka sebaiknya download file tersebut di malam hari.

Nah, bagaimana, cukup mudah bukan, cara mendownload tanpa IDM yang dapat anda coba praktekkan tersebut? Dengan mengikuti beberapa cara yang sudah dijelaskan seperti diatas, maka bukan tidak mungkin lagi, anda dapat mengunduh beragam file dalam berbagai ukuran dengan proses kecepatan download yang tak kalah cepatnya pada saat anda mendownload dengan menggunakan Internet Download Manager (IDM).

0 komentar:

Poskan Komentar