Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Smartphone Android Tanpa Root

Ini merupakan Salah satu permasalah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang yakni para pengguna gadget Android khususnya bagi mereka yang memiliki smartphone dan tablet yang memori internalnya hanya 512 MB hingga 1 GB adalah mengenai cepatnya memori internal gadget mereka penuh sehingga membuat kinerja smartphone atau tablet tersebut menjadi lemot. Peran memori internal memang sangat penting bagi sebuah perangkat Android, disamping itu setiap aplikasi yang terinstall dalam perangkat Android akan langsung tersimpan di dalam memori internal, oleh sebab itulah, bila anda terlalu banyak mendownload aplikasi, maka memori internal akan menjadi cepat penuh.

Lalu, bila sudah seperti itu, maka biasanya jalan yang akan diambil adalah menghapus beberapa aplikasi yang dirasa kurang penting, namun bagaimana bila semua aplikasi yang anda install ke dalam smartphone atau tablet Android merupakan aplikasi yang penting? Apa yang harus anda lakukan? Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal atau yang lebih dikenal dengan sebutan SD Card. Tapi, muncul masalah lainnya, yaitu anda belum tahu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke SD Card. Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kali ini kami akan memberikan beberapa cara mudah untuk memindahkan aplikasi ke SD Card.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Berikut 2 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card:

1.    Menggunakan cara manual
Sesuai namanya, untuk memindahkan aplikasi ke SD Card dengan cara ini maka anda harus memindahkannya secara manual, maksudnya memindahkan satu per satu aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SD Card). Cara seperti ini memang agak merepotkan, apalagi bila aplikasi yang akan dipindah jumlahnya cukup banyak, namun positifnya cara ini akan membuat smartphone atau tablet Android anda menjadi lebih aman. Untuk melakukan cara ini, perhatikanlah langkah-langkah berikut ini:
  • Masuk ke menu pengaturan (Setting).
  • Lalu, pilihlah opsi Apps.
  • Kemudian, seleksi aplikasi apa saja yang akan anda pindahkan ke SD Card.
  • Setelah itu, langkah terakhir adalah pindahkan aplikasi yang telah anda seleksi tadi satu per satu ke SD Card dengan menekan tombol Move to SD Card.

2.    Menggunakan bantuan PC
Cara memindahkan aplikasi ke SD Card yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan PC. Untuk menggunakan cara ini, selain smartphone Android anda sebelumnya juga harus menyiapkan beberapa peralatan, yaitu kabel data, USB Driver dan File MovetoSD (anda perlu mendownload file tersebut terlebih dahulu) agar dapat dijalankan di PC. Setelah semua alat dan bahan sudah siap, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan Mode Debugging di smartphone Android anda, agar dapat terbaca di PC. Untuk mengaktifkan mode tersebut, ikuti langkah berikut ini Settings > Developer Options > Beri tanda centang pada USB Debugging.
  • Kemudian hubungkan smartphone Android anda ke PC dengan menggunakan kabel data.
  • Setelah itu, dengan menggunakan WinRAR PC lakukan ekstrak pada file MovetoSD yang sebelumnya sudah anda download tadi.
  • Setelah dilakukan pengekstrakkan, maka nantinya akan muncul file dengan nama Enable Move to SD.bat kemudian jalankan file tersebut.
  • Setelah file dijalankan, lakukan double klik pada file Enable Move to SD dan kemudian akan muncul Command Prompt atau CMD. Tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai.
  • Bila proses sudah selesai, kembali masuk ke menu pengaturan (Settings) di smartphone Android anda kemudian pilih Manage Applications.
  • Setelah itu pilih salah satu aplikasi yang ingin anda pindahkan dan klik tombol Move to SD Card.
Selain kedua cara memindahkan aplikasi ke SD Card yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya ada satu cara lagi yaitu dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi yang bernama Link2SD, namun sebelum menggunakan cara tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone Android anda sudah mengalami proses root. Bila belum, maka aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk membantu memindahkan aplikasi ke SD Card.

Artikel Tentang Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Pada Ponsel Android

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, namun perlu anda ingat sebaiknya memang anda tidak terlalu banyak mendownload aplikasi khususnya aplikasi yang berukuran berat, misalnya seperti beragam game dengan kualitas HD, terlebih lagi bila smartphone Android yang anda gunakan tidak dilengkapi dengan sektor memori intenal yang berukuran besar.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card memang tergolong tidak terlalu rumit, namun bila ada satu saja kesalahan langkah yang anda lakukan maka akan dapat menimbulkan dampak yang cukup fatal terhadap perangkat Android itu sendiri, oleh sebab itu, bila sekiranya tidak terlalu penting, jangan menyimpan terlalu banyak aplikasi di dalam smartphone atau tablet Android anda. Selain itu, sebaiknya secara rutin anda juga harus selalu melakukan proses update aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat Android agar kinerja aplikasi-aplikasi tersebut lebih efisien.

0 komentar:

Poskan Komentar