Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Ikuti Cara Membuat File ISO Dengan Menggunakan Beberapa Perantara

Mulai dari tahun 2013 ke atas, sudah banyak dijumpai laptop tipis yang sudah tidak lagi mempunyai slot untuk DVD dan CD, ini karena penggunaan kedua penyimpanan ini sudah tergantikan dengan flashdisk, bahkan kini kuota penyimpanannya hingga 64 GB, hampir setara dengan harddisk komputer tahun 2005 ke bawah bukan. Namun sayangnya untuk beberapa software masih menggunakan CD dan DVD untuk penyimpanan yang lebih aman dari virus, Anda bisa menggantikan peran DVD ekstrenal dengan menggunakan file ISO. Apakah itu file iso? Bagaimana cara membuat file iso? Ikuti ulasan berikut ini.

Beberapa Cara Membuat File Iso Yang Bisa Anda Gunakan
Bagi penggila teknologi dan para gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan file iso, ini adalah cara pengarsipan yang akan menghilangkan ketergantungan pada CD dan DVD, karena semua bisa dilipat rapi dalam satu file iso. ISO merupakan media yang kita gunakan, biasanya CD dan DVD, sedangkan file iso adalah software yang bisa mengkonversikan data yang berasal dari CD dan DVD sehingga membuat file bisa disimpan langsung dikomputer tanpa membawa media penyimpanannya. Ini akan sangat memperingan kinerja Anda bukan, maka dari itu mulai cari tahu bagaimana cara membuat file iso, ini akan sangat membantu kinerja pengguna komputer secara cepat dan efisien.
Cara Membuat File ISO
Banyak orang lebih memilih untuk mengkonversikan datanya ke file iso, sehingga bisa lebih mudah dan praktis ketika mencarinya. Selain itu akan lebih hemat karena tidak perlu lagi menggunakan keping DVD dan CD, bahkan bisa menjadi salah satu media back up jika terjadi kerusakan atau kehilangan data secara mendadak, kini Anda bisa melangkah kemanapun hanya dengan membawa laptop bukan. Sayangnya file iso tidak bisa dilakukan secara individu oleh komputer, membutuhkan media pembantu lainnya. Jangan khawatir karena tidak lagi berbayar, pasalnya sudah ada media penyedia gratis yang bisa memudahkan Anda untuk mengkonversikan data tersebut. -serbaCARA.com

Beberapa Software Perantara Cara Membuat File Iso

Anda bisa mendapatkan beberapa software yang bisa membantu cara membuat file iso, bahkan beberapa di antaranya sudah sangat populer dan akan dengan mudah untuk Anda dapatkan. Berikut ini ada 3 software yang bisa membantu Anda, jangan khawatir para pemula bisa menggunakan dengan baik dan mudah :

•    Buat file iso Dengan Menggunakan Aplikasi Daemon Tools Lite
Ini adalah salah satu aplikasi untuk membuat file iso yang bisa dibilang terbaik dan menjadi andalan banyak orang, meskipun sebuah software gratis namun bisa memberikan performa maksimal. Caranya buka daemon tools life, pastikan jika CD atau DVD sudah masuk ke dirve. Klik Create Disk Image, kemudian akan muncul jendela, lihat di ujung paling bawah ada tiga titik kemudian klik. Pilih akan diletakkan dimana konversi tersebut, klik save as .iso Standart ISO Image dan berikan nama pada file tersebut, terkahir klik save. Setelah semua siap maka Anda bisa klik start dan tunggu hingga proses selesai.

•    Buat file iso dengan ultraiso
Aplikasi ini menyediakan virtual CD drive sehingga Anda bisa memilih sendiri file iso yang akan Anda buat, namun harus download aplikasi ultraISO terlebih dahulu. Masukan dahulu DVD atau CD yang akan dibuat file ISO, running UltraISO. Klik Tools, pilih make an ISO image file, kemudian akan muncul jendela yang menjelaskan ini media CD atau DVD, pilih salah satunya dan tentukan pula tempat penyimpanan file iso, kemudian klik make dan tunggu file hingga selesai di proses.

•    Buat file iso dari PowerISO
Menggunakan aplikasi ini Anda akan diberikan kemudahan untuk membuat file ISO dari CD, DVD maupun blu-ray, selain itu juga bisa mendapatkan boot informasi yang lebih menyeluruh. Pertama Anda harus download terlebih dahulu PowerISO, kemudian install dan running pada komputer. Setelah itu masukan CD atau DVD, klik copy dan muncul jendela “make CD/DVD/BDimage file, pilih salah satu file yang akan Anda buat. Setelah itu tentukan nama file iso dan pilihlah keluaran dari file ISO tersebut, setelah semua sudah ditentukan maka jalankan dengan klik OK, tunggu hingga proses selesai.

Cara Membuat File ISO Untuk Pemula Dalam Hal Komputer

Apa yang sudah dijabarkan di atas termasuk cara yang mudah dan tidak akan menyulitkan Anda walaupun seorang pemula, bahkan Anda bisa mengerjakan cara membuat file iso sendiri dari bantuan panduan di atas dan tidak membutuhkan ahli komputer. Di atas hanya disebutkan 3 software saja, namun masih ada beberapa lainnya, namun akan lebih direkomendasikan menggunakan software di atas karena mudah digunakan dan bisa dipercaya, beberapa orang menggunakan dalam jangka waktu lama namun tidak menemukan masalah yang berarti, bahkan cocok untuk Anda yang baru belajar dan mencoba untuk pertama kalinya.

0 komentar:

Poskan Komentar