Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

4 Cara Burning CD dan DVD Dengan Mudah di PC


Jika di tahun 1990 media penyimpanan untuk lagu yang digunakan adalah kaset pita dan piringan hitam, memasuki awal tahun kemiliniuman, 2000. Kita mulai mengenal jenis penyimpanan baru yang lebih mudah digunakan dan mampu menyimpan dengan kapasitas yang lebih besar, compact dics (CD). Ini adalah media penyimpanan yang serupa bentuknya dengan piringan hitam, namun ukurannya lebih kecil dan tidak lagi berwarna hitam. CD hanya digunakan untuk menyimpanan lagu karena ukurannya yang tidak terlalu besar, media penyimpanan film yang ukurannya lebih besar digunakan DVD. Anda tentu ingin punya playlist sendiri bukan, sehingga banyak orang mencari bagaimana cara burning cd dan dvd dengan baik dan benar ?.

Burning? Asing dengan kata ini, namun Anda sudah merasakan manfaatnya, burning adalah pembakaran. Bukan dengan mengunakan api, namun pembakaran file ke dalam CD dan DVD. Hampir mirip dengan kinerja copy dan paste, namun file akan copy secara permanen sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara burning cd dan dvd sebenarnya sangat mudah, namun tidak banyak orang yang bisa burning file secara permanen, sering kali muncul masalah file tidak bisa terbuka walaupun sudah di burning sebelumnya.
Cara Burning CD DVD
Sebelum munculnya flashdisk yang multifungsi, dahulu hanya ada jumpai media penyimpanan disket, cd dan dvd. Namun masuk tahun 2000 sudah tidak digunakan lagi disket karena kuota penyimpanan terlalu kecil, sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan cd dan dvd. Pernah mengalami masalah dengan file di cd dan dvd yang tidak bisa terbuka? Ini biasanya terjadi jika tidak menggunakan cara burning cd dan dvd dengan benar, maka dari itu perhatikan cara pembakaran dengan tepat sehingga membuat file akan berpindah secara permanan sehingga bisa dibuka di komputer maupun gadget lainnya.

Gunakan Cara Burning CD dan DVD Dengan Cepat dan Mudah

Tidak terlalu sulit untuk belajar cara burning cd dan dvd yang benar, Anda bahkan bisa melakukannya dengan sekali lihat saja. Namun ingat baik baik agar burning dengan sempurna karena beberapa kasus yang muncul, setelah burning dari satu komputer tidak bisa terbuka di gadget lainnya. Berikut ini ada beberapa tips agar bisa menghasilkan kualitas burning di cd dan dvd dengan sempurna dan tidak ada file yang tertinggal :

1.    Copy paste Dengan Cara Biasa
Bagi Anda yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru, misalkan seperti windows keluaran terbaru. Tidak perlu mengunakan aplikasi apapun, cukup masukan DVD atau CD kosong, berikan nama atau label terlebih dahulu, ini akan muncul secara otomatis sebelum melakukan proses burning. Setelah itu tinggal draf atau copy saja file yang akan diburning, maka secara otomatis file akan berpindah. Akan lebih baik jika menggunakan Komputer dengan DVD RW secara langsung, tidak menggunakan sambungan eksternal.

2.    Gunakan Software
Jika menggunakan Komputer dengan install sistem operasi lama, Anda membutuhkan tambahan aplikasi atau software yang akan membantu proses burning. Ada banyak sekali software, salah satu yang paling populer adalah Nero. Cara penggunaanya juga cukup mudah, dimana ada tuntunannya setelah Anda membuka aplikasi dan memasukan DVD dan CD kosong.

3.    Jangan Burning Dengan Kapasitas CD dan DVD Terlalu Kecil
Bagi Anda yang ingin memburning satu file dalam jumlah besar, ini memang bisa dilakukan asalkan tidak melebihi kuota CD dan DVD, namun disarankan tidak memaksimalkan penyimpanan karena ditakutkan file tidak terburning dengan sempurna, bisa jadi ada file yang tertinggal. Solusinya jika file terlalu besar adalah membagi menjadi beberapa DVD, sehingga bisa memburning dengan sempurna. Ini akan jadi solusi yang paling bagus, dari pada memaksakan untuk menjadikan satu.

4.    Hindari Sistem Kompres Sebelum Burning
Memburning file yang terlalu besar tentu akan memakan waktu lama, maka dari itu beberapa orang memilih untuk memperkecil ukurannya. Proses kompres memang tidak akan mengurangi jumlah file, namun memperkecil ukurannya, sehingga membuat file tidak akan terlihat seperti aslinya. Ada baiknya menghindari sistem kompres jika ingin memburning file yang terlalu besar, karena akan membuat kecacatan pada file. Membagi file akan solusi yang paling baik sehingga hasilnya tidak ada file yang tertinggal.

Itulah Cara Burning CD dan DVD Dengan Baik dan Benar

Beberapa tips di atas akan memberikan gambaran bagaimana cara burning cd dan dvd dengan baik dan benar, sehingga tidak perlu lagi menggunakan jasa orang lain, pasalnya Anda bisa melakukan sendiri dan caranya tidak terlalu sulit. Untuk hasil burning yang bagus, untuk file dengan ukuran besar seperti film, akan lebih baik jika membagi dalam beberapa file, serta sebaiknya mempersiapkan tempat khusus, ini akan membuat cd dan dvd tidak ada goresan di bagian belakang, karena kelemahan dari piringan jika ada goresan maka akan sulit untuk terdeteksi. Sekian dulu artikel dari serbaCARA.com kali ini, semoga artikel yang kami sampaikan ini akan menjadi penambah pengetahuan untuk Anda, Ow iya apapun OS komputer Anda, Windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10 semua sama saja untuk mem-burning cd dan dvd.

0 komentar:

Poskan Komentar