Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Ber-tanda Silang Merah

Pada kategori Komputer kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengatasi baterai laptop mengalami masalah atau menunjukan “Consider Replacing Your Batteray” pada info baterai di laptop. Dan seperti ini biasanya di barengi dengan adanya tanda silang merah pada icon baterai dan tidak hilang ketika kita charger atau tidak. Saya sendiri pernah mengalami ini pada Windows 8, jika ini terjadi pada Windows 8 maka akan terdapat baterai laptop tidak bisa di charger pada saat laptop menyala, dan akan menunjukan 0% saja.

Masalah pada baterai laptop seperti ini sangatlah umum, itu terjadi biasanya karena terlalu lama mengisi ulang baterai karena lupa mencabut charger. Seperti ini merupakan pertanda bahwa baterai laptop sudah saatnya untuk diganti yang baru. Nah untuk cara mengatasinya pun juga berbeda-beda, tergantung pada laptop itu sendiri. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ini terjadi pada laptop Anda, karena dibawah ini saya memberi panduan untuk mengatasi masalah baterai laptop bertanda silang merah.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Bertanda Silang Merah

1. Yang pertama kita coba yang paling mudah dulu, yakni men-centang pada “Warn me if my battery may need replacement” dengan cara mengklik tanda kotak tersebut.
Baterai Laptop Tanda Silang
Apabila dengan cara yang mudah ini tidak mengatasi masalah pada baterai laptop maka bisa mencoba cara berikutnya.

2. Sekarang Anda coba dengan cara yang kedua ini. Pada cara ini agak lebih rumit untuk pemula, jadi perhatikan betul-betul agar tidak keliru. Laptop dalam keadaan mati dan sekarang Anda charger baterai laptop hingga full, jika laptop dalam keadaan mati kita bisa lihat indikator lampu baterai laptop untuk mengetahui sudah full 100% atau belum. Apabila lampu sudah menunjukan baterai laptop sudah full, maka jangan di cabut dulu chargernya. 

Dalam keadaan charger belum dicabut sekarang nyalakan laptop Anda, kemudian sebelum masuk ke Windows tekan F8 berulang untuk masuk ke menu Windows Advanced Options, dalam arti kita menyalakan laptop ke Safe Mode. Dan setiap Windows atau laptop berbeda-beda untuk masuk ke Safe Mode. Jadi bisa Anda cari di internet cara masuk safe mode sesuai jenis laptop Anda.

Safe Mode Laptop

Jika sudah masuk ke menu Windows Advanced Options, kemudian pilih “Safe Mode”. Apabila laptop Anda sudah masuk ke Safe Mode selanjutnya mencabut charger baterai laptop. Setelah itu biarkan laptop Anda menyala dalam keadaan Safe Mode hingga baterai laptop habis dan hingga laptop mati sendiri. Jika laptop sudah mati sendiri karena baterai habis, sekarang nyalakan laptop secara normal, tancapkan saja charger supaya bisa menyala. Jika tanda silang merah pada baterai sudah tidak ada dan pesan “consider replacing your batteray” sudah tidak ada maka Anda sudah berhasil melakukanya. Namun apabila sebaliknya atau tanda silang masih muncul maka bisa mencoba cara selanjutnya yakni cara yang ketiga.

3. Pada icon baterai di bagian system tray pada laptop atau pada bagian kanan bawah, klik kanan pada ikon baterainya. Kemudian pilih “Turn system icon on or off”.  Akan ada menu berikutnya yakni matikan pada “Power” dengan cara memilih off.  Maka icon baterai akan hilang.

Selanjutnya menyalakan kembali icon baterai dengan cara meng-klik kanan pada taskbar, pilih Properties. Pada tab Taskbar terdapat “Notification Area”, maka klik “Customize…”. Lalu pilih “Turn system icons on or off”. Pada pilihan Power ubah menjadi On dan klik OK.

Mungkin itulah beberapa cara memperbaiki beterai laptop bertanda silang merah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi solusi untuk Anda. Jika masalah pada beterai bertanda silang tidak ingin terjadi lagi maka hindari pengisian baterai laptop secara berlebihan.

1 komentar: Leave Your Comments