Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Tips Cara Merawat Flashdisk Yang Baik dan Benar


Pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang cara mengembalikan file flashdisk yang hilang karena virus, dan pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai tips cara merawat flashdisk yang baik dan benar agar awet dan tahan lama. Seperti yang kita ketahui bersama flashdisk merupakan alat perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media atau tempat penyimpanan data. Dengan fungsinya yang demikian, tentu flashdisk ini memiliki peranan yang sangat penting terutama bagi pengguna komputer atau laptop dalam hal simpan-menyimpan data, file-file, atau dokumen penting mereka. Ukurannya yang terbilang kecil ini menjadikan flashdisk banyak digemari oleh para pengguna komputer karena mudah dibawa-bawa dan juga kemudahan dalam mengaksesnya.

Tips Cara Merawat Flashdisk Yang Baik dan Benar

Berbicara mengenai flashdisk, pasti kebanyakan diantara Anda sudah memiliki flashdisk karena tujuan penulisan postingan ini memang untuk para pengguna flashdisk dalam merawat atau menjaga flashdisk agar tetap awet. Akan sangat baik jika saat pertama kali Anda membeli flashdisk kemudian saat itu juga Anda sudah mampu merawat flashdisk Anda agar tidak cepat rusak. Oleh karena itu kali ini SerbaCara.com akan membagikan tutorial, tips dan triknya mengenai cara menjaga atau merawat flashdisk yang baik dan benar agar tetap awet, tahan lama ataupun memiliki umur yang lebih panjang. Baik, langsung saja bagi Anda yang ingin tahu caranya silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Inilah 5 Cara Merawat Flashdisk Yang Baik dan Benar:

1. Simpanlah Flashdisk Anda di tempat yang bersih dan kering
Yang satu ini merupakan hal yang sering disepelekan oleh para pengguna flashdisk, yaitu tidak tertib dalam menyimpan flashdisknya ataupun sembarangan dalam meletakkan flashdisk. Langkah perawatan ini menjadi yang paling utama dan harus Anda lakukan demi menjaga flashdisk Anda agar tahan lama. Usahakan flashdisk Anda selalu disimpan di tempat yang bersih dan kering, dalam artian hindari flashdisk Anda dari tempat yang kotor, lembab ataupun basah agar tidak kotor, berkarat apalagi sampai rusak.

2. Hindari mencabut flashdisk secara langsung saat sedang digunakan
Selain itu hal yang harus diperhatikan lainnya adalah pada saat Anda menggunakan flashdisk Anda di komputer atau laptop. Usahakan jangan cabut secara langsung flashdisk Anda saat masih sedang digunakan, melainkan sebaiknya Anda melakukan Eject/Stop terlebih dahulu dengan cara yang benar supaya flashdisk Anda tidak mengalami error atau rusak.

3. Hindari flashdisk dari benturan benda-benda keras
Tips merawat flashdisk dengan baik dan benar selanjutnya adalah dengan menghindari flashdisk Anda dari berbagai benturan, baik itu benda-benda keras maupun benturan lainnya. Anda juga sebagai pengguna harus pandai dalam mencegah hal itu terjadi, seperti membenturkan flashdisk Anda apalagi sampai memukul-mukulnya. Meskipun hal itu terlihat sepele namun itu dapat menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalam flashdisk mengalami kerusakan.

4. Rajinlah membackup data flashdisk Anda
Kehilangan data dalam flashdisk merupakan hal yang sangat membuat hati kita galau tentunya. Untuk itu langkah yang paling tepat adalah dengan rajin-rajin atau selalu mem-backup data flashdisk Anda yang disimpan ke dalam komputer supaya jika terjadi kehilangan data Anda masih punya data cadangannya. Selalu juga gunakan antivirus supaya melindungi flashdisk Anda dari berbagai virus atau malware sehingga file-file di dalamnya tetap aman. Baca juga: Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Karena Virus.

5. Hindari membuka file secara langsung di flashdisk
Sangat disarankan bagi Anda pengguna flashdisk untuk tidak secara langsung membuka file-file atau program data yang ada di dalam flashdisk. Alangkah baiknya jika Anda menyalin datanya terlebih dahulu ke dalam penyimpanan komputer Anda, kemudian setelah selesai barulah Anda menyimpannya kembali ke dalam flashdisk Anda. Hal ini diharapkan akan memperpanjang umur flashdisk Anda.

Demikianlah postingan tentang tutorial, tips dan trik komputer mengenai Tips Cara Merawat Flashdisk Yang Baik dan Benar, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar