Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

7 Tips Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi atau juga disebut dengan plak adalah kotoran yang menempel pada gigi dari sisa-sisa makanan yang lama kelamaan menjadi kerak sehingga menempel erat pada gigi. Karang gigi tidak bisa di hilangkan hanya dengan menggunakan sikat gigi saja karena saking menjadi kerak dan menempel erat pada gigi. Sebenarnya karang gigi tidak akan terjadi jika anda menggosok gigi setiap kali habis makan, tetapi kadang orang malas untuk melakukan gosok gigi sebelum dan sesudah tidur. Dengan menggosok gigi secara rutin akan mencegah terjadinya karang di gigi. Tetapi jika anda tetap malas untuk gosok gigi maka lama-kelamaan akan menimbulkan karang gigi yang semakin menumpuh, sehingga warna gigi tidak putih lagi. Maka dari itu menyikat gigi secara rutin merupakan hal yang penting.
Membersihkan Karang Gigi


Gigi memiliki celah-celah kecil yang membuat sisa-sisa makanan yang kita makan akan bersembunyi disana. Mungkin anda sendiri juga merasakan setelah makan seperti sedikit terganjal di bagian gigi tertentu. Sebagaian daerah celah pada gigi ini sulit di jangkau oleh sikat gigi, dan sikat gigi hanya bisa menjangkau depan gigi saja. Yang mampu mencapai ke celah-celah gigi hanyalah air, maka dari itu anda bisa menggunakan obat kumur yang berkualitas baik untuk menyapu semua sisa-sisa makanan yang sembunyi di celah gigi.

Sebelum anda melakukan cara membersihkan karang gigi secara alami, alangkah baiknya anda mengenali penyebab terjadinya karang gigi atau plak, yaitu sebagai berikut:
  • Jarang menggosok gigi ketika sebelum tidur dan sesudah bangun tidur, atau menggosok gigi tetapi kurang bersih sehingga masih ada sisa makanan yang sembunyi di sela gigi.
  • Makan-makanan yang manis serta mudah menempel di gigi seperti cokelat, permen, kue tart, itu juga dapat menyebabkan karang gigi.
  • Tidak pernah berkumur, entah itu menggunakan air atau pun obat kumur.
  • Merokok juga pemicu terjadinya karang gigi, karena temb*kau dan asap dapat menimbulkan karang gigi dan juga gigi menjadi kuning.
Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Salah satu cara menghilangkan karang gigi yaitu ke dokter gigi. Tetapi anda juga dapat mengatasi karang gigi secara alami di berikut ini:

1. Gosoklah gigi anda menggunakan sikat gigi yang berkualitas bagus, lalu gosok gigi secara teratur dan menggosoknya dengan arah yang tepat pada gigi. Yaitu dengan menggosok gigi kearah bawah dan keatas. Intinya gosok gigi anda secara merata hingga ke dalam gigi yang kita gunakan untuk mengunyah makanan.

2. Kulit jeruk bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi karena terdapat vitamin C yang baik untuk gigi. Yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk pada gigi yang berkarang secara berulang kali. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang baik.

3. Buah apel tidak hanya untuk gigi menjadi putih, tetapi juga efektif untuk menghilangkan karang gigi. Jadi anda bisa mengkonsumsi buah apel setiap hari atau buah lainnya yang mengandung banyak vitamin C.

4. Ini menjadi sangat penting ketika anda selesai makan. Yakni berkumur untuk menghalau sisa makanan penyebab karang gigi. Akan lebih efektif lagi jika anda berkumur menggunakan obat kumur yang memang sudah terdapat zat aktif untuk menyingkirkan karang gigi.

5. Setelah sehabis makan anda juga dapat mengunyah buah apel, melon, wortel, dan juga seledri. Satu jam setalah makan lalu mengunyah buah dan sayuran tersebut akan membersihkan sisa makanan secara alami.

6. Tomat dan strawberry ini juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bakteri dan karang gigi. Yaitu dengan cara mengoleskan strawberry dan tomat ke gigi, kemudian biarkan selama 5 menit. Lalu bersihkan dengan berkumur dengan air hangat dan campurkan baking soda.

7. Dengan mengunyah biji wijen juga cara menghilangkan karang gigi secara alami. Pertama siapkan biji wijen sebanyak segenggam, kemudian kunyah selama 4 sampai 5 menit. Jangan di telan atau memakannya, tetapi gosok gigi menggunakan biji wijen yang anda kunyah tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa biji wijen ini sebagai scrub alami yang dapat membersihkan, menghilangkan karang gigi, dan juga memoles gigi.

Demikianlah artikel berjudul cara membersihkan karang gigi secara alami. Cara-cara diatas membutuhkan kesabaran dan tidak bisa secara instan. Jadi bisa anda lakukan secara rutin. Tetapi jika ingin instan bisa langsung ke dokter gigi yang memang menggunakan alat pembersih karang gigi. Dengan artikel ini setidaknya anda dapat membersihkan karang gigi sendiri dirumah.

0 komentar:

Poskan Komentar