Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Solusi Perangkat Android Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop

Pernahkah anda mengalami masalah pada perangkat Android yang tidak terbaca di komputer? Biasanya Android akan memberi pesan atau ada pemberitahuan ketika perangkat Android di hubungkan dengan komputer/laptop dan secara otomatis fungsi dari charger-nya juga aktif, tetapi jika perangkat Android anda tidak ada pemberitahuan ketika ponsel Android di hubungkan ke PC/Laptop menggunakan kabel USB, maka terdapat masalah pada smartphone Android anda. Tentu saja hal seperti ini membuat kita frustasi karena tidak bisa menyalin data dari komputer maupun dari Android.

Masalah pada perangkat Android tidak terdeteksi di PC/Laptop merupakan masalah yang sering atau banyak pengguna Android alami. Dan tidak sedikit juga pengguna Android yang dapat mengatasi masalah seperti ini. Maka dari itulah saya sebagai penulis disini akan berbagi pengalaman saya tentang cara mengatasi Android tidak terdeteksi komputer.

Untuk masalah Android tidak terdeteksi oleh PC/laptop biasanya terjadi karena beberapa hal, bisa karena kabel USB-nya sudah tidak berfungsi dengan baik, port USB pada komputer/laptop bermasalah, bisa juga karena ponsel Android itu sendiri. Jika sekarang anda dibuat bingung dengan masalah seperti ini, maka sekarang anda sudah berada di tempat yang tepat karena pada artikel ini serbaCARA.com akan berbagi tips sederhana tentang cara mengatasi Android tidak terbaca di Komputer/Laptop.

Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca Oleh Komputer

  1. Pertama anda bisa mencoba kabel USB dengan yang lainnya, karena kemungkinan juga masalah pada kabel USB tersebut. Jika anda sudah mengganti kabel USB tetapi perangkat Android juga tidak tebaca oleh komputer/laptop, maka masalah bukan pada kabel USB. Jadi ikuti terus tutorialnya.
  2. Pada komputer/laptop anda terdapat beberapa port USB, jadi coba satu-satu port tersebut. Jika masih tidak terdeteksi berarti permasalahannya bukan disitu juga. Kemungkinan masalah memang pada perangkat Android anda. Tetapi kita bisa mencoba langkah selanjutnya dengan cara setting manual. 
    Mengaktifkan Perangkat Media MTP
  3. Sekarang pada ponsel Android anda, masuk ke Menu Setting/Setelan>>Penyimpanan>>Tekan tombol yang berbentuk ikon USB di bagian kanan atas>>Lalu cek list/Centang pada "Perangkat media(MTP)". Apabila cara tersebut berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa perangkat Android anda sudah tersambung ke PC/laptop anda.  


Apabila cara-cara sederhana diatas sudah anda lakukan tetapi perangkat Android anda masih tidak terdeteksi oleh komputer, maka anda bisa mencoba cara-cara yang agak lebih rumit.

Instal Android USB Device Drivers
Sistem operasi windows dibuat oleh Microsoft dan itu sudah berbeda sekali dengan Android, tentu saja tidak heran juga jika perangkat Android anda tidak terbaca oleh PC. Tapi anda tidak perlu khawatir karena Microsoft membuat OS Windows juga untuk bisa kompatibel dengan perangkat smartphone manapun.

Untuk itu anda bisa mencoba menginstal Android USB Device Drivers di komputer yang memang di kembangkan agar dapat mendeteksi perangkat Android seperti, Samsung, Sony, HTC, ZTE, dan lainnya. Anda bisa mendownloadnya di link berikut ini dan pilih merek ponsel Android anda: Driver Android

Ingat setelah driver android anda instal di PC/laptop anda, selanjutnya anda cabut Android anda dan restart komputer anda. Lalu coba sambungkan perangkat Android ke komputer.

Mengaktifkan USB Debugging
Selanjutnya anda perlu untuk mengaktifkan USB Debugging pada ponsel Android jika anda menggunakan alat-alat seperti ODIN dan ADB, supaya perangkat android dapat terhubung dengan komputer.
Cara Mengaktifkan USB Debugging
Untuk mengaktifkan USB Debungging ini sangat mudah karena anda tinggal menuju ke pengaturan telepon dan pilih Developer Options, lalu tinggal cari USB Debugging dan centang untuk mengaktifkan.


Jika cara mengatasi Android tidak terbaca oleh komputer diatas sudah anda lakukan namun masih tetap tidak terbaca maka kerusakan dipastikan pada perangkat Android anda sendiri. Untuk itu anda dapat menggunakan layanan dari One Drive yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Cara ini dapat anda lakukan jika memang benar-benar tidak dapat mengatasi perangkat Android tidak terdeteksi oleh komputer dan anda memang sedang ingin mentransfer data dari Android ke komputer/laptop maupun Komputer/laptop ke Android. Tetapi cara ini sedikit rumit, panjang dan membutuhkan koneksi internet di komputer dan Android, dan mungkin akan saya beberkan caranya di artikel berikutnya jika peminatnya banyak. Jadi tongkrongin saja tiap hari blog ini untuk mendapatkan tutorialnya, atau like dan follow media sosial kami dibawah artikel ini, supaya tidak ketinggal artikelnya.

Demikianlah artikel yang berjudul solusi perangkat android tidak terbaca oleh komputer/laptop. Semoga artikel ini membantu anda dan memecahkan masalah anda terhadap Android tidak terdeteksi di komputer. Jika anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, bisa anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat!!

5 komentar: Leave Your Comments

  1. sy punya samsung tab 3 v , jika di hubungkan ke komputer yg terbaca hanya ptp, untuk transfer foto bisa lah. tp jika sy centang mtp tdk terbaca apa pun. komputer di kantor sy kbanyakan 2003. gimana solusi nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba instal Driver untuk Samsung di PC.

      Hapus
    2. Kalau Asus mungkin ya bisa cari driver khusus untuk Hp Asus. Googling aja, ada banyak disana.

      Hapus