Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Tips Cara Mengatasi Kinerja Android Yang Lambat/Lelet

Mungkin anda pernah menggunakan ponsel Android yang kinerjanya lambat/lelet. Pertama anda membeli ponsel android akan terlihat cepat kinerjanya tetapi jika sudah berbulan-bulan maka lama-lama smartphone android anda terasa lambat/lelet sekali kinerjanya. Jika terjadi seperti itu anda tidak perlu menggantinya dengan ponsel Android yang baru tetapi anda bisa mencoba cara mengatasi kinerja android yang lambat pada artikel ini.

Sekarang HP Android memang sudah menjadi barang yang tidak lepas dari tangan seseorang karena banyak sekali manfaat dari ponsel tersebut tetapi juga menimbulkan hal yang buruk juga. Misalnya anda sedang asik bermain game atau sedang asik dengan smartphone Android anda kemudian tiba-tiba ponsel anda menjadi lelet sekali maka itu akan menimbulkan kemarahan pada diri anda, nah itu salah satu contoh buruk yang di timbulkan oleh smartphone dan mungkin masih banyak keburukan yang di timbulkan oleh smartphone dan untuk manfaatnya mungkin anda juga sudah tahu.

Cara Mengatasi Android Lelet

Nah bagi ponsel android yang terasa sangat lelet sekali pada kinerjanya maka anda bisa mencoba tips cara mengatasi kinerja android yang lambat/lemot di beriktu ini:

Cara Mengatasi Android Lemot/Lelet

1. Hapus Widget di Home Screen
Jika anda menambahkan widget di home screen maka itu dapat memperlambat kinerja ponsel android anda. Tapi hanya menambahkan widget jumlah tidak terlalu banyak memang tidak terlalu membuat lambat, jika menambahkan widget begitu banyak memang membuat kinerja ponsel jadi lemot. Jadi periksalah Home Screen di ponsel Android anda dan menghapus widget-widget yang tidak anda gunakan, karena widget-widget tersebut selalu mengambil kinerja dari prossesor sehingga mengurangi kinerja ponsel. Contohnya anda memasang live wallpaper dan itu sangat tidak penting hanya akan memperlambat kinerja ponsel Android anda.

2. Mematikan Bloatware
Sejak rilisnya Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) kita sudah dapat menonaktifkan Bloatware. Bloatware sendiri adalah nama yang diberikan kepada aplikasi yang secara default sudah terpasang di smartphone oleh operator atau produsen yang memang itu tidak dibutuhkan kecuali anda memang menginginkannya. Jadi jika anda pengguna android 4.0 keatas dapat menonaktifkan Bloatware ini.

3. Menonaktifkan GPS
Apabila anda menggunakan aplikasi yang berbasis lokasi maka secara otomatis akan mengaktifkan GPS. Menonaktifkan GPS akan lebih meringankan smartphone android anda karena saat GPS aktif akan mengambil sumber daya pengolahan secara terus menerus. Jadi bisa anda nonaktifkan dengan cara berikut ini: Settings > Location > Use GPS Satellites. Nonaktifkan GPS ketika tidak anda gunakan.

4. Menutup Aplikasi Yang Berjalan
Agar kinerja ponsel android anda tidak lelet anda bisa menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Biasanya dengan menekan dan menahan tombol Home akan memunculkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan anda bisa menggeser layar untuk menutup meraka satu persatu.

5. Hard Reset/Factory Reset
Jika cara-cara diatas tidak dapat mempercepat kinerja smartphone android anda maka anda bisa mencoba Factory Reset. Jika anda menggunakan ponsel Android yang sudah tua maka dengan Hard Reset akan mempercepat kinerja ponsel anda karena melakukan Factory Reset akan menghapus semua data dan pengaturan, serta aplikasi yang sudah anda download dan pasang di memori telepone/internal. Jadi jika anda melakukan hal ini akan membuat smartphone anda seperti semula.

Hard Reset Salah Satu Cara Mengatasi Android yang Lambat/Lemot

Untuk melakukan hard reset anda bisa menuju ke Settings > Backup & Reset > Factory data reset > Reset phone. Setelah smartphone anda akan melakukan restart dan memulai memasukan data rincian akun google anda dan lainnya, sehingga anda harus mengetahui rincian tersebut.

Itulah tips cara mengatasi kinerja android yang lambat/lelet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.

0 komentar:

Poskan Komentar