Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mencegah Kanker Kulit Karena Sinar Matahari

Kulit manusia merupakan bagian terluar dari tubuh. Dengan luas permukaan kulit antara sekitar 1,6 meter persegi untuk seorang wanita untuk 1,8 meter persegi untuk seorang pria, kulit menjadi organ terbesar dan terlebar dalam tubuh manusia. Namun, kulit dapat rusak, terutama karena sinar matahari. Sinar matahari pada kulit dapat menyebabkan kanker kulit. Sejauh mana sinar matahari berbahaya untuk kulit? Bagaimana melindungi kulit Anda dari bahayanya sinar matahari?

Cara Mencegah Kanker Kulit Karena Sinar Matahari
Pengaruh Sinar Matahari Terhadap Manusia
Matahari sangat penting untuk kehidupan. Tanpa matahari, tidak ada kehidupan di bumi ini. Matahari berkontribusi untuk proses fotosintesis pada tumbuhan. Dan matahari juga berperan penting untuk membuat vitamin D pada tubuh, yang fungsinya sebagai metabolisme kalsium, sehingga membuat  tulang kita menjadi kuat. Sinar matahari yang sedikit memang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, bila terkena sinar matahari secara berlebihan tidak bagus untuk kesehatan kulit

Karena matahari menghasilkan radiasi mencapai permukaan bumi. Radiasi matahari terdiri dari sinar inframerah dan terlihat menerangi, dan sinar ultraviolet dalam radius A dan B (UVA dan UVB). Untungnya, atmosfer menyerap sinar kosmik, sinar gamma dan sinar-X yang dihasilkan oleh sinar matahari. Selain itu, lapisan ozon yang ada di atmosfer menghambat radiasi ultraviolet C (UVC) dan scan sebagian besar UVA dan UVB. Lapisan ozon ini sudah sedikit rusak di banyak tempat sehingga radiasi ultraviolet atau sering disebut UV telah meningkat di akhir-akhir ini. 

Ultraviolet atau disebut radiasi UV ini dapat membuat kerusakan pada kulit, bahkan dapat kerusakan pada kulit hingga kerusakan permanen termasuk kanker kulit. Radiasi ultraviolet (UV) ini dapat membuat kulit Anda terbakar sehingga menyebabkan bintik-bintik coklat dan penebalan dan kekeringan pada kulit. Radiasi UV dapat merusak DNA, menekan sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan bahan kimia dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Efek negatif lain adalah penuaan dini. Bahkan kemudian mengungkapkan bahwa radiasi UVA menembus kulit lebih dalam daripada UVB, yang dapat menyebabkan kanker kulit, dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Kanker Kulit

Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari
Kulit Anda memiliki sistem perlindungan alami yang merupakan lapisan melanin. Semakin banyak warna coklat pada kulit Anda, maka lapisan
melanin yang lebih tebal di kulit Anda yang memberikan perlindungan lebih untuk kulit Anda. Oleh karena itu, sangat rendah di antara orang-orang Afrika terkena kanker kulit karena radiasi, mereka memiliki pelindung alami yang cukup untuk memblokir kekebalan ultraviolet (UV). Namun, bagi mereka yang berkulit putih memiliki lapisan melanin yang tipis. Oleh karena itu, kulit putih seseorang, semakin rentan terhadap radiasi ultraviolet (UV).
Mengingat bahayanya radiasi UV, kulit harus dilindungi walaupun tubuh sudah memiliki sistem perlindungan yang alami. Luka seperti kebakar karena sinar matahari dapat membuat kanker kulit setelah 20 tahun kemudian atau bisa lebih. Oleh karena itu, perlindungan bagi kulit terhadap sinar matahari harus dipertimbangkan sejak awal. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini merupakan beberapa cara praktis untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari dan mengurangi risiko kanker kulit.

Cara Mencegah Kanker Kulit Karena Sinar Matahari

  • Batasi waktu ketika terkena sinar matahari secara langsung, terutama antara pukul 10.00 hingga 16.00. Karena jam-jam segitu merupakan saat-saat terik panas dan puncaknya radiasi ultraviolet (UV). 
  • Periksa semua kulit Anda untuk setiap kelainan atau setidaknya setiap tiga bulan sekali.
  • Sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan, gunakan tabir surya (UV protection) dengan tingkat spektrum SPF luas 15 atau lebih tinggi. Juga menggunakan tabir surya yang dapat melindungi terhadap UVA dan UVB (simak artikel Tabir Surya untuk penjelasan lebih lanjut). Oleskan tabir surya ke permukaan kulit sekitar 20 menit sebelum Anda terkena sinar matahari, lalu oleskan kembali setelah 20 menit dari sinar matahari langsung.
  • Terapkan lebih tabir surya setiap dua jam sementara di luar ruangan, terutama jika Anda berenang atau berkeringat. Mudah dihapus tabir surya dan keringat handuk. 
  • Kenakan pakaian yang melindungi kulit seperti topi, kacamata dengan lensa anti-UV pelindung, celana panjang, pakaian lengan panjang, atau jaket.
  • Sebaiknya kenakan pakaian yang merajut pertemuan dengan warna gelap karena memberikan perlindungan lebih. 
  • Mulailah melindungi kulit sejak dini untuk mengajar anak-anak Anda tentang bahaya sinar matahari pada siang hari. 
  • Hindari permukaan yang memantulkan sinar matahari, seperti air, pasir, lantai cat. Beri perhatian ekstra untuk kulit Anda jika Anda berada di daerah. 
  • Usahakan untuk tetap berlindung di tempat atau kegiatan yang tidak terkena sinar matahari yang terik. 

Lindungi Kulit Anda
Sinar matahari memang penting juga untuk kehidupan di bumi ini. Tetapi Anda juga perlu dan harus mempertimbangkan secara serius tentang cara melindungi kulit dari sinar matahari yang paling berbahaya. Jika anda mengikuti saran atau tips yang kami tulis diatas dari sekarang, maka anda akan terhindar dari kerusakan kulit karena sinar matahari dan pastinya mencegah terjadinya kanker kulit. Gunakanlah tabir surya untuk melindungi kesehatan kulit Anda sehingga kulit Anda tetap terlihat cantik dan segar.
 

0 komentar:

Poskan Komentar