Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Mendaftar Email Baru Melalui Ponsel Android Atau HP Biasa

Sebelumnya SerbaCara.com sudah berbagi cara membuat email di PC/Laptop, kali ini kita akan belajar cara mendaftar email menggunakan smartphone Android atau HP biasa. Tidak semua orang paham betul tentang cara membuat alamat email, Sebenarnya cara membuat sebuah alamat email itu tidak lah sulit karena saat mendaftar sudah ada petunjuk yang harus dilakukan, tetapi akan terasa sulit jika seseorang masih awam dengan email, disini kita akan belajar mendaftar email di yahoo karena menurut saya di Yahoo sudah sangat mudah sekali. Menggunakan ponsel kita dapat mendaftar email baru menggunakan aplikasi atau browser mobile. Apabila anda menggunakan ponsel Android bisa menggunakan aplikasi tetapi jika anda menggunan HP biasa seperti java, blackbarry atau lainnya bisa mendaftar email melalui browser.

Supaya anda paham betul dengan langkah cara mendaftar email ini saya sudah memberikan panduan diserati gambarnya. Jadi walaupun anda benar-benar sangat pemula saya yakin anda pasti dapat memahami langkah-langkah cara mendaftar alamat email yang saya tulis di artikel ini.

Di dalam artikel ini ada dua metode, Yang pertama kita mencoba melalui browser mobile dan yang kedua melalui aplikasi Yahoo. Untuk browser bisa menggunakan Opera mini, Safari, Chrome, Mozilla atau UCWEB. Sebelum anda mulai mempraktekan cara membuat email ini pastikan ponsel anda sudah terhubung internet yang stabil supaya tidak terjadi kegagalan saat mendaftar email karena koneksi internet kurang maksimal.

Cara daftar email lewat ponsel kali ini kita belajar membuat email di Yahoo terlebih dahulu. Kalau anda sudah bisa nanti saya akan buatkan tutorial membuat email di Gmail dan Hotmail yang pastinya menggunakan ponsel atau HP.

Saya membuat tutorial ini menggunakan tablet Android karena langkah-langkahnya sama dan tampilannya pun juga sama, yang membedakan hanyalah ukuran layarnya saja, karena saya sendiri menyukai perangkat yang layarnya serba lebar seperti tablet dan PC. Oke,, langsung saja menuju ke langkah-langkah membuat email di berikut ini:

Cara Membuat Email Lewat HP Anda

1. Cara Membuat Email Lewat Browser HP
Jika anda tidak suka menambahkan aplikasi Yahoo di ponsel Android anda, anda pun bisa mendaftar email menggunakan browser bawaan HP anda. Di tutorial ini saya menggunakan browser Opera. Untuk caranya sebagai berikut:
  • Buka browser yang ada di ponsel anda, kemudian buka halaman ini http://mail.yahoo.com.
  • Ketika pertama kali dibuka akan meminta anda untuk login atau mendaftar akun email baru karena anda belum memiliki akun email.
  • Apabila anda membuka halaman tersebut tetapi menampilkan seperti gambar dibawah ini maka anda pilih/sentuh "Click here if you are using a smartphone". Jika tidak menampilkan seperti yang ada di gambar dibawah ini anda bisa langsung ke langkah berikutnya.

  • Selanjutnya anda akan disuruh login atau membuat akun email baru. Jika ingin mendaftar email baru anda pilih "Sign up for a new account" yang ada di bagian paling bawah. 

  • Selanjutnya akan menuju ke halaman formulir pendaftaran email Yahoo. Sekarang anda isi kolom-kolom yang masih kosong dengan data diri anda.
  • Anda lihat gambar dibawah ini. Untuk nomor (1) Isi Nama Depan dan Nama Belakang anda, (2) Alamat email atau nama email yang ingin anda buat, (3) Isi Password yang anda inginkan, pastikan lebih dari 7 karakter, (4) Isi dengan nomor HP anda yang sedang anda gunakan dan pastinya yang aktif, (5) Isi dengan Tanggal Lahir anda, (6) Pilih sesuai jenis kelamin anda. Apabila sudah terisi semua dengan benar selanjutnya pilih/sentuh "Create Account".  
    Formulir Pendaftaran Email
     
  • Jika masuk ke halaman Verification isi nomor telepon anda lalu pilih "Send SMS". 

  • Selanjutnya periksa sms masuk di nomor HP yang anda gunakan tadi. Masukkan 4 digit kode yang ada di dalam sms tersebut ke dalam kolom Verification dan pilih "Submit Code". 

  • Kemudian masuk ke halaman berikutnya dan sentuh/pilih "Get started".
  • Setelah itu anda akan masuk ke inbox email anda. Sampai disini anda sudah selesai membuat email melalui browser mobile. 
  • Jika tidak masuk ke inbox secara otomatis biasanya akan masuk ke halaman utama yahoo, jika seperti itu anda tinggal pilih ikon Amplop->Inbox->Inbox lagi
  • Anda akan menemukan 2 pesan dari yahoo.

2. Cara Mendaftar Email Melalui Aplikasi Yahoo
Berikutnya kita akan belajar membuat email di ponsel android dengan menggunakan aplikasi Yahoo. Cara mendaftarnya hampir sama dengan cara membuat email melalui browser diatas. Bedanya disini kita melalui aplikasi dari Yahoo. Apabila anda belum mempunyai aplikasi yahoo bisa download dan instal terlebih dahulu melalui Play Store. Jika sudah mempunyai aplikasi dan sudah mempunyai akun yang terhubung bisa menuju ke Pengaturan->Akun-> +Tambah akun->Yahoo.
  • Setelah itu anda akan masuk ke aplikasi Yahoo. Untuk mulai mendaftar email pilih "Daftar untuk account baru". Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman formulir pendaftaran. Disini anda isi sesuai data diri anda. (1):Isi dengan Nama Depan dan Nama Belakang anda, (2):Isi dengan alamat email anda atau nama email anda, (3):Isi Password yang anda inginkan, (4):Isi dengan Nomor HP anda yang aktif, (5):Samakan dengan Tanggal Lahir anda, (6):Pilih jenis Kelamin anda. Jika sudah terisi semua dengan benar maka selanjutnya anda sentuh "Buat account". 

  • Masukkan nomor HP anda yang aktif kemudian sentuh "Kirim SMS". Periksa SMS yang masuk dari Yahoo, lalu masukan kode 4 digit. Kemudian sentuh "Kirim kode

  • Sekarang akun email anda sudah berhasil dibuat. Selanjutnya sentuh "Persiapan Awal" untuk memulai menggunakan akun email anda yang baru dibuat. Sentuh "SELESAI" jika ada konfirmasi tersebut.
  • Sekarang buka aplikasi Yahoo anda untuk membuka inbox email Yahoo anda.
  • Selamat!! Anda sudah berhasil membuat email baru.

Tutorial Tentang Cara Mendaftar Email Baru Lewat Handphone

Mudah bukan cara membuat email baru melalui ponsel Android? Sekarang anda bisa saling mengirim surat melalu email. Dengan email surat akan lebih cepat sampai walau jarak dan waktu sejauh apapun. Tentunya harus saling memiliki akun email antara pengirim dan penerima email.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan adanya tips cara mendaftar email seperti ini membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan seputar email yang mungkin tidak anda ketahui, bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah artikel ini. Dan jika anda menyukai artikel ini jangan lupa like dan share ke facebook, twitter, atau G+ melalui tombol share dibawah artikel ini juga, supaya teman-teman anda yang belum paham dengan email menjadi tahu bahwa cara membuat email itu sangat mudah. Selamat mencoba!!

0 komentar:

Poskan Komentar