Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

8 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Bahan Alami

Kali ini SerbaCara.com akan mengulas tentang cara menurunkan berat badan dengan bahan alami yang mungkin bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda. Simak artikelnya berikut ini.

Anda pun bisa menurunkan berat badan dengan bahan alami yang di jelaskan di artikel ini. Apakah anda pernah berpikir mengapa orang di masa lalu yang tidak begitu peduli tentang gemuk? Mengapa obesitas tidak bermasalah seperti sekarang ini? Dari waktu seterusnya ketika orang mulai memproses makanan alami dan jiwa terkemuka yang tidak memiliki gerakan fisik, mereka juga mulai mengalami berat badan. Bahkan saat ini jika anda berbicara dengan seseorang yang berhasil menurunkan berat badan, anda akan diberitahu dari banyak tumbuhan dan makanan alami bersama dengan latihan yang telah membantu mereka dalam menurunkan berat badan. Jadi, anda juga perlu tahu tentang cara menurunkan berat badan secara alami dan pastinya aman untuk kesehatan karena cara menurunkan berat badan dengan bahan alami.


1. Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan
Teh hijau tidak hanya kaya dengan antioksidan tetapi memiliki thermo-genic di dalamnya. Thermogenesis dapat dipahami sebagai proses produksi panas dalam organisme termasuk manusia. Hal ini meningkatkan konsumsi energi dan lemak oksidasi sehingga dapat membakar lemak lebih cepat. Teh hijau juga membantu anda merasa kenyang sehingga anda tidak perlu makan lebih dari yang anda butuhkan. Tidak hanya itu, EGCG dalam teh hijau mengurangi jumlah lemak ditubuh anda. Hal ini tidak hanya membantu dalam upaya penurunan berat badan anda, tetapi juga dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda.


Cara membuat teh hijau untuk menurunkan berat badan? 
  • Ambil teh hijau dengan menempatkan 1-2 sendok teh hijau berkualitas baik dalam cangkir atau mangkuk. Tuangkan air panas di atasnya dan biarkan menyeduh selama satu menit dan rasakan. Jika tidak cukup kuat untuk selera anda, biarkan menyeduh selama satu menit lagi dan kemudian rasakan lagi. Ulangi mencicipi setiap menit untuk mengetahui apa kekuatan teh hijau sudah anda inginkan. Kemudian anda dapat menyeduh teh anda untuk beberapa menit. Biasanya orang menyeduh teh hijau selama 2-5 menit. Saring dan minum secangkir teh hijau. Karena ini adalah untuk menurunkan berat badan, jadi jangan menambahkan pemanis apapun di teh. 
    Cara Menurunkan Berat Badan
  • Minum teh hijau seperti minum kopi di pagi hari. ini akan mempercepat metabolisme tubuh anda tepat di pagi hari sehingga anda dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. 
  • Minum setidaknya 4-5 cangkir teh hijau sepanjang hari. Ini akan membantu anda merasa kenyang dan anda akan berkonsentrasi lebih rendah pada pesta makan. Minum secangkir teh hijau sebelum atau sesudah makan itu ide yang bagus. 


2. Ginseng untuk Menurunkan Berat Badan
Ginseng telah lama digunakan oleh pengobatan Cina sebagai obat tradisional untuk energi, stamina, dan secara keseluruhan kesejahteraan. Peneliti modern juga telah menemukan ginseng efektif untuk menurunkan berat badan serta pengendalian diabetes. Menurut penelitian kemampuan ginseng untuk membuat sel-sel tubuh yang lebih rendah mampu menyimpan lemak. Ginseng merupakan adaptogen, zat yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres fisik, emosi dan lingkungan.  


8 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami


Meskipun kadang-kadang daun tanaman ginseng juga ditambahkan dengan akarnya, tetapi akar adalah bagian paling menguntungkan dari tanaman ini. Ginseng dapat membantu anda dalam dua cara menurunkan berat badan. Pertama, itu akan meningkatkan metabolisme anda di mana ketika anda makan, anda akan menyimpan sedikit lemak dibandingkan dengan ketika anda tidak makan ginseng. Kedua, ginseng akan mengisi anda dengan energi sehingga anda tetap lebih aktif dan dengan demikian menghabiskan lebih banyak kalori.

Cara Membuat teh ginseng untuk menurunkan berat badan 
Bahan campuran:

Ginseng kering root- 4 sdm  
Air-4 cangkir  
Madu (opsional) - 1-2 sendok teh  
Kayu  Manis (opsional) - ¼ - ½ sendok teh
  1.  Rebus air dalam panci. 
  2.  Tambahkan akar ginseng saat air sudah mendidih. 
  3. Didihkan selama sekitar satu jam.
  4. Matikan api. 
  5. Tambahkan madu dan / atau kayu manis. Madu mengurangi rasa pada ginseng dan bubuk kayu manis dapat membuat sedikit aromatik.  
  6. Minum satu cangkir setiap pagi dan setelah makan siang.   


3. Guggul untuk Berat Badan
Guggul adalah obat herbal kuno yang direkomendasikan oleh Ayurveda untuk berbagai kondisi kesehatan termasuk penurunan berat badan. Dan apa yang lebih penting adalah bahwa penelitian modern yang juga telah mendukung efek ramuan guggul dalam penurunan berat badan. Getah damar guggul diekstrak dari pohon Commiphora mukul atau pohon mukul mur. Ekstrak karet guggul mengandung guggulsterone, steroid tanaman yang dianggap anti-tumor, komponen anti-angiogenik dan penurun kolesterol. Namun, efek penurunan berat badan dari guggul berasal dari aktivitas pada kelenjar tiroid. Hormon tiroid sangat penting untuk tingkat metabolisme yang tepat yang memutuskan berapa banyak kalori yang akan anda bakar dalam sehari. Keuntungan tambahan dari guggul diturunkan kadar kolesterol dan suasana hati yang baik juga. Dan karena itu, tidak merangsang sistem saraf pusat anda, itu adalah ramuan yang aman untuk menurunkan berat badan.


Cara untuk mengambil guggul untuk menurunkan berat badan
  • Ekstrak Guggul tersedia dalam bentuk tablet di toko-toko kesehatan. Secara umum, Anda harus mengambil 75 miligram ekstrak guggul dibagi dalam 3 dosis. Ini berarti 25 miligram sebagai salah satu dosis. Kadang-kadang 100 miligram juga dapat diambil tetapi lebih baik untuk berkonsultasi dengan yang lebih pakar atau tanyakan penjual obat herbal sebelum anda mengambil suplemen guggul. 
  • Jika anda memutuskan untuk mengambil guggul, anda dapat menyimpan 1 gram (sekitar sdt ¼) damar ke lidah atau ke dalam mulut anda sehingga langsung larut. Lakukan 4 kali sehari.


4. Teh Hibiscus/Kembang sepatu untuk Menurunkan Merat Badan
Bunga-bunga indah dari Hibiscus yang kaya dengan nutrisi, flavonoid dan berbagai mineral. Penghambat amilase dalam ramuan ini membantu dalam menurunkan penyerapan lemak dan karbohidrat. Lemak dan karbohidrat dalam tubuh anda dipecah oleh kembang sepatu sehingga mereka dapat memerah keluar dari tubuh. Bunga kembang sepatu dapat menurunkan berat badan dan juga mengurangi kembung anda. Tubuh anda akan ditambahk keuntungan dari kekebalan yang diperkuat karena antioksidan kembang sepatu ini.


Cara membuat teh kembang sepatu untuk menurunkan berat badan? 
Teh kembang sepatu dapat disajikan dengan air dingin maupun panas. Teh hibiscus dingin membutuhkan waktu lebih lama daripada yang panas. 
 

Kembang sepatu kering - 1 cangkir 
Air-8 cangkir 
Madu (opsional) - sesuai selera

Membuat teh kembang sepatu dingin:
  1. Dapatkan bunga kembang sepatu yang segar atau baru mekar. 
  2. Pisahkan kelopak dan tempatkan di atas kertas. Tinggalkan mereka selama beberapa hari untuk mengeringkan bunganya.
  3. Setelah kering, ambil satu cangkir kering kelopak bunga kembang sepatu.
  4. Rendam dalam air selama sekitar 1-2 hari atau sampai memudar.
  5. Saring dan simpan dalam lemari es. Tahap ini dapat disimpan di lemari es selama sekitar 5 hari.
  6. Bila Anda ingin minum teh kembang sepatu ini, ambil cangkir dan tambahkan madu. Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti kayu manis atau jus lemon untuk memberikan beberapa rasa.
  7. Jika Anda ingin teh panas, tinggal panaskan teh kembang sepatu dingin di atas kompor atau oven microwaveAnda juga dapat membuat teh kembang sepatu panas melalui metode lainnya yang dijelaskan di bawah ini
Membuat teh kembang sepatu panas: 
  • Tempatkan air dalam panci dan tambahkan kelopak kembang sepatu. 
  • Kemudian didihkan selama 5-10 menit.
  • Saring dan tambahkan madu jika diperlukan. Anda juga bisa menambahkan lemon, kayu manis dll  
  • Nikmati teh kembang sepatu panas yang dapat menurunkan berat badan!

Perhatian: Jika Anda seorang wanita hamil atau menyusui atau saat minum obat, konsultasikan dengan dokter anda sebelum minum teh herbal termasuk teh kembang sepatu.



5. Yerba Mate untuk Menurunkan Berat Badan
Yerba Mate adalah minuman tradisional asal Amerika Selatan. Hal ini sebenarnya infus dibuat dengan kering dan berusia tanaman yerba mate dan yang diminum dalam pertemuan sosial dari labu tunggal dan Bombilla. Karena manfaat kesehatan, minuman ini dikenal sebagai teh bahkan ketika itu memiliki lebih banyak kesamaan dengan kopi. Sama seperti kopi dapat memberi energi anda karena kandungan kafein-nya, yerba mate juga dapat mengisi stamina anda karena kafeinnya. Perbedaannya adalah bahwa yerba mate juga akan meningkatkan tingkat di mana tubuh anda membakar kalori. Selain meningkatkan tingkat metabolisme anda, yerba mate juga memberikan manfaat vitamin yang berbeda, mineral, asam amino dan antioksidan. Hal ini juga membantu dalam memperlambat pencernaan anda sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Jadi, masuk akal untuk menggantikan kopi pagi anda dengan teh yerba mate untuk menurunkan berat badan!



6. Teh Pu-erh 
Nama Pu-erh didapat dari desa Pu-erh di Cina di mana ia pertama kali dibudidayakan 2.000 tahun yang lalu, ini juga untuk menurunkan berat badan. Teh Cina ini merangsang limpa dan membuatnya sehat yang kemudian dapat mencerna dan menyerap nutrisi makanan dengan baik bersama dengan membilas cairan tubuh yang berlebihan. Ini meningkatkan metabolisme anda sehingga anda dapat membakar lebih banyak lemak dan juga pada tingkat yang lebih cepat.
 



7. Jeruk Bali untuk Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada telah menemukan pembakaran lemak molekul dalam jeruk sangat sehat. Sebuah flavonoid hadir dalam jeruk yang disebut Naringenin. Komponen ini menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda dan membantu mencegah sindrom metabolik yang dapat membuat anda gemuk. Jeruk ini juga dapat mencegah diabetes. Studi lain di Ontario mengatakan bahwa jeruk dapat membakar lemak yang berlebihan bukannya menyimpannya. Jadi, bila anda termasuk menggunakan jeruk dalam diet anda tidak hanya mencegah diabetes, tetapi juga akan menurunkan berat badan.
 

  • Meminum segelas jus jeruk ini tepat di pagi hari untuk meningkatkan kapasitas pembakaran lemak anda. 
  • Jika memungkinkan, dan jika Anda putus asa untuk menurunkan berat badan, minum jus grapefruit sebelum makan.

Perhatian: Jika Anda bersamaan minum obat, konsultasikan dengan dokter anda sebelum minum jeruk ini.
 


Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Secara Rutin

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

8. Rumput Laut untuk Menurunkan Berat Badan
Dan sekarang beberapa rahasia dari Jepang. Kelp rumput laut banyak digunakan oleh Jepang dalam diet mereka dan parameter kesehatan yang berkualitas ini bagian dari dunia yang belum diketahui. Jadi apa yang membuat kelp salah satu yang terbaik herbal untuk menurunkan berat badan! Setidaknya ada dua alasan untuk ini. Pertama, rumput laut merupakan salah satu sumber terkaya yodium. Yodium dapat menjaga kelenjar tiroid anda dirangsang sehingga metabolisme tubuh tidak bekerja lamban. Sebuah metabolisme mendorong tubuh anda akan menggunakan kalori lebih cepat dan lebih baik. Kedua, rumput laut yang di dalamnya senyawa yang disebut alginat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Newcastle menemukan bahwa alginat mengurangi jumlah lemak tubuh anda menyerap. Para ilmuwan menggunakan rumput laut ini dalam roti dan menyimpulkan bahwa sejumlah kecil itu mengurangi asupan lemak sekitar sepertiga.
 


Sementara rumput laut yang baik untuk tiroid anda dan kesehatan secara keseluruhan, konsumsi berlebihan rumput laut ini dapat membuat tiroid terlalu aktif anda terkemuka ke berbagai masalah kesehatan. Yang memiliki masalah ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan rumput laut ke dalam diet. Wanita hamil dan ibu menyusui harus makan rumput laut harus di bawah pengawasan medis. 


Itulah 8 cara menurunkan berat badan secara alami, semua itu juga tergantung kecocokan tubuh anda dengan obat-obat herbal di atas, anda bisa coba satu persatu dan pilih yang cocok dengan tubuh anda karena kesabaran adalah kunci keberhasilan juga. Jika ada salah kata dan kurang jelas atau kurang lengkap dalam artikel cara menurnkan berat badan mohon di maafkan, tapi kalau ada pertanyaan bisa anda tanyakan melalui komentar di bawah ini. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba..!

13 komentar: Leave Your Comments

  1. tips nya berguna gan buat ane coba , thanks

    BalasHapus
  2. Tips nya berguna banget gan buat yang mau diet , makasihh ya

    BalasHapus
  3. kalau cara menaikkan berat badan yang baik bagaimana ya ?
    saya kurus nih :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan,, segera dibuatkan artikelnya gan.! Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
    2. Iya gan, saya juga kurus pengen banget agak gemukan dikit gitu. Ditunggu artikelnya ^^

      Hapus
  4. tips nya oke banget, cocok utk saya yg mau diet he.... :-)

    BalasHapus
  5. kalau buat gemukin badan ada gak gan? :(

    BalasHapus
  6. Thanks gan. Pos juga donk cara meningkatkan berat badan

    BalasHapus
  7. Semoga berat badan Ane berkurang

    BalasHapus
  8. Sayangnya saya sudah kurus gan.. hehe
    makasih nih infonya,, mudah-mudahan bermanfaat buat yang membutuhkan

    BalasHapus