Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Membuat CCTV Menggunakan Ponsel Android

Kali ini kami sebagai admin SerbaCara.com akan membuat tutorial tentang cara membuat CCTV dengan menggunakan ponsel android yang bisa di bilang cara membuat CCTV sederhana karena hanya menggunakan sebuah ponsel android.

CCTV adalah Closed Circuit Television dimana sebuah video kamera untuk merekam dan menampilkan suatu tempat dimana video kamera tersebut terpasang. Apakah anda tahu bahwa smartphone android anda PUN bisa di gunakan untuk CCTV. Dengan bantuan aplikasi yang tersedia di Play Store anda bisa membuat CCTV sendiri di rumah anda. Kemungkinan sekitar rumah anda rawan sekali kejahatan tetapi anda hanya memiliki sebuah smartphone android dan laptop maka anda bisa menggunakan ponsel android anda sebagai CCTV di rumah anda. CCTV sendiri sudah banyak sekali membantu manusia untuk hal keamanan karena hanya dengan CCTV akan terekam semua hal yang dilakukan orang di tempat dimana CCTV di pasang.

cara membuat CCTV di Android

Langkah Cara Membuat CCTV Sederhana:

Untuk membuat CCTV menggunakan ponsel android di rumah anda tentunya ada langkah-langkath yang perlu anda perhatikan saat mau membuat CCTV menggunakan smartphone android anda. Langsung saja cara membuat CCTV di smartphone android berikut ini.
  1. Sebelum memulai anda harus sudah memiliki aplikasi bernama "IP Webcam", apabila anda belum memiliki aplikasi IP Webcam maka anda bisa men-download dan menginstalnya terlebih dahulu melalui play store dan tentunya gratis karena IP Webcam sendiri menyediakan yang gratis dan yang berbayar pada versi pro.
  2. Setelah selesai instal selanjutnya anda buka aplikasi IP Webcam yang ada di ponsel android anda, lalu scroll ke paling bawah dan dan pilih "Start server" bagian paling bawah. Saat buka Start server ponsel android anda harus sudah terhubung internet atau wifi. Disini saya menggunakan wifi dari modem yang saya gunakan di laptop saya dan saya share koneksi internet modem di laptop saya ke wifi menggunakan software Connectify. Untuk hal ini anda bisa baca artikel tentang Cara Mudah Membuat Wifi di Laptop dan PC, atau anda bisa menggunakan Wifi Speedy jika dirumah anda menggunakan Speedy.
  3. Apabila aplikasi IP Webcam sudah anda buka maka akan tertera URL disertai IP di bagian bawah. Contoh disini yang tertera di android saya adalah http://192.168.251.101:8080, maka anda kunjungi alamat http://192.168.251.101:8080 yang tertera tersebut di laptop atau komputer anda melalui browser kesayangan anda seperti mozilla, chrome, opera, atau lainnya.
    cara membuat CCTV
     
  4. Setelah anda mengunjungi URL tersebut anda klik "Browser" pada "Video Renderer" dan klik "Flash" pada "Audio Player" untuk membuat suara pada CCTV sederhana ini.
  5. Sekarang anda sudah selesai membuat CCTV menggunakan smartphone android anda. Jadi ponsel anda menjadi CCTV dan hasil gambarnya di lihat dari laptop atau komputer. Selanjutnya anda bisa setting sendiri dan otak-atik sendiri pada pengaturannya, seperti kualitas video dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan ponsel android lain untuk mengunjungi URL tersebut dan melihat hasil video dari CCTV android (Bukan dengan ponsel android yang anda instal IP Webcam), caranya sama seperti menggunakan komputer yaitu mengunjungi URL yang tertera tersebut.
Baca Juga: Cara Main Game PC/Komputer di HP Android/iOS

Begitulah cara membuat CCTV menggunakan smartphone android. Andai kata anda menyukai artikel ini maka jangan lupa like dan share ke facebook, twitter, google+ atau lainnya dengan menekan tombol share dibawah artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba..!!

1 komentar: Leave Your Comments

  1. hehe,,ini yang pngin saya plajari. Thanks gan,.bisa liat keadaan rumah dari jarak jauh,,

    BalasHapus