Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Cara Resume/Melanjutkan Download IDM Yang Gagal

Siapa sih yang tidak tahu program IDM(Internet Download Manager)? Semua orang pengguna komputer pastinya tahu kegunaan IDM. Benar sekali, IDM adalah program untuk download sebuah file dari internet. Program ini sangat diminati banyak orang karena selain dapat mempercepat download juga bisa untuk melanjutkan download di kemudian harinya. Tetapi cepat atau tidaknya dalam mengunduh file itu juga tergantung koneksi internet anda dan juga server file yang anda download. Saya pernah download suatu file sebesar 50Gb, pertama saat saya start download itu cepat tetapi setelah beberapa hari saya lanjutkan kembali menjadi lelet/lemot. Seperti itu di karenakan yang download file 50Gb tersebut juga banyak orang, maka server menjadi berat sehingga kecepatan download pun menjadi lamban.

Mungkin anda pernah mengalami gagal download karena file yang anda download tidak bisa di resume atau dilanjutkan lagi di karenakan koneksi internet anda DC atau masalah lainnya. Apa lagi kalau file yang kita download ukurannya sangat besar dan sudah sampai 90%, itu sangat membuat sakit hati. Bagaimana tidak, tinggal beberapa persen download tidak bisa dilanjutkan kembali. Tapi tenang saja disini kami akan memberi anda cara resume/melanjutkan download idm yang gagal atau tidak bisa dilanjutkan.

Apabila anda tidak bisa melanjutkan kembali file yang anda download anda bisa men-download ulang tetapi jangan anda klik Start dulu (Apabila file yang anda download masih bisa di download kembali maka dengan cara ini file yang anda download bisa di lanjutkan kembali, tetapi jika file yang anda download sudah tidak bisa and download kembali atau file sudah di hapus maka dengan cara ini tidak bisa di ulang kembali). Anda kopy URL yang saya tandai merah pada gambar dibawah ini:

Cara Melanjutkan Download IDM

Jika sudah anda kopy lalu anda klik Cancel saja. Sekarang anda buka program Internet Download Manager dan cari file yang anda download tersebut. Jika sudah ketemu lalu klik kanan pada file yang anda download, pilih Properties. Akan muncul jendela baru, disini pada kotak Address anda hapus saja lalu paste-kan URL yang sudah anda kopy tadi kedalam kolom Address tersebut. Jika sudah anda paste di kolom Address lalu anda klik OK. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Resume Download IDM
Klik Gambar Untuk Perbesar

Sekarang coba anda Resume file yang anda download tersebut. Jika anda lakukan dengan benar maka akan berhasil dan mengunduhnya bisa di lanjutkan kembali.

Nah demikianlah artikel singkat tentang cara resume/melanjutkan download idm yang gagal. Apabila ada pertanyaan tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa jika anda berhasil melanjutkan file yang anda download like dan share artikel ini ke facebook, twitter, dan lain sebagainya dengan tombol share dibawah. Semoga dengan artikel ini anda bisa melanjutkan download anda. Selamat mencoba..!!

4 komentar: Leave Your Comments

  1. Sob gua ada problem, semoga responnya cepat ya, baru ini gua mau download file 7,2gb udah 7,1gb (97%) tiba-tiba berhenti gak tau kenapa, kayak ngeblank gitu, terus gua restart PC gua, dan anehnya kembali lagi ke 50,6% '-' langsung stres gua, ini gimana ya problemnya -_-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba pake cara diatas belum sob? Biasanya penyebabnya juga dari server tempat download file tersebut down.

      Hapus
    2. bro gw juga gitu,download file 4.17 gb,udah 100%,tinggal di susun tuh file,eh malah ngulang ke 50% lagi,trusss gw download lgi tuh yg 50% tadi sampe selesai,dah ternyata file nya jadi corrupt,apes :V

      Hapus