Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Apa Yang Dimaksud Rokok? Simak Penjelasan Rokok

Rokok adalah kertas berbentuk silinder yang berukuran panjang 70 sampai 120 mm yang disi dengan daun temb*kau yang sudah dicacah kecil-kecil, untuk ukuruan sebenarnya bervariasi tergantung negara. Rokok akan dibakar pada ujung temb*kau dan asapnya untuk di hirup melalui mulut pada ujung satunya, biasanya ujung yang ada gabus-nya jika rokok tersebut disertai gabus.
 
Biasanya rokok dijual dalam bentuk pesegi panjang bungkusan atau kemasan kertas. Pada beberapa tahun terakhir ini, bungkusan rokok tersebut umumnya ada pesan kesehatan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan, pesan tersebut untuk memperingatkan kepada para perokok. Misalnya menyebabkan serangan jantung atau kanker paru-paru. Tetapi pesan-pesan/peringatan pada bungkusuan rokok tersebut hanya menjadi hiasan saja dalam arti tidak di patuhi sama sekali dan sekarang bungkusan rokok pun di sertai gambar orang yang sudah terkena penyakit akibat merokok.
 
Rokok Adalah

Orang pertama yang merokok di dunia ini adalah bangsa suku Indian yang ada di Amerika untuk suatu ritual seperti halnya roh atau dewa. Saat abad ke 16 bangsa Eropa pun menemukan benua Amerika. Disitu para penjajah Eropa mulai ikuti-ikutan menghisap rokok dan akhirnya mereka membawa temb*kau ke Eropa. Pada akhirnya merokok menjadi kebiasaan di kalangan Eropa. Tetapi berbeda sekali dengan bangsa Indian karena Bangsa Indian merokok untuk sebuah ritual tetapi tidak untuk bangsa Eropa yang hanya untuk bersenang-senang saja. Nah di abad 17 para pedagang Spanyol mulai masuk turki dan saat itulah kebiasaan merokok menjadi masuk negara-negara Islam.

Di Indonesia sendiri 51 persen rakyatnya perokok aktif dan itu paling tinggi di Asia. Sangat jauh sekali dengan negara tetangga yang memiliki perokok aktif jauh dibawah 50 persen.

Adapun jenis-jenis rokok, yaitu ada beberapa jenis. Jenis-jenis rokok didasari oleh bahan pembungkusnya, bahan-bahan baku atau isi rokok, proses dalam pembuatanya, dan terakhir filter yang ada pada rokok. Jenis rokok pun juga dilihat pada kadar tar dan nikotinnya.

Rokok yang berdasar pembuatannya:
  1. SKT(Sigaret Kretek Tangan): Jenis rokok  ini di buat menggunakan tangan atau alat bantu sederhana dengan cara dilinting atau digiling.
  2. SKM(Sigaret Kretek Mesin): Kalau jenis rokok ini iyalah rokok yang peroses pembuatannya menggunakan mesin. Pada saat ini mesin pembuat rokok mampu menghasilkan sekitar 6000 sampai dengan 8000 batang rokok per-menit.

Jenis rokok yang berdasarkan bahan pembungkusnya:
  • Cerutu: rokok ini bahan bembungkusnya adalah daun temb*kau.
  • Kawung: rokok ini bahan pembungkusnya adalah daun aren.
  • Klobot: rokok ini bahan pembungkusnya adalah berupa kulit jagung.
  • Sigaret: rokok ini bahan pembungkusnya adalah berupa kertas.

Rokok yang berbahan baku atau isi:
  1. Rokok kretek adalah rokok berbahan baku atau berisi cengkeh dan daun temb*kau diberi saus supaya ada efek aroma dan rasa.
  2. Rokok putih adalah rokok berbahan baku atau berisi hanya daun temb*kau yang diberi saus agar ada rasa dan aroma tertentu.
  3. Rokok klembak adalah rokok berbahan baku atau berisi kemenyan, cengkeh dan daun temb*kau yang sama diberi saus.

Jenis rokok yang berdasarkan filter:
  1. RF(Rokok Filter) adalah rokok yang mempunyai pangkal gabus.
  2. RNF(Rokok Non Filter) adalah rokok sebaliknya dari Rokok Filter yaitu pada pangkalnya tidak ada gabus.

Bahan-bahan kimia yang ada pada rokok sangat beragam, yaitu ada Tar, Cadmium, Asetilena, Formaldehida, Arsenik, Amonia, Metanol, Sianida, Nikotin, Benzene, Hidrogen sianida, Karbon monoksida. Tetapi yang di cantumkan pada bungkus rokok hanyalah Tar dan Nikotin saja. Peneliti dari Indonesia sudah menunjukan bahwa ibu yang sering merokok memiliki bayi ringan dan pendek daripada ibu peroko pasif, apalagi dibandingkan dengan ibu yang sama sekali bukan perokok.

Nah itulah yang namanya Rokok. Rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan maka dari itu mulailah behenti merokok sekarang! Dan cintailah kesehatan anda karena sehat adalah mahal harganya. Jika anda kesulitan untuk behenti merokok maka baca artikel Cara Behenti Merokok.

0 komentar:

Poskan Komentar