Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Penjelasan dan Pengertian Tentang Internet

Anda mungkin pernah membaca artikel di kategori Internet di blog Serba Cara ini atau mungkin sama sekali tidak pernah membacanya. Kata Internet adalah sebuah kata singkatan, yaitu singkatan dari interconnection-networking. Yang disebut Internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar yang dapat menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia ini menggunakan TCP/IP yang singkatan dari (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Internet di ciptakan pada 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dulu internet di ciptakan bertujuan untuk keperluan militer yang dapat menghubungkan komputer ke komputer agar para militer dapat saling terhubung saat mereka perang dulu. Tahun 1969 dulu hanya ada empat situs yaitu: Santa Barbara, Stanford Research Institute, University of Utah, dan University of California. Empat Situs tersebut dihubungkan oleh ARPANET. Nama internet di pecah antara kata ARPANET dan MILNET yang di peruntukkan Militer dan ARPANET di peruntukan berbagai Universitas. Kedua jaringan tersebut bergabung hingga menjadi DARPA Internet, yang akhirnya di persingkat menjadi Internet.

Sejarah Internet

Dan karena jaringan ARPANET dan jaringan Militer bergabung, internet menjadi semakin berkembang sampai saat ini. Hanya dengan mesin pencari seperti google semua dunia menjadi bisa mengakses internet untuk mencari informasi yang mereka cari di internet. Akibat internet dapat berpengaruh pada ekonomi, dimana dulu belum ada internet dalam jual beli harus tatap muka dan melalui Pos atau telepon.

Artikel Penjelasan dan Pengertian Internet

Untuk saat ini akese internet yang terbaik adalah negara Korea Selatan dan Swedia dimana kedua negara tersebut memiliki bandwidth yang cepat, tidak seperti di Indonesia yang masih kalah jauh. Untuk negara berkembang pun sudah ada akses internet murah dan Unlimited tidak seperti di Indonesia yang masih memiliki akses internet yang lamban dan harga internet yang sangat mahal. Dan Operator di Indonesia masih menggunakan quota untuk internet dimana internet di batasi penggunaannya.  Kadang karena mahalnya internet Indonesia orang-orang memilih ke warnet atau ke wifi gratis di cafe, kantor atau kampus. Untuk menggunakan wifi gratisan juga harus berhati-hati karena tidak semua wifi gratis itu aman. Kadang para cracker mencuri data seseorang melalui wifi, jadi jangan mengakses internet yang penting saat menggunakan hotspot gratis, seperti membuka saldo bank atau yang lainnya. Sebagian orang Indonesia menggunakan trik internet gratis untuk meng-akses internet karena faktor harga paket internet di Indonesia yang masih mahal dan dibatasi. Dan kadang operator sendiri menjebak pengguna internet agar penggunanya membayar lebih mahal.

Selain menggunakan PC untuk meng-akses internet juga bisa menggunakan Hp(Handphone) melalui fasilitas General Packet Radio Service(GPRS) denga kecepatan 115 kbps.

Internet pun juga di salahkan oleh beberapa orang karena dianggap sebagai penyebab kematian seseorang yang dimana ada kasus Shawn Woolley bunuh diri dikarenakan ketagihan permainan online, dan Brandes dibunuh dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet. Dan masih banyak sekali kasus hingga terjadi kematian karena menggunakan internet, termasuk di Indonesia juga banyak kasus seperti itu.

Internet juga memilik tata tertib yang disebut Nettiquette jika dalam bahasa Indonesian disebut Netiket.  Di Indonesia sendiri juga memiliki tata-tertib internet yaitu UU ITE tetapi saat ini masih banyak yang menggunakan internet untuk kejahatan seperti pembobolan, carding, penipuan dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri banyak orang yang melakukan carding, yang di maksud carding iyalah belanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal atau mencuri. 
 

0 komentar:

Poskan Komentar