Selamat datang di serbaCARA.com, disini Anda dapat membaca artikel tips dan trik tentang Komputer, Android, iOS, Games, Internet, Info Kesehatan dan beberapa informasi lainnya. Selamat membaca!

Tips Memilih Komputer Sesuai Kebutuhan


Setiap kelas bisnis dan individu memiliki tantangan yang sama saat memutuskan pembelian komputer sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Usaha untuk memahami kebutuhan setiap pengguna dan menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan system yang tepat dan budget yang ada, dapat menjadi hal yang pelik.

Kelas bisnis biasanya mempunyai staf ahli IT yang dapat memilih dan merekomandasikan spesifikasi komputer yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan pada perusahaan. Namun, perusahaan kecil dan perorangan masih awam terhadap spesifikasi atau hardware PC yang sesuai dengan kebutuhan.
 
Kelebihan dan Kelemahan PC Rakitan dan PC Branded
PC Branded adalah seperangkat komputer yang dikemas dalam satu paket merek atau brand suatu vendor dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan tipe yang di tentukan oleh vendor tersebut. Brand yang kuat dipandang menjadi jaminan mutu. Yang memiliki anggaran agak longgar cenderung membeli komputer branded alias merek terkenal dibanding dengan membeli PC rakitan yang belum jelas kualitasnya dan layanannya.serbacara.com
Komputer Rakitan

Kelebihan Komputer Branded:
PC branded lebih terjamin, khususnya dalam hal spesifikasi komponen hardware. Kualitas komputer branded lebih terjamin karena vendor computer branded mempunyai standar kualitas. Setiap produk akan melalui semacam system burning test dan QC. Produk branded memang sebelumnya sudah di rangkai dengan spesifikasi yang melalui tes. Kalau membeli komputer rakitan, kita tidak tahu apakah komponen yang dirakit menimbulkan konflik atau tidak, apakah performa yang dihsilkan baik atau tidak. Jika membeli produk branded, itu dapat dihindari secara maksimal.

Dengan produk yang sudah well-packed, konsumen tidak perlu lagi pusing soal spesifikasi komputer yang tepat. PC branded mempunyai kemudahan dalam maintenance, misalnya upgrade dan update driver atau versi BIOS. 

Garansi pasti ada, PC branded juga memberikan layanan perbaikan kerusakan, penggantian spare part, layanan konsultasi, dan pengaduan. Misalnya, Compaq memberikan layanan call centre dan fasilitas ask Compaq dalam websitenya. Zyrex membuat technical service centre di beberapa tempat situsnya. Konsumen dapat menggunakannya. Sejumlah driver pun dapat di download dari situs zyrex. After sales service selalu diberikan oleh PC branded yang akan menampung semua keluhan anda mengenai produknya. Sebagi konsekuensi layanan tersebut, harga produk branded biasanya lebih mahal. Disusul oleh PC branded lokal, dan yang terakhir komputer rakitan. Tentunya masalah harga menjadi perhatian khusus bagi konsumen. Yang penting koonsumen lah yang harus jeli dalam memilih komputer.

Beberapa komputer branded yang ada di pasaran, antara lain produk luar negeri: Compaq, Acer, Dell, Asus. Produk dalam negeri Mugen, Zyrex, dan Relion. Baca juga sejarah komputer.

Komputer Rakitan
Di kenal juga dengan julukan PC Jangkrik yaitu PC yang tidak mempunyai brand atau merek hanya dari satu vendor. Konsumen dapat memilih setiap komponen hardware yang digunakan pada PC sesuai dengan merek dan tipe keingingannya.

Jenis komputer ini biasanya dibeli oleh para konsumen yang sudah mengerti seluk-beluk setiap komponen komputer. Apabila anda tidak mengetahui komponen yang akan dibeli dan digunakan, biasanya produsen atau toko komputer sering berbuat nakal. Mereka menawarkan barang kualitas yang jelek, tetapi dibilang bagus dengan harga yang tidak sesuai.

Kelebihan Komputer Rakitan
Para pengguna komputer dapat memilih sendiri merek dan tipe hardware sesuai dengan keinginan.
Pengguna PC rakitan dapat memodifikasi komputer tanpa harus berpatokan pada satu vendor sehingga lebih flexible.

Harga Komputer rakitan lebih murah dibandingkan dengan jenis PC branded.
Konsumen yang mempunyai pengetahuan tentang komponen komputer akan memperoleh kualitas komponen PC yang lebih bagus.

Merek pada Komputer rakitan disesuaikan dengan merek pada setiap kompopnen yang dipih. Garansi yang diberikan hanya terdapat pada per komponen, bukan terdapat pada satu kesatuan paket PC.

0 komentar:

Poskan Komentar